Apa yang akan teman-teman lakukan jika di tengah-tengah jalan ada orang tidak dikenal yang meminta tumpangan?
Yang saya maksud orang tidak dikenal ini adalah anak-anak jalanan yang biasa mengemis di lampu merah.

Kebetulan saya pernah mengalami kejadian seperti itu dua kali dan jujur saya tidak berani memberi mereka tumpangan dengan beberapa alasan.

1. Hati kecil saya mengatakan untuk tidak memberi mereka tumpangan. Rasanya kayak nggak yakin gitu dan kuatir nanti terjadi hal-hal yang membahayakan. Anak-anak jalanan itu biasanya nyegat di perempatan Dieng di mana tak jauh dari situ ada kantor polisi. Sehabis perempatan kondisi di sepanjang jalan Raya Langsep itu kalau malam biasanya sepi dan rawan. Kuatirnya sih nanti pas di tengah jalan anak itu menyuruh saya berhenti di tengah jalan dimana sudah ada temannya yang sudah menunggu di situ dan kemudian melakukan hal-hal kriminal, entah itu menodong atau merampas motor saya. Bukannya berprasangka buruk sih tapi hanya mencoba untuk waspada dan jaga diri saja.
2. Saya hanya membawa helm satu, saya tidak mau mengambil resiko ditilang sama polisi yang jaga di pos dekat perempatan.

Nah beberapa hari yang lalu kejadian seperti itu terulang lagi tapi bukan pada diri saya. Lokasinya sama, di perempatan Dieng.

Kejadian yang pertama, waktu itu sore hari. Seorang gadis berjilbab dimintai tumpangan sama dua anak cewek pengemis. Saya cukup salut karena gadis itu mau memberikan tumpangan, mengabaikan resiko ditilang sama pak polisi atau diapa-apain sama mereka. Sebenarnya saya pengin ngecek apakah kekhawatiran saya selama ini beralasan tapi sayangnya saya kehilangan mereka karena laju motornya kencang banget.

Lalu kejadian yang kedua pada malam hari, sekitar pukul setengah sebelas malam. Kali ini yang minta tumpangan itu seorang cowok, sekitar umur dua puluhan. Dari tampilannya kayaknya sih anak jalanan/punk, agak sangar lah. Waktu itu dia minta tumpangan pada seorang cowok di depan saya tapi tentu saja ditolak. Untungnya cowok punk itu tidak minta tumpangan sama saya, secara saya bawa helm dua, ntar jadi nggak ada alasan untuk menolaknya. Saya liat dari spion cowok itu minta tumpangan pada pengendara motor di belakang saya tapi tetap nggak ada yang mau kasih tumpangan.

Nah, apakah di antara teman-teman MPer ada yang pernah mengalami kejadian serupa?

Kalau pernah memberikan tumpangan, apakah mereka tidak berbuat yang macam-macam?

Saya hanya ingin memastikan apakah kekhwatiran saya itu cukup beralasan. Sebenarnya kasihan juga sih dan merasa bersalah gitu nggak kasih tumpangan. Mungkin next time kalau kejadian kayak gitu saya akan memberi uang saja buat naik angkot.

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

58 responses »

  1. darnia berkata:

    nawhi said: Mungkin next time kalau kejadian kayak gitu saya akan memberi uang saja buat naik angkot.

    better like thiscuma sebisa mungkin jangan ngeluarin dompet, tar malah dipalak

  2. debapirez berkata:

    Kalau daerah rawan & sepi mending ga usah deh.kita kudu hati2,Wan. banyak modus skrg ini…

  3. nawhi berkata:

    darnia said: better like thiscuma sebisa mungkin jangan ngeluarin dompet, tar malah dipalak

    Makasih sarannya Dan.

