Belum apa-apa udah dibikin keder karena saat melihat di akun GR saya, ternyata jumlah buku yang saya baca sepanjang tahun 2010 sangatlah sedikit.
Tapi ini ibarat blessing in the disguise (bener nggak nulisnya) karena saya jadi gampang memilih buku terbaik yang saya baca tahun kemarin.

Married with Brondong


Pertama kali tahu tentang novel grafis ini dari FB-nya kenalan editor saya (sayang MP-nya udah dihapus sekarang) yang kebetulan saat itu ditag oleh dua penulisnya di album foto cover buku mereka.

Membaca judulnya saja sudah membuat saya tertarik, Married with Brondong. Hmmm ya ada kesamaan modus cerita, kalau saya pernah ngalamin pacaran dengan Daun Muda wekekeke. Dominasi warna Pink sangat eye catching, apalagi gambar sang Brondong yang digambarkan berambut keriting mirip dengan Medusa sementara sang wanita dewasanya digambarkan manis dan kalem.

Tagline diinspirasi dari kisah nyata makin membuat saya penasaran pengin mengenal siapa dua sejoli yang menulis novel grafis ini. Ternyata oh ternyata, sang berondong yaitu Vbi Djenggotten adalah temen kuliah dari temen SMA-sama, trus sang wanita dewasa yaitu Mbak Mira Rahman adalah temen FB-nya temen MP-saya, Sinta dan Mbak Rini.

Di awal cerita, kita ditunjukkan bagaimana reaksi dari keluarga, sahabat, teman-teman saat Jo mengungkapkan niatnya yang mantap untuk diperistri oleh Bo, sang brondong. Wajar jika semua orang terkejut karena selisih umur tujuh tahun antara Bo dan Jo. Apalagi mereka baru 3 bulan kenalan dan itu pun lewat internet.

Dari situ trus pembaca dibawa pada pengenalan tokoh Bo n Jo, proses kenalan mereka, persiapan pernikahan dan akhirnya saat mereka berdua memasuki babak baru dalam kehidupan mereka berdua. Ada cerita lucu, menyentuh dan mengharukan dalam kehidupan rumah tangga mereka. Sebut saja saat Bo cemburu pada penulis idola Jo, itu lucu banget. Yang menyentuh hati lebih banyak lagi, tapi kalau buatku pribadi yang paling menyentuh adalah ketika Jo baru pulang dari kantor dan mendapati Bo tertidur di atas meja kerjanya dengan liur menetes dari mulutnya. Tau nggak apa yang dilakukan Jo, dia lalu ikutan tidur dengan bersandar di punggung Bo dan memeluknya mesra.

Meski bentuknya novel grafis (baca: komik) tapi cerita di dalamnya penuh dengan hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil tanpa merasa digurui oleh dua penulisnya. Ceritanya sangat membumi dan menghibur sekali. Gambarnya juga natural dan lucu-lucu.

Hmm kalo dipikir-pikir Book Meme ini kok kayak review yaak? *garuk-garuk kepala


About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

36 responses »

  1. dieend18 berkata:

    Belum baca buku ini.. Ceritain donk wan 🙂

  2. dieend18 berkata:

    Belum baca buku ini.. Ceritain donk wan 🙂

  3. anotherorion berkata:

    jadi penulisnya sinta dan mbak rini? n tokohe vbi sama mira rahman? kok malah mumet akune

  4. thebimz berkata:

    blessing in disguise

  5. siantiek berkata:

    kesimpulannya ? enak ga married with brondong ? :))))

  6. nawhi berkata:

    yagizaaa said: temanya dibikin juga dong wannn

    sudah diedit Kakak, habisnya jadi kepanjangan sih.

  7. nawhi berkata:

    dieend18 said: Belum baca buku ini.. Ceritain donk wan 🙂

    tuh udah aku tambahin.kalo pengin lebih lengkapnya ya beli aja 😛

  8. moestoain berkata:

    Wah wah beli dah..SABUDI ‘sastra budaya indonesia’mari kita jaga bersama!

