Di dalam ilmu psikologi, kepribadian manusia dibagi dalam berbagai macam definisi. Pembagian kepribadian yang mendasar dan paling popular dibuat oleh Hippocrates pada tahun 400 SM dimana kepribadian manusia dibagi menjadi 4 tipe yaitu:

Sanguinis
Koleris


Melankolis
Phlegmatis

Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan program Personality Test dari salah satu user di internet centre. Baru tadi saya berkesempatan untuk mencobanya dan ternyata kepribadian primer saya masuk dalam tipe Melankolis. Sedangkan kepribadian sekundernya masuk di tipe Phlegmatis. Bedanya hanya satu point saja.
Setiap orang sebenarnya memiliki keempat tipe di atas namun kadarnya tiap orang berbeda-beda, yang kadarnya lebih banyak maka itulah yang menjadi sifat utama dari orang yang bersangkutan. Maka dari empat tipe tersebut kemudian berkembang lagi menjadi delapan yaitu:

Koleris-Melankolis
Koleris-Sanguinis
Sanguninis-Koleris
Sanguinis-Phlegmatis
Melankolis-Koleris
Melankolis-Phlegmatis
Phlegmatis-Sanguinis
Phlegmatis-Melankolis

Buat teman-teman yang belum tahu kepribadiannya masuk tipe mana, silahkan diunduh programnya di attachment yang ada di bawah. Semoga bermanfaat.

*untuk penjelasan lebih lanjut tentang 8 kombinasi kepribadian di atas silahkan baca di sini.

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

59 responses »

  1. dekmaniezt berkata:

    sanguinis = orang yang suka minta sangu ke emboknya

  2. jampang berkata:

    kayanya melankolis*ngasal

  3. ikhwatiislam berkata:

    aku Sanguinis-Melankolisko disitu ndak ada?soale aku termasuk yg spontan, tp jg sering nangis , lho?

  4. bimosaurus berkata:

    dulu pernah di test hasile : melankolis – plegmatis…

  5. renypayus berkata:

    kalau tipe ga jelas belom ada, ya?

  6. bimosaurus berkata:

    renypayus said: kalau tipe ga jelas

    upilis

  7. siantiek berkata:

    udah lupa , dah lama sih ngetesnya.

  8. ninelights berkata:

    coba ah….*meluncur*

  9. ninelights berkata:

    coba ah….*meluncur*

  10. nanazh berkata:

    huaaaaa…. kok melankolis+sanguinis gak ada….. padahal udah saya buat postingan di http://nanazh.multiply.com/journal/item/56/MELOSANGUISANAS heheheberarti dicoba dulu deh personality test-nyawong tuh juga hasil duga menduga

  11. anotherorion berkata:

    aku gelem dikei sangu

  12. anotherorion berkata:

    ketoke sih aku jenis narsisis gantengisis deh wan sayang yow ora ono nang tipe2 kui

  13. itsmearni berkata:

    ya tipe narsis yang mana Wan?

  14. siantiek berkata:

    anotherorion said: ketoke sih aku jenis narsisis gantengisis

    :-O hasil tes drmn niy?

  15. hanitje berkata:

    ya itu emang dari hippocrates.perlu gue tambahin dari segi psikology modern psi (dulu smpt bikin paper soalnya huehehe) ada lagi 4 personality quadrant: controller, analyzer, promoter, dan supporter.dan dari miller-reid/D.E.S.A: driver/dominant, expressive, amiable/solid, dan analytical.lebih ampuh milik psi kalo gue bilang. cmn gue lupa tesnya ada dmans. ntar dehh kapan gue cariin.

  16. tintin1868 berkata:

    wah dari manamana kayanya tipeku mah..

  17. darnia berkata:

    kok nggak ada kriminalist sih???

  18. fendikristin berkata:

    wah aku sih nga pernah mudeng nih yang kayak gini..apalagi kalo uda di combine2aku tipe narsis kayaknya hahahahaha

  19. nawhi berkata:

    dekmaniezt said: sanguinis = orang yang suka minta sangu ke emboknya

    nggak ke bapaknya tha?

  20. nawhi berkata:

    jampang said: kayanya melankolis*ngasal

    ayo coba dulu tesnya Mas.moga bisa didunlut attachment-nya.

  21. anotherorion berkata:

    siantiek said: :-Ohasil tes drmn niy?

    wangsit dari ngeboo semalem wkwkwkwkwk

  22. saturindu berkata:

    fendikristin said: wah aku sih nga pernah mudeng nih yang kayak gini..apalagi kalo uda di combine2aku tipe narsis kayaknya hahahahaha

    sama deh sepertinya kek mbak Kris….ra mudheng yang ginian:))

  23. ninelights berkata:

    Melankolis-Sanguinis?Apa minta disanguni? #halah

  24. hahahahaa.. udah pernahhh ikut tes-nyaa..raya org sanguin-plegmatis-korelis…sanguin 30%-plegma 26%-korelis 25% ;-p..jodohnya cocok org melankoli,hahahahaha

  25. panjang banget testnyaa,,huhuhuhuhu

  26. nawhi berkata:

    ikhwatiislam said: aku Sanguinis-Melankolisko disitu ndak ada?soale aku termasuk yg spontan, tp jg sering nangis , lho?

    kalo dikombinasikan semua, harusnya memang ada 12 tipe kombinasi.berarti kamu melankolis yang sesekali bisa spontan/ekspresif.