  4. anchaanwar berkata:

    Temanku di Jakarta pernah menggunakan jasa Joki 3 in 1, tau ga dalam mobil dia ditodong. Ngeri banget! Memang mending waspada

  5. arsitaarsita berkata:

    Kelamaan tinggal dijakarta, sekarang kalo ada yang gitu gitu akoh agak paranoid deh. Mending ngga sama sekali deh (biarin deh berprasangka buruk, namanya juga cewek rantau musti jaga diri mencegah hil hil yg tidak diinginkan)Pun sering ada orang yg minta duid katanya keabisan duit bla bla bla, karena takut ini itu saya tolak tanpa liat mukanya trus ngacir deh.beda cerita kalo di kampung (Boyolali), berhubung dikampung jarang ada angkot lewat jd udeh jd kebiasaan suka ada yg nebeng. Soale waktu SMP/SMA aku juga suka nebeng orang lewat. Kalo cewek yg nebeng insya allah tak boncengin, kalo cowok masih kecil (SMP) gitu masih maulah…

  6. darnia berkata:

    gw 110% mengamini opininya Sita!!!

  7. siantiek berkata:

    sebaiknya ga usah Wan

  8. nawhi berkata:

    anchaanwar said: Temanku di Jakarta pernah menggunakan jasa Joki 3 in 1, tau ga dalam mobil dia ditodong. Ngeri banget!

    wedew serem bangeettt.trus temenmu ngasih ga?

  9. bundel berkata:

    Biarpun dibilang orang nggak pedulian, tapi kemungkinan mereka komplotan penjahat kan bisa saja. Jadi mending jangan ditolong, nggak usah berhenti. Lebih enakan cari aman deh.

  10. anchaanwar berkata:

    nawhi said: wedew serem bangeettt.trus temenmu ngasih ga?

    Ga ngasih bagaimana, kalo ada belati di punggungnya X__XUntungnya (masih ada untungnya) Si rampok itu ga maruk, Hanya mau duit dalam dompet

  11. nawhi berkata:

    arsitaarsita said: biarin deh berprasangka buruk, namanya juga cewek rantau musti jaga diri mencegah hil hil yg tidak diinginkan)Pun sering ada orang yg minta duid katanya keabisan duit bla bla bla, karena takut ini itu saya tolak tanpa liat mukanya trus ngacir deh.

    setuju banget, kalo itu bukan prasangka buruk tapi waspada dan jaga diri Ta.nah kalo yang minta uang karena kehabisan duit dalam perjalanan aku suka iba dan nggak tega Ta, aku membayangkan kalo aku yang kayak gitu gimana, jadi ya aku kasih aja.

  12. jampang berkata:

    pernah ngalamin… cuma ya nolak karena gak bawa helm dua. waktu itu yg minta bonceng bapak2

  13. wib711 berkata:

    Di Jakarta, saya liat lokasi dan feeling kudu maen…beberapakali boncengin orang dari daerah yang angkotnya kalau malam ga ada, tapi alhamdulillah fine2 aja.tapi kalau pas lewat yang jalurnya sepi terus ada yang mau nebeng, ya maap2 aja pasti ngacir terus.dan hal ini dibalas.. di samosir, solo, purwodadi saya jalan kaki n minta tumpangan ama orang diberikan tanpa mereka banyak tanya….

  14. nawhi berkata:

    darnia said: gw 110% mengamini opininya Sita!!!

    ini sebenarnya bisa masuk unthinkable things ga Dan?kalo iya, mau aku ikutin he3

  15. nawhi berkata:

    siantiek said: sebaiknya ga usah Wan

    Iya Mbak, makasih.

  16. ivoniezahra berkata:

    Wkt SMA aku tkng nebeng. Maklum kalu kemlman g ada yg jempt šŸ˜€

  17. rhehanluvly berkata:

    Tergantung tempatnya. Kalo rame dan jaraknya dekat. Kasih tumpangan deh. Kalo numpang di tempat sepi rada mikir

  18. rhehanluvly berkata:

    Mas kan udah ikut lomba unthinkable. Nggak boleh kirim 2 postingaaan

  19. arsitaarsita berkata:

    nawhi said: nah kalo yang minta uang karena kehabisan duit dalam perjalanan aku suka iba dan nggak tega Ta, aku membayangkan kalo aku yang kayak gitu gimana, jadi ya aku kasih aja.

    udeh terlalu banyak pemberitaan negatif tentang ini Wan….terutama yang hipnotis hipnotisan itu. Kembali ke pasal satu, hal hal kayak gitu menjadi hal yang perlu diwaspadain juga.