  9. siantiek berkata:

    nawhi said: lha kok tanya aku.mending baca bukunya aja deh biar tahu.

    laah kan kamu udah baca duluan :Pmales aah beli buku2 ginian, enakan beli majalah travelling (teteuuup)

  10. anotherorion berkata:

    nawhi said: ayo baca lagi lebih seksama Yo.

    woooo gembus isi jurnale berubah ki mau ga ono tulisan bo+jo ne barang je

  11. moestoain berkata:

    nawhi said: iya Mus beli, biar ada selingan. jangan kitab mulu yang dibaca he3

    wekekek kata siapa kitab mulu yang dibaca, ada juga lho komik berbahasa arab yang lucu2.. hehehe

  12. yagizaaa berkata:

    ini the best, wan?

  13. nawhi berkata:

    Olip: iya Lip, bacaanku emang menurun belakangan ini.

  14. boemisayekti berkata:

    Rajin baca meme buku aja deh, biar bnyk refrensi. Kyk yg ini,jarang baca nvl grafis soale…

  15. an99a berkata:

    gw juga udah lama banget nggak pernah bener2 baca buku.. tapi pengen ikutan! -____-gw jarang bgt baca novel indonesia deh mas..haha

  16. nitafebri berkata:

    sayang potonya saat di klik kecil bangeet

  17. ranumber77 berkata:

    Buku/komik pertamanya dirilis maneh Wan, sing membahas FB. Aku arep golek.

  18. jampang berkata:

    masih mending, wanlah… saya baca buku gara2 menang QN kemaren …. iixiixixixixi

  19. putrilan9it berkata:

    Buku terbaik th 2010 novel tere liye semua hihi

  20. sama…ray jg lagi memprioritaskan untuk baca d april ini..

  21. tintin1868 berkata:

    ini juga lucu bukunya..

  22. nawhi berkata:

    boemisayekti said: Rajin baca meme buku aja deh, biar bnyk refrensi. Kyk yg ini,jarang baca nvl grafis soale…

    bikin juga dunk, kan biar ntar bisa saling tukar informasi buku yang bagus.

  23. nawhi berkata:

    an99a said: tapi pengen ikutan! -____-gw jarang bgt baca novel indonesia deh mas..haha

    ayo wes ikut, ga perlu pikir panjang :Dya iyalah, kan kamu jago banget bahasa inggris.aku juga sebenarnya pengin baca novel luar tapi apalah daya bahasa nggak nyampai 😀

  24. nawhi berkata:

    nitafebri said: sayang potonya saat di klik kecil bangeet

    udah diganti tuh.

  25. nawhi berkata:

    ranumber77 said: Buku/komik pertamanya dirilis maneh Wan, sing membahas FB. Aku arep golek.

    iya aku kapan gitu baca di FB-nya. ntar pinjem yaa 😀

  26. nawhi berkata:

    jampang said: lah… saya baca buku gara2 menang QN kemaren …. iixiixixixixi

    nggak apa-apa Mas, daripada enggak sama sekali,

  27. nawhi berkata:

    putrilan9it said: Buku terbaik th 2010 novel tere liye semua hihi

    hmm yang udah kopdaran sama penulisnya rek :Dkalo aku baru baca dua bukunya tere liye, the gogons n delisa itu.

  28. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: ray jg lagi memprioritaskan untuk baca d april ini..

    kalo aku masih nggak nemu buku yang bener2 bisa menggugah minta bacaku, kecuali bukunya Dee n Adithya.

  29. nawhi berkata:

    tintin1868 said: ini juga lucu bukunya..

    eh sama lagi bukunya.

  30. ibuseno berkata:

    saya juga pernah pacaran sama daun muda hahaha…btw kenapa ya cover buku2 skrng kebanyakan macam gini ?

  31. fendikristin berkata:

    wah menarik nih buku-nya jadi kayak komik gitu ya Mas? cari aahhhhh 😀

  32. an99a berkata:

    nawhi said: ayo wes ikut, ga perlu pikir panjang :Dya iyalah, kan kamu jago banget bahasa inggris.aku juga sebenarnya pengin baca novel luar tapi apalah daya bahasa nggak nyampai 😀

    err..kan novel luar yg djual disini udah diterjemahin semua mas..*ninja

  33. debapirez berkata:

    pertanda Ihwan dah kebelet hehe…

  34. nawhi berkata:

    ibuseno said: saya juga pernah pacaran sama daun muda hahaha…btw kenapa ya cover buku2 skrng kebanyakan macam gini ?

    cieee ternyata Teh Seno diam-diam menghanyutkan brondong :)itu udah agak lama kok Teh bukunya, sebelum 2000.

Tinggalkan Balasan