  27. nawhi berkata:

    bimosaurus said: dulu pernah di test hasile : melankolis – plegmatis…

    wah sama Mas, introvert semua kombinasinya.

  28. nawhi berkata:

    renypayus said: kalau tipe ga jelas

    ada-ada, kayake itu tipe nomer 9 Ren πŸ˜›

  29. nawhi berkata:

    takedisaja said: gadogado…

    wah baru tahu ada tipe gado-gado πŸ˜›

  30. srisariningdiyah berkata:

    Koleris – Melankolis

  31. nawhi berkata:

    dekmaniezt said: galau

    tiap hari kok galau πŸ˜›

  32. nawhi berkata:

    siantiek said: udah lupa , dah lama sih ngetesnya.

    ya udah tes lagi aja, gampang kan πŸ˜›

  33. nawhi berkata:

    ninelights said: coba ah….*meluncur*

    monggo didunlut.

  34. nawhi berkata:

    nanazh said: huaaaaa…. kok melankolis+sanguinis gak ada….. padahal udah saya buat postingan di http://nanazh.multiply.com/journal/item/56/MELOSANGUISANAS heheheberarti dicoba dulu deh personality test-nyawong tuh juga hasil duga menduga

    *meluncur*ya udah tesnya dikerjakan dulu, hasilnya ntar diposting lagi yaaa.

  35. nawhi berkata:

    anotherorion said: aku gelem dikei sangu

    kabeh yo gelem Yo.

  36. nawhi berkata:

    anotherorion said: ketoke sih aku jenis narsisis gantengisis deh wan sayang yow ora ono nang tipe2 kui

    wekekekekeke ngarang ae, gue banget kalo gitu.

  37. nawhi berkata:

    itsmearni said: ya tipe narsis yang mana Wan?

    itu dah disebutin Priyo Mbak, Narsisis Gantengisis. Kalau cewek ya Narsisis Ayunis.

  38. nawhi berkata:

    hanitje said: lebih ampuh milik psi kalo gue bilang. cmn gue lupa tesnya ada dmans. ntar dehh kapan gue cariin.

    oke, ditunggu ya Mbak postingannya.

  39. yagizaaa berkata:

    gue koleris-melankolis-phlegmatis-sanguinis.

  40. nawhi berkata:

    tintin1868 said: wah dari manamana kayanya tipeku mah..

    pasti ada salah satu-dua yang dominan Mbak.

  41. nawhi berkata:

    darnia said: kok nggak ada kriminalist sih???

    aku aja nyari yang fotokopist juga ga ada πŸ˜›

  42. nawhi berkata:

    fendikristin said: wah aku sih nga pernah mudeng nih yang kayak gini..apalagi kalo uda di combine2aku tipe narsis kayaknya hahahahaha

    ayo jangan keburu pesimis gitu, cobain tesnya dong.kalo tipe narsis mah kayake semua MPers ya gitu.

  43. siantiek berkata:

    nawhi said: aku aja nyari yang fotokopist juga ga ada πŸ˜›

    jalanist ada ga?

  44. nawhi berkata:

    saturindu said: sama deh sepertinya kek mbak Kris….

    kalo Mas Suga sudah pasti auto narsisis :))

  45. nawhi berkata:

    ninelights said: Melankolis-Sanguinis?Apa minta disanguni? #halah

    hmm berkebalikan ya.aku juga nggak nolak disanguni uang.

  46. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: raya org sanguin-plegmatis-korelis…sanguin 30%-plegma 26%-korelis 25% ;-p..jodohnya cocok org melankoli,hahahahaha

    nggak heran deh secara narsis banget geto lhooh.cieee dah cek jodohnya juga sekalian.

  47. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: panjang banget testnyaa,,huhuhuhuhu

    iya mpe hampir bosen πŸ˜€

  48. nawhi berkata:

    srisariningdiyah said: Koleris – Melankolis

    perpaduan yang bersebarangan yak, ekstro-introvert.

  49. nawhi berkata:

    yagizaaa said: gue koleris-melankolis-phlegmatis-sanguinis.

    kayaknya semua juga gitu Lip, tapi kadarnya beda-beda.

  50. nawhi berkata:

    siantiek said: jalanist ada ga?

    buat Mbak Nani apa sih yang enggak? #ngegombal

  51. debapirez berkata:

    ehm…saya Sanguinis-Koleris…

  52. siantiek berkata:

    nawhi said: ya udah tes lagi aja, gampang kan πŸ˜›

    Melankolis – Phlegmatis, keknya keknya waktu itu bukan ini deh hasilnya *binun*

  53. anchaanwar berkata:

    Dulu pernah tes kalo ga salah Sanguinis ku katanya dominan. Katanya πŸ˜€

  54. inyong berkata:

    gak ada propolis yamau dong satu

  55. utuhspeedy berkata:

    Aku sanguinis akudAda obatnya ngak ya???

  56. trewelu berkata:

    mm, kalo kepribadian ganda? πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

