Kita tahu semua bahwa di MP ini salah satu yang bikin cepat akrab adalah OOT. Rasanya nggak ada satupun MPer yang nggak pernah ber-OOT baik itu di postingan sendiri maupun postingan orang lain. Biasanya OOT terjadi begitu aja, mengalir dan jika menemukan kecocokan malah bisa mengalihkan para pembaca dari tema utama di suatu postingan.

Saya pribadi sebenarnya senang juga ber-OOT namun ada syarat dan ketentuannya, halaah kayak promo kartu seluler aja.

1. Isi Postingan
Untuk postingan saya sendiri, jika isinya serius saya berharap nggak ada yang ber-OOT. Kalaupun ada sedikit aja dan jangan sampai mengalihkan perhatian pembaca dari topik yang sedang dibahas. Hal ini juga saya berlakukan pada postingan orang lain. Namun jika pemilik postingan yang memulai sendiri dan mengijinkan ber-OOT saya dengan senang hati menanggapinya.

2. Hubungan
Maksudnya di sini adalah hubungan saya dengan pemilik postingan. Jika sudah akrab dan biasa ber-OOT, lalu mempunyai gaya dan selera humor yang sama maka saya tidak ragu untuk ber-OOT. Gaya dan selera humor yang sama ini menurut saya penting agar kita tahu sampai dimana batasan bercandaannya.
Namun meski sudah menerapkan point ini masih saja saya ‘tersandung’ saat ber-OOT dengan Dani dan Mas Nono di postingan saya sendiri di sini, maaf ya Dan. Tapi jangan kuatir, sekarang sudah kembali normal lagi kok. *kedipin Dani doang*

3. Isi OOT
Saya tidak suka jika bercandaan OOT mulai ‘menyerang’ pribadi seseorang, menjatuhkan seseorang di depan umum, pokoknya yang mengarah ke bullying-lah. Point ini sebenarnya terkait juga dengan point nomer dua, kadang karena sudah merasa akrab kita mpe kelewatan becandanya.

Untuk saat ini cukup tiga point itu saja yang menjadi pertimbangan saya dalam ber-OOT di MP ini. Tujuannya agar OOT yang timbul bisa semakin mengakrabkan kita semua. Tapi ya namanya konflik emang nggak bisa dihindari. Yang terpenting jika sampai terjadi konflik karena OOT, kedua belah pihak harus bisa bersikap dewasa dengan cara mengkonfirmasi hal-hal yang menjadi penyebab konflik tersebut.

Yang terakhir neh, seumpama saya selama ini dalam ber-OOT di tempat teman-teman ada yang nggak berkenan mohon dimaafkan dan jangan sungkan untuk mengingatkan. Kalau saya pribadi, jika mengingatkan seseorang yang kelewatan ber-OOT di postingan saya melalui PM. Saya sih berharap orang lain juga begitu.

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

90 responses »

  1. anchaanwar berkata:

    Kalo pertamax masuk oot ga?For me it’s a lil bit annoyingNo offense

  2. nawhi berkata:

    anchaanwar said: Kalo pertamax masuk oot ga?For me it’s a lil bit annoyingNo offense

    kalau menurutku bukan, tapi emang sih cukup annoying juga terutama jika yang bersangkutan hanya komen gitu doang. sigh gue ga butuh deh pertamax di marih, di pertamina banyak kok :)))*maaf agak nyilet, jangan tersinggung ye yang suka pertamax doang dimarih*

  3. lafatah berkata:

    Fenomena ‘-max’ itu juga masih bertahan which is saya sendiri nggak suka. Hehehe…

  4. thebimz berkata:

    ga pernah gw nulis pertamaxkarena gw main mp just for fun, jadi silakan berOOT di tempat gw hehehehe

  5. lafatah berkata:

    Ntar ujung2nya kita obrolin ‘-max’ yang akan membawa pada OOT postingan ini. 😀

  6. fightforfreedom berkata:

    Siiplah kalo begitu 🙂

  7. tintin1868 berkata:

    boleh oot tapi itu jangan privasi.. setuju wan..

  8. darnia berkata:

    lafatah said: Ntar ujung2nya kita obrolin ‘-max’ yang akan membawa pada OOT postingan ini. 😀

    blame it to yang pertama ngepertamax-in postingan ini :Dsama-sama belajar ya, Mas Ihwan :)aku juga punya dosa OOT beberapa kali*sungkem balik*

  9. arsitaarsita berkata:

    OOT itu emang seru, tapi sesekali ajah. Kalo sana sini tiyap postingan komen OOT mulu namanya ngga fun lagi.

  10. m4s0k3 berkata:

    OOT edisi Ramadhan nih. Ada hikmah di ujung tulisan *sungkem ihwan sekalian meperin ingus*

  11. puritama berkata:

    buat orang2 yg sekiranya becanda udah gak rikuh, OOT dah jadi kewajiban.Kalau belum begitu kenal, palingan ngomen seperlunya aja, jarang bisa nyampe OOT

  12. moestoain berkata:

    mus suka ote ote.

