Sebenarnya saya sudah hampir menyerah dengan meme yang satu ini karena jujur aja konsumsi bacaan saya masih sangatlah terbatas jika dibandingkan dengan teman-teman lainnya, ini bisa dilihat dari meme sebelumnya yang bukunya kebanyakan dari penulis Indonesia dan fiksi-fiksi yang ringan.

Lha ini malah disuruh nyari fiksi klasik favorit, tambah susaaah πŸ˜€


Saya sampai bela-belain berkonsultasi dengan Dani tentang meme kali ini lhoo he he he. Awalnya mau masukin buku serial favorit pas masih kecil, tapi kata Dani itu lebih tepat masuk meme berikutnya. Lalu mau masukin serial silat, kata Dani sih itu bisa tapi setelah saya timbang-timbang saya sebenarnya nggak begitu suka :D. Jadi nggak bisa dunk dikategorikan fave.

Barusan saya konsultasi lagi sama Dani, bilang mau saya kosongin aja untuk meme ini. Dengan tegas Dani bilang: nggak boleeeeeeeh. Iya deh manut, kebalik ini memang. Kan saya yang nularin Dani meme buku ini πŸ˜€

Oke, setelah melalui konsultasi n pertimbangan masak-masak demi kelangsungan meme buku ini halaah, maka saya memilih buku karya ibu dokter yang satu ini.


Tahu tentang buku ini dari sinetron sih (ketauan deh suka liat sinetron), waktu itu pemerannya Paramitha Rusady, Attalarik Syah dan Teddy Syah. Kebetulan saya memang dulu mengidolakan Mbak yang satu itu, udah cantik, pinter akting dan nyanyi pula. Dia keliatan cantik banget di sinetron Karmila tersebut. Trus OST yang dia nyanyikan juga enak didenger, bener-bener total deh dia di situ.

Berawal dari suka sinetronnya lalu saya penasaran cari bukunya, syukurlah nemu di tempat kerja. Buku ini bercerita tentang Karmila, seorang mahasiswi kedokteran yang diperkosa oleh Faisal dalam sebuah pesta gila (kalau di sinetron diceritakan saat acara kemping gitu). Akibatnya, rencana studi bahkan hidupnya kacau balau. Padahal Karmila saat itu sudah bertunangan dengan Edo yang sedang study di Australia. Faisal yang walaupun begajulan itu tetap mau bertanggung jawab tapi di sisi lain Edo juga tak mau melepaskan Karmila begitu saja. Jarang-jarang kan ada cowok kayak gitu. Dari situ kemelut hidup yang dihadapi Karmila semakin menjadi, hatinya menjadi bimbang antara menjalani ikatan yang tak dikehendakinya dengan Faisal atau menjaga kesetiaannya pada Edo.

Marga T sendiri termasuk novelis yang cukup ngetop di era 70-80an (mohon koreksi bila salah), seangkatan dengan Mira W dan V Lestari. Sudah banyak novel-novel yang lahir dari tangannya. Beliau mempunyai ciri khas di setiap karyanya yaitu selalu memasukkan cerita-istilah tentang dunia kedokteran, bidang yang digelutinya sebelum dia menyambi menjadi penulis buku.

Yang istimewa dari novel Karmila ini, pihak penerbit selalu mencetak ulang buku ini tiap kali penerbit tersebut berulang tahun. Dan covernya dianggap keramat sehingga tiap edisi tidak pernah diganti, dari dulu sampai edisi terbaru yang pernah saya baca tetap sama seperti itu.



About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

33 responses »

  1. anazkia berkata:

    Wan, aku beneran lho nggak berani komen di MEME ini. Apalagi punya Mbak Dani, berani ngelihat doank. Secara kualitas membacaku buruk banget :((Buku klasik aku apa yah?

  2. darnia berkata:

    nawhi said: pihak penerbit selalu mencetak ulang buku ini tiap kali penerbit tersebut berulang tahun

    woooh….baru tau yang ini Penerbit apa sih, mas??@ Mba Naz : yeeeeeeeeeeeeeeeeeeee…komen mah komen aja, Mbak :Dmbak Anaz gitu deh….gigit nih *GRAUK!*

  3. aghnellia berkata:

    apa ada hubungannya sama lagu Karmila, kalo gak salah yang nyanyi dedy dhukun.. *komen gak nyambung*

  4. arddhe berkata:

    nawhi said: ihak penerbit selalu mencetak ulang buku ini tiap kali penerbit tersebut berulang tahun. Dan covernya dianggap keramat sehingga tiap edisi tidak pernah diganti,

    KEREN!!

  5. arddhe berkata:

    aghnellia said: kalo gak salah yang nyanyi dedy dhukun

    Farid Harja bukan?

  6. anazkia berkata:

    darnia said: Mba Naz : yeeeeeeeeeeeeeeeeeeee…komen mah komen aja, Mbak :Dmbak Anaz gitu deh….gigit nih *GRAUK!*

    Malu, Mbak. tahu diri karena dah jarang sekali membaca :(Ini mulai tertatih2 :((

  7. darnia berkata:

    anazkia said: Malu, Mbak. tahu diri karena dah jarang sekali membaca :(Ini mulai tertatih2 :((

    ya ampun, Mbaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaklha wong pengalaman menulismu sedemikian bagus, kenapa malu sama orang yang cuma bisa baca doang, tapi gak bisa nulis???apa mending aku mundur meme-an aja yah, daripada temenku mikir begini πŸ™‚

  8. anazkia berkata:

    darnia said: apa mending aku mundur meme-an aja yah, daripada temenku mikir begini πŸ™‚

    Haduhhhhhhhh….Jangannnnnn….huaaaa.. jangan bikin nangis ke sekian kalinya untuk hari ini. Sumpahhh jangannn :(( *nangis*Lanjut, Mbak Dani. Aku kagum cara membacamu. pembaca yang cerdas!