  20. puritama berkata:

    rawan mas, waspada aja..

  21. ninelights berkata:

    selama ini belum ada sih..tapi kalo udah malam, udah terlalu riskan untuk berhentiin motor.Apalagi kalo di tempat sepi.Rana akan meningkatkan kecepatan bekendara juga biasanya kalo malam. Salah satu alasannya ya karena menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari manusia lain.Jadi jarang untuk pelan-pelan kecuali kalo sudah masuk kampung…

  22. nawhi berkata:

    bundel said: Biarpun dibilang orang nggak pedulian, tapi kemungkinan mereka komplotan penjahat kan bisa saja. Jadi mending jangan ditolong, nggak usah berhenti. Lebih enakan cari aman deh.

    Iya Bun, makasih sudah diingatkan. Jaman emang semakin susah dan pelaku kejahatan semakin nekat n pintar saja sekarang ini.

  23. nawhi berkata:

    jampang said: pernah ngalamin… cuma ya nolak karena gak bawa helm dua. waktu itu yg minta bonceng bapak2

    alasan itu yang paling masuk akal n orang ga akan ngotot minta bonceng.

  24. nawhi berkata:

    wib711 said: dan hal ini dibalas.. di samosir, solo, purwodadi saya jalan kaki n minta tumpangan ama orang diberikan tanpa mereka banyak tanya….

    kalo kita nanam baik Insya Allah panennya juga baik ya bro.

  25. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: Wkt SMA aku tkng nebeng. Maklum kalu kemlman g ada yg jempt šŸ˜€

    emang sekolahnya di daerah mana?

  26. nawhi berkata:

    rhehanluvly said: Tergantung tempatnya. Kalo rame dan jaraknya dekat. Kasih tumpangan deh. Kalo numpang di tempat sepi rada mikir

    setuju banget.

  27. arddhe berkata:

    di jogja dulu beberapa kali ngalamin, tak angkutdi jakarta lum pernah…dan klo ada ga mau ngangkut

  28. nawhi berkata:

    rhehanluvly said: Mas kan udah ikut lomba unthinkable. Nggak boleh kirim 2 postingaaan

    Ssstttt diem, kali aja panitianya lupa šŸ˜›

  29. nawhi berkata:

    puritama said: rawan mas, waspada aja..

    Iya betul sekali.

  30. nawhi berkata:

    ninelights said: Jadi jarang untuk pelan-pelan kecuali kalo sudah masuk kampung…

    lha kalau aku kan di lampu merah, mungkin itu trik mereka.

  31. nawhi berkata:

    arddhe said: klo ada ga mau ngangkut

    kalo yang nyegat Olivia Jansen gimana Di? šŸ˜€

  32. arddhe berkata:

    ga mau, dah punya cowok

  33. ninelights berkata:

    nawhi wrote today at 1:19 PMlha kalau aku kan di lampu merah, mungkin itu trik mereka.>>>kalo dari agak jauhan ngeliat ada gerombolan di tepi lampu merah dan banyak kendaraan, Rana pilih posisi agak ke tengah. Di Semarang kalo di jalan-jalan besar,masih lumayan ada kendaraan sampai jam sebelasan begitu sih.Tapi kalo di daerah-daerah Barito,bajir kanal dan yang pelosok-pelosok sebagai jalan alternatif pngendara sih memang udah sepi.Tapi biasanya kalo udah malam, udah diatas jam duabelas sepertinya, lampu merah di jalan utama berganti dengan lampu “hati-hati” sih jadi gak ada acara berhenti… *ini karena dulu ada pengalaman On duty ke Bandara karena pesawat dari LN delay sampe itungan jam*yah..begitulah…:)

  34. ivoniezahra berkata:

    Beda kecmatan dn jalan ry lwt hutan. *ndeso yo

  35. ikanberenang berkata:

    gak pernah ditumpangin sih, wong punya kendaraan sendiri aja ngga :))kecuali pas di surabaya, tapi kota itu masih tergolong aman. ngga ada kejadian yg MP ers jelaskan di atas. jadi ya aman2 aja bawa motor. tapi pas di jakarta sering sih dipalak. ya karena tampang saya masih unyu dan make seragam SMA *iya, silahkan muntah* jadi ngasih 1000 perak juga udah seneng. makanya siapin uang2 receh aja apalagi kalo naek kopaja x_X

