Sebagai seorang muslim, khususnya warga NU nama Imam Al Ghazali tentu tidak asing lagi bagi saya. Tokoh yang bernama asli Abu Hamid Muhammad bin Muhammad at Tusi al-Gazali ini adalah seorang imam yang sangat tersohor dan ditasbihkan sebagai pemikir, teolog, filsuf dan sufi Islam yang berpengaruh sepanjang masa.

Sampai sekarang, buku-buku karya beliau masih dibaca dan dipelajari oleh umat muslim. Salah satunya adalah Ihyaa-u Uluumid Diin (Menghidupkan Ilmu Agama), kebetulan saya dulu pernah mengikuti pengajian buku (baca: kitab) tersebut tapi tidak sampai khatam wekekekeke.


Buku yang masuk dalam meme hari ke-9 ini memang bukan karya beliau namun di dalamnya berisi mutiara-mutiara hikmah sang Imam. Pertama kali melihatnya di toko buku (medio 2005 kalau nggak salah) saya sebenarnya agak ragu juga apakah saya bisa membacanya sampai tuntas. Meski di covernya tertulis cergam namun nama besar Imam Ghozali yang tercantum di situ membuat saya berpikir pasti isinya berat neh.

Berkat Hermawan Aksan dan JItet Koestana, Imam Ghozali yang penuh kharisma dan wibawa ditampilkan lebih segar dan lucu sehingga ajaran-ajaran beliau tentang agama dan akhlak menjadi lebih mudah dicerna. Ilustrasi kartun di dalamnya lucu-lucu dan menghibur sehingga belajar agama terasa begitu asyik dan menyenangkan.

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

18 responses »

  1. sukmakutersenyum berkata:

    pertama kali dipaksa membaca sama pak ustad yo mas? hehe

  2. darnia berkata:

    kayaknya pernah deh liat Prytha beli ini*jadi minjem ah*– semoga habis ini diobral –AAmiin…

  3. yagizaaa berkata:

    kalo gue buku MISS JINJING. Gue kirian bakalan cinta banget, ternyata MEH. BOSEN.

  4. nawhi berkata:

    sukmakutersenyum said: pertama kali dipaksa membaca sama pak ustad yo mas? hehe

    enggak kok Pril, kebtetulan duluu lumayan sering beli buku-buku religi gitu deh.

  5. nawhi berkata:

    darnia said: – semoga habis ini diobral —

    emang masih ada tha? ini terbitnya 2005 lho Dan.

  6. nawhi berkata:

    yagizaaa said: kalo gue buku MISS JINJING. Gue kirian bakalan cinta banget, ternyata MEH. BOSEN.

    ahahaha aku juga sempet tertarik tapi setelah baca sedikit bocorannya di majalah jadi ga tertarik lagi.

  7. tintin1868 berkata:

    ada satu kata mutiara disitu yang bikin ku ngakak tapi kog lupa?

  8. nawhi berkata:

    arddhe said: pinjem dong!

    ke Malang dulu 😛

  9. nawhi berkata:

    tintin1868 said: ada satu kata mutiara disitu yang bikin ku ngakak tapi kog lupa?

    aku sendiri lupa di mana buku itu sekarang, ketumpuk di lemari lama mungkin.

  10. fendikristin berkata:

    gambar-nya lucu ya Mas Ihwan..jadi belajar agama secara menyenangkan ya 😀

  11. nawhi berkata:

    fendikristin said: gambar-nya lucu ya Mas Ihwan..jadi belajar agama secara menyenangkan ya 😀

    yupe, yang paling lucu itu gambar malaikat dan setannya.yang bikin aku bertanya kenapa kok setannya digambarkan seperti tikus yaa?

  12. fendikristin berkata:

    nawhi said: yupe, yang paling lucu itu gambar malaikat dan setannya.yang bikin aku bertanya kenapa kok setannya digambarkan seperti tikus yaa?

    soalnya tikus itu makhluk kecil yang paling banyak akal dan selalu lolos kalo melakukan “kejahatan” :p untung nga item tikus-nya hihihihihi

  13. ranumber77 berkata:

    Sampai kepikir dulu sudah punya. Ternyata yang kubaca dulu punyamu. 🙂

  14. an99a berkata:

    Ini kayaknya seperti buku cergam karl marx yg gw lupa judulnya apa. isinya ttg teori marxist dgn bahasa ringan, ringkas plus komikal yg gampang dilahap sama mahasiswa sastra males kayak gw.. Hahahaha..

  15. nawhi berkata:

    ranumber77 said: Sampai kepikir dulu sudah punya. Ternyata yang kubaca dulu punyamu. 🙂

    Ya biar bisa sedikit imbang, kan selama ini aku pinjam mulu lagak jakartanya 😀

  16. nawhi berkata:

    an99a said: karl marx

    ga tau kenapa kalo denger nama neh orang kok serem ya bawaannya 😀

  17. an99a berkata:

    hahaha… krn namanya dikait2in sama komunis?padahal komunis yg gw tau nggak seperti yg ada dikepala kebanyakan orang loh mas.. kayaknya ada sih gw bahas di postingan yg lama,, yg judulnya palu arit.. intinya kalo mikir komunis = atheis, itu salah besar. makanya buku yg gw bilang ntu bagus buat pemula, biar gampang mencernanya. nah masalahnya gw masih belom inget judulnya apa.. 😀

Tinggalkan Balasan