  9. rhehanluvly berkata:

    whuaaa aku lagi cari nih buku

  10. an99a berkata:

    Gw sering tuh dulu dipanggil mira w, tapi bukannya seneng malah sebel.. *oot

  11. arddhe berkata:

    darnia said: apa mending aku mundur meme-an aja yah, daripada temenku mikir begini πŸ™‚

    ni pasti pemancing, ingin dapat reaksi “wah jangan Dani, jangaannn “:D

  12. debapirez berkata:

    Haha..msh ingat aja loe pelem ini.happy ending neh ceritanya.di akhirnya,Karmila mengandung anak ke-2.

  13. darnia berkata:

    arddhe said: ni pasti pemancing, ingin dapat reaksi “wah jangan Dani, jangaannn “:D

    hahhahaha you know me so well *evilgrin*

  14. boemisayekti berkata:

    Kalo saya dulu suka denger di radio, kenal di radio sblum ad sinetronnya… Pernah baca satu karya Marga T, msh SMP jadi lupa, apa yaa, Pasha kalo gak salah…

  15. museliem berkata:

    gue malah tau sinetronnya huehehe

  16. lafatah berkata:

    Hehhe… Jadi ingat juga sinetron Karmila ini. Cuman lupa jalan ceritanya gimana. Dulu pas saya masih SD.Kalo buku klasik favorit saya itu: The Wind in the Willows πŸ™‚ karya Kenneth Graham. Terjemahannya Teh Rinurbad.

  17. anotherorion berkata:

    wis lali ro sinetrone

  18. tintin1868 berkata:

    dulu ku koleksi marga t lengkap loh juga mira w..karmila ga digolongkan klasik lah.. masih angkatan 80an..

  19. nawhi berkata:

    anazkia said: Wan, aku beneran lho nggak berani komen di MEME ini. Apalagi punya Mbak Dani, berani ngelihat doank. Secara kualitas membacaku buruk banget :((Buku klasik aku apa yah?

    Nggak usah gitu, bebas kok komen di meme ini. kan tujuannya saling kasih info buku Naz.

  20. nawhi berkata:

    darnia said: Penerbit apa sih, mas??

    Gramedia Dan.

  21. nawhi berkata:

    aghnellia said: apa ada hubungannya sama lagu Karmila, kalo gak salah yang nyanyi dedy dhukun.. *komen gak nyambung*

    kayake nggak ada Mbak.Itu Karmilanya yang lagu rock ya? yang nyanyi itu Gito Rollies.

  22. nawhi berkata:

    arddhe said: Farid Harja bukan?

    jiaah bukan, yang Farid Harja itu lagunya lucu.

  23. nawhi berkata:

    darnia said: apa mending aku mundur meme-an aja yah, daripada temenku mikir begini πŸ™‚

    yakiiiiin?pasti ini biar pada melarang semua kaan?

  24. nawhi berkata:

    anazkia said: Mbak Dani. Aku kagum cara membacamu. pembaca yang cerdas!

    untuk yang ini aku setuju sekali Naz.

  25. nawhi berkata:

    rhehanluvly said: whuaaa aku lagi cari nih buku

    cari aja di tobuk pasti ada, secara tiap ultah penerbitnya selalu dicetak ulang.

  26. nawhi berkata:

    an99a said: Gw sering tuh dulu dipanggil mira w, tapi bukannya seneng malah sebel.. *oot

    Wakakakaka, pas dunk kan kamu kuliahnya di sastra.

  27. nawhi berkata:

    arddhe said: ni pasti pemancing, ingin dapat reaksi “wah jangan Dani, jangaannn “

    iya, betul sekali Di.

  28. nawhi berkata:

    debapirez said: Haha..msh ingat aja loe pelem ini.happy ending neh ceritanya.di akhirnya,Karmila mengandung anak ke-2.

    wah ternyata Om Deba ngikutin juga.jangan-jangan ngopycat si Faisal neh πŸ˜›

  29. nawhi berkata:

    boemisayekti said: Kalo saya dulu suka denger di radio, kenal di radio sblum ad sinetronnya…

    ow pernah diangkat ke sandiwara radio juga ya.kalo aku yang pernah denger itu kalo drama Ibuku Sayang Ibuku Malang, tapi itu juga ga ngerti jalan ceritanya soalnya masih kecil πŸ˜€

  30. nawhi berkata:

    museliem said: gue malah tau sinetronnya huehehe

    leganya, ternyata aku tak sendiri πŸ˜€

  31. nawhi berkata:

    lafatah said: Kalo buku klasik favorit saya itu: The Wind in the Willows πŸ™‚ karya Kenneth Graham.

    tentang apa tuh ceritanya Tah?

  32. nawhi berkata:

    anotherorion said: wis lali ro sinetrone

    tapi tau ndelok berarti he3

  33. nawhi berkata:

    tintin1868 said: karmila ga digolongkan klasik lah.. masih angkatan 80an..

    bagi saya klasik Mbak πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

