Sebenarnya ada beberapa buku yang saya baca lebih dari tiga kali. Alasan yang paling utama tentu saja karena buku itu berhasil menaklukan hati saya sehingga saya tidak pernah bosan membacanya meskipun itu berkali-kali. Bisa juga karena saya menemukan kesamaan kisah dengan cerita yang ada di dalam buku tersebut.

Baiklah dari beberapa buku itu saya akan pilih satu saja, yaitu buku yang memang benar-benar saya baca lebih dari tiga kali dari awal hingga akhir. Karena memang ada yang hanya saya baca di bagian-bagian favorit saja.

Jomblo: sebuah komedi cinta


Saya yakin mayoritas yang suka membaca buku komedi pasti tahu buku perdana Adhitya Mulya ini. Buku yang bercerita tentang empat jomblo Agus, Doni, Olip dan Bimo. Masing-masing mempunyai karakter yang unik dan alasan sendiri-sendiri kenapa masih menjomblo. Agus, lelaki Sunda yang polos dan konyol, masih menjomblo karena kesulitan mencari wanita yang keibuan dan penuh kasih sayang. Doni, play boy dari Jakarta yang betah menjomblo karena masih ingin bebas berpetualang. Olip asli Sumatera yang pandai berpuisi, masih menjomblo karena tidak punya kepercayaan diri yang cukup dalam mengenal wanita. Bimo, bocah aseli Jawa yang sibuk mengganja sehingga selalu terlihat kacau dan aneh di depan para gadis.

Gaya bercerita Adhitya Mulya dalam buku ini sangat mengalir, komedi yang disajikan berhasil membuat saya tertawa terpingkal-pingkal. Yang paling utama, buku ini merupakan buku genre komedi satir pertama (dan mungkin terakhir) yang pernah saya baca dan meng-influence saya saat menulis Xerografer.

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

49 responses »

  1. yagizaaa berkata:

    Olip disono cowok. Olip disini cewek. Hadeuh.

  2. anazkia berkata:

    Eh, ada MEME lagikah, Wan?Dirimu rajin baca yah?Salut! 🙂

  3. sukmakutersenyum berkata:

    rajin membaca supaya pinterr :))

  4. sukmakutersenyum berkata:

    btw, sorryaku gak nyambung mungkin krn gak baca postingan mas yang kmrn2″MEME” tu apaan ya? hehe :p

  5. anchaanwar berkata:

    Dulu gw suka karya2 Adhitya MulyaGege Mengejar Cinta juga lucu banget…Tapi sayangnya belakangan bukunya udah jarang adaJust fyi, buku barunya Catatan Mahasiswa Gila sdh keluar tuh

  6. renypayus berkata:

    yagizaaa said: Olip disono cowok. Olip disini cewek. Hadeuh.

    hahahahaahaha

  7. rirhikyu berkata:

    dah lama nggak bacain buku2 gini

  8. tintin1868 berkata:

    hohoho emang lucu bukunya.. tapi ga semua bagian lucu toh..

  9. anotherorion berkata:

    dapet ilham seko kene to wan

  10. darnia berkata:

    ini yang akhirnya diflim-in dan sukses trus lanjut sinetron yah…btw, Olip di sini cakep *fans-nya Rizky Hanggono* :p

  11. nawhi berkata:

    anazkia said: Eh, ada MEME lagikah, Wan?Dirimu rajin baca yah?Salut! 🙂

    Iya, ini Meme Buku.Belakangan menurun drastis bacanya 😦

  12. nawhi berkata:

    sukmakutersenyum said: “MEME” tu apaan ya? hehe :p

    kamu klik aja tag meme di MP-ku, ntar ketemu blog pertama yang bahas Meme ini 🙂

  13. nawhi berkata:

    anchaanwar said: Tapi sayangnya belakangan bukunya udah jarang adaJust fyi, buku barunya Catatan Mahasiswa Gila sdh keluar tuh

    iya dia cukup lama nggak ngeluarin buku, terakhir aku baca di situsnya dia lagi nulis cerita tentang bajak laut gitu :Dwah makasih infonya Cha, ntar cari deh resensinya dulu.kalo yang Gege itu aku belum baca.

  14. nawhi berkata:

    rirhikyu said: dah lama nggak bacain buku2 gini

    trus sekarang bacanya apa Feb?

  15. nawhi berkata:

    tintin1868 said: hohoho emang lucu bukunya.. tapi ga semua bagian lucu toh..

    yupe, ada bagian-bagian yang bikin nyesek makanya aku bilang ini termasuk komedi satir.

  16. nawhi berkata:

    putrilan9it said: pinjem lagi 😀

    pinjem mulu, ke malang sini.

  17. nawhi berkata:

    anotherorion said: dapet ilham seko kene to wan

    kalo ilham cerita dari kerjaanku, dari Jomblo ini dapat ilham cara nulisnya.

  18. nawhi berkata:

    darnia said: ini yang akhirnya diflim-in dan sukses trus lanjut sinetron yah…btw, Olip di sini cakep *fans-nya Rizky Hanggono* :p

    yupe, seratus buatmu Dan.oow tipenya Dani yang kayak gitu ya 😀

  19. dieend18 berkata:

    Toss sama.. Aku jg suka buku ini. Bahkan aku baca berulang2 jg

  20. museliem berkata:

    hmmm… belum baca sih.. yang dibaca berulang2 cuma lima sekawan hahahaha

  21. thebimz berkata:

    ih ada nama gwgw paling baca goosebumps berulang2

  22. nawhi berkata:

    dieend18 said: Toss sama.. Aku jg suka buku ini. Bahkan aku baca berulang2 jg

    siip dah, tapi aku tahunya buku ini malah dari filmnya.