  36. nawhi berkata:

    ikanberenang said: tampang saya masih unyu dan make seragam SMA *iya, silahkan muntah*

    NO PIC IS HOAX :)))

  37. ikanberenang berkata:

    nawhi said: NO PIC IS HOAX :)))

    ini masih jam segini… puasa puasa mwahahahah *terus kenapa*

  38. darnia berkata:

    nawhi said: Ssstttt diem, kali aja panitianya lupa šŸ˜›

    PLETHAK!! *lempar klompen*

  39. trewelu berkata:

    eh, tapi kalo malem di dieng/langsep situ masih ada angkot?

  40. nawhi berkata:

    ikanberenang said: ini masih jam segini… puasa puasa mwahahahah *terus kenapa*

    ya udah ntar habsi tarawih yaa.

  41. nawhi berkata:

    darnia said: PLETHAK!! *lempar klompen*

    hix panitianya galak nian šŸ˜›

  42. nawhi berkata:

    trewelu said: eh, tapi kalo malem di dieng/langsep situ masih ada angkot?

    ada kok, mungkin mpe jam 9an kalo ga salah. udah lama ga naik angkot sih Mbak,

  43. anchaanwar berkata:

    Begini saja wan, gw ada ide.Ga usah kasih tumpangan bagaimana kalo tumpengan aja?*bawa piring mo ikut antri

  44. nawhi berkata:

    Mentang2 dah mau buka minta tumpengan šŸ˜›

  45. anchaanwar berkata:

    Kalo ga ada yang mau tumpengan kamu, kita kampanye aja lagi. Tenang satu suara dari saya sudah di tangan!Ok? Kabari ya kalo setuju

  46. nawhi berkata:

    Neh orang mbahas kampanye mulu. Ntar taun 2012 aku minta suaranya.

  47. anchaanwar berkata:

    Itu berkesan banget tau šŸ˜€

  48. nawhi berkata:

    iya soalnya elu ada bahan buat nyilet2 gue bareng Yasdong.

  49. nawhi berkata:

    iya soalnya elu ada bahan buat nyilet2 gue bareng Yasdong.

  50. ibuseno berkata:

    kalo aku juga pilih engga wan, kecuali yg pengen numpang itu ibu2 hamil yg cantik, nenek/kakek tua, atau anak sd yg kemaleman šŸ™‚

  51. nawhi berkata:

    Waduh ibu2 hamilnya kudu cantik ya Teh? Kalo hamil anak cowok biasanya keliatan jelek, gimana dong? He3 sotoy.

  52. t4mp4h berkata:

    ibuseno said: atau anak sd yg kemaleman šŸ™‚

    anak SD nglembur ?

  53. nawhi berkata:

    Iya neh, jadi herman, emang ada ya Teh anak SD pulang mpe malam. Kalo SMP or SMA aku ga herman.

  54. t4mp4h berkata:

    saya sih pernah koq dtumpangin anak jalanan, dan so far baik-baik aja tuh. asalkan mereka gak minta kita merubah arah, mestinya gpp

  55. zaffara berkata:

    pendapat mas Tampah baik jg, tp tetap waspada ms Ikhwan šŸ™‚

  56. masfathin berkata:

    Di palembang rasanya gak ada yg mau nebeng kayak gitu, kl aku balik ke poin 2. Kalopun bwa helm, gapapa, liat situasi aja, insyaAllah ada yg melindungi.

  57. tintin1868 berkata:

    waspada perlu juga wan.. kalu siangsiang sih rapopo, tapi malam? huhuhu kawatir juga sih..

  58. ranumber77 berkata:

    Pengalamanku beberapa kali gpp. Orangnya juga dari daerah situ2 juga kayaknya. Btw pernah dicegat cewek berjilbab lewat jam 22.00 di dekat Al-Ikhlas, mau nebeng kayaknya. Berhubung lagi kenceng gak sempat ngerem ya aku teruskan jalan. Kasihan juga kalo bener2 gak dapat angkot.

Tinggalkan Balasan