  23. nawhi berkata:

    museliem said: yang dibaca berulang2 cuma lima sekawan hahahaha

    kalo aku hanya baca sekali aja, soalnya dulu hanya pinjem sih 😀

  24. nawhi berkata:

    thebimz said: ih ada nama gwgw paling baca goosebumps berulang2

    tadi malam pas ngetik juga langsung ingat kamu n Olip he3.Goosebumps itu pas jamanku SMP.

  25. fendikristin berkata:

    wah seru seperti-nya buku ini…aku jg lagi suka nih baca2 yang lucu2 romantis yang ringan dan mudah ditangkap 😉

  26. takedisaja berkata:

    belum baca. ceritanya sama persis ga ma filmnya?

  27. an99a berkata:

    katanya emang bagusan yg novelnya yak dari filmnya… dankayaknya gw udah baca,, tapi kok lupa.. hahah.. *garuk2 pala

  28. ninelights berkata:

    terbitan tahun brapa inih, Aki?:)

  29. debapirez berkata:

    yup…buku komedi yg gokil dan awal kecintaan saya thdp karya2 Adit…

  30. gerings berkata:

    sudah difilmkan kan?

  31. sukmakutersenyum berkata:

    nawhi said: kamu klik aja tag meme di MP-ku, ntar ketemu blog pertama yang bahas Meme ini 🙂

    hooooooohh iya deh :p

  32. aghnellia berkata:

    saya agak kurang suka buku Adhit yang ini.. lebih suka yang Travelers Tale..

  33. boemisayekti berkata:

    Udah lupa sama buku ini…

  34. jomblo berkata:

    Dear all dan Nawhi. Makasih ya udah dibahas. Iya saya punya buku yang baru keluar, non fiksi saya yang pertama. Judulnya Catatan Mahasiswa Gila. smeog berkenan.

  35. nawhi berkata:

    Mas Adhitya ya? Aduh surprise banget Mas mau komen juga di blog saya.Dah lama nggak kontak he3 gayanya kayak sok deket aja.Uhm kok bisa tau blog meme ini? Saya kira MP-nya dah ga diurus lagi.Oke, saya akan cari bukunya.Kok mendadak terjun ke non fiksi kenapa Mas?Trus buku yang tentang bajak laut itu gimana?

  36. dieend18 berkata:

    Waah.. Bukunya udah beredar blm mas Adhit? Salam buat mbak Ninit ya… Kangen ama buku2nya 🙂

  37. tintin1868 berkata:

    aha pasti ihwan lagi cari catatan mahasiswa gila.. 😀

  38. nawhi berkata:

    fendikristin said: wah seru seperti-nya buku ini…aku jg lagi suka nih baca2 yang lucu2 romantis yang ringan dan mudah ditangkap 😉

    seru Mbak, lucu dan menghibur. tapi ada beberapa bagian yang agak sad sih, namanya juga komedi satir kalo aku bilang.

  39. nawhi berkata:

    takedisaja said: belum baca. ceritanya sama persis ga ma filmnya?

    ada beberapa bagian yang dihilangkan n ditambah, menyesuaikan sama medianya.

  40. nawhi berkata:

    an99a said: dankayaknya gw udah baca,, tapi kok lupa.. hahah.. *garuk2 pala

    halaaah, kok lupa mulu sih Mir.kalo lirik2 lagu K Pop pasti deh ga lupa.

  41. nawhi berkata:

    ninelights said: terbitan tahun brapa inih, Aki?:)

    aduh taun berapa ya, lupa Ran he3sekitar 2000an mungkin.

  42. nawhi berkata:

    debapirez said: yup…buku komedi yg gokil dan awal kecintaan saya thdp karya2 Adit…

    ga heran kalo situ suka, jangan-jangan Om Deba copy cat sama si Dony ya.

  43. nawhi berkata:

    gerings said: sudah difilmkan kan?

    udah Mas, trus dilanjut di sinetron.

  44. nawhi berkata:

    aghnellia said: saya agak kurang suka buku Adhit yang ini.. lebih suka yang Travelers Tale..

    aku malah kebalikannya Mbak.kalo menurutku di Travelers Tale aku kurang bisa merasakan gaya nulisnya Mas Adithya yang seperti di Jomblo, mungkin karena menyesuaikan dengan 3 penulis lainnya. *sok tau*

  45. nawhi berkata:

    boemisayekti said: Udah lupa sama buku ini…

    Eaaa gubraks 😀

  46. nawhi berkata:

    tintin1868 said: aha pasti ihwan lagi cari catatan mahasiswa gila.. 😀

    belum sempat ke toko buku Mbak 😀

  47. debapirez berkata:

    Haha..gemblung.copy cat-nya Christian Sugiono sich iya haha..

  48. debapirez berkata:

    Ehm..sptnya begitu haha..

  49. nawhi berkata:

    debapirez said: Ehm..sptnya begitu haha..

    ngaku juga akhirnya.

Tinggalkan Balasan