  13. anotherorion berkata:

    hehe OOT bullying tinggal pinter2e lhe ngounter serangan kok wan

  14. ivoniezahra berkata:

    *kesindir poin 2 euy*:P

  15. katerinas berkata:

    Disesuaikan saja ya Wan 🙂

  16. nawhi berkata:

    thebimz said: ga pernah gw nulis pertamaxkarena gw main mp just for fun, jadi silakan berOOT di tempat gw hehehehe

    jadi bahas pertamax gini :Dayo teman-teman kita serbu lapaknya Bimo.

  17. rengganiez berkata:

    kadang malah ada yang suka dibullying oot…tergantung sih 😉

  18. nawhi berkata:

    siantiek said: binun sendiri.

    nah ini neh, efek dari OOT.aku juga kadang bingung juga kok, biasanya aku cari-cari celah aja yang bisa dimasukin.tapi kalo ga akrab, ya komenin isinya blog.

  19. nitafebri berkata:

    OOT hukumnya HARAM di postingan duka cita..Itu aja sih klo saya.Saya sih ayo aja klo di ledek, krn biasa juga. Tp ga deh klo ngeledek orang liat2 aja orangnya

  20. nawhi berkata:

    arsitaarsita said: Kalo sana sini tiyap postingan komen OOT mulu namanya ngga fun lagi.

    setuju Ta.

  21. ikanberenang berkata:

    aku dizholimi di OOT *menatap sinis ke bimo dan ardi*

  22. nawhi berkata:

    m4s0k3 said: *sungkem ihwan sekalian meperin ingus*

    iih Shireen jorok banget, udah ah, elo-gue: END..!!

  23. anchaanwar berkata:

    nawhi said: *tarik Ancha*

    Jadi salah gw?!Salah teman2 gw?!Ngomong2, kampanye lagi dong Wan, pengen nge-vote nih*oot pun dimulai*

  24. nawhi berkata:

    puritama said: buat orang2 yg sekiranya becanda udah gak rikuh, OOT dah jadi kewajiban.

    kalo aku sih nggak sampe jadi kewajiban meski itu sama yang udah akrab, sunnah muakad aja he3

  25. ayanapunya berkata:

    Mau Komen aja kdg masih suka bingung :d

  26. nawhi berkata:

    bambangpriantono said: Ok

    OK balik.

  27. moestoain berkata:

    nawhi said: Omaigot, ga nyangka ternyata kamu eksibisionis.

    ote-ote a.k.a weci hehehe

  28. nawhi berkata:

    katerinas said: Disesuaikan saja ya Wan 🙂

    bener Mbak.

  29. nawhi berkata:

    katerinas said: Disesuaikan saja ya Wan 🙂

    bener Mbak.

  30. ivoniezahra berkata:

    Secra gak langsung, iya khan? 😛

  31. nawhi berkata:

    Mbak Niez: saya tetep enggak Mbak 🙂

  32. nawhi berkata:

    nitafebri said: OOT hukumnya HARAM di postingan duka cita..

    setuju sekali aku ini.

  33. fendikristin berkata:

    OOT tetep harus ada aturan-nya ya Mas Ihwan..soalnya bahasa tulisan dan bahasa lisan itu bisa beda2 persepsi-nya…salam OOT :p

  34. nawhi berkata:

    ikanberenang said: aku dizholimi di OOT *menatap sinis ke bimo dan ardi*

    tolong doain aku dong biar cepet kaya, kan biasanya doa orang yang dizholimi itu paling didengar sama Allah 🙂

  35. siantiek berkata:

    anotherorion said: hehe OOT bullying tinggal pinter2e lhe ngounter serangan kok wan

    lah ini siapa Wan ? * nyocokin HS sm IDnya *

  36. siantiek berkata:

    nitafebri said: OOT hukumnya HARAM di postingan duka cita..

    setuju !!!!

  37. nawhi berkata:

    anchaanwar said: Jadi salah gw?!Salah teman2 gw?!Ngomong2, kampanye lagi dong Wan, pengen nge-vote nih*oot pun dimulai*

    hahaha kalimat itu siapa yang bikin Cha, gue dari kemarin punya ide buat nge-list kalimat khas yang sering diucapin MPer.udah dibilang, simpan dulu suaramu buat ntar taun 2012.

  38. nawhi berkata:

    ayanapunya said: Mau Komen aja kdg masih suka bingung :d

    kalo bingung pegangan aja Ya :P*kasih tiang buat pegangan*

  39. nawhi berkata:

    fendikristin said: soalnya bahasa tulisan dan bahasa lisan itu bisa beda2 persepsi-nya…salam OOT :p

    bener sekali Mbak, salam OOT balik..!!

  40. ikanberenang berkata:

    nawhi said: tolong doain aku dong biar cepet kaya, kan biasanya doa orang yang dizholimi itu paling didengar sama Allah 🙂

    *komat kamit* TT____TT

  41. debapirez berkata:

    kalau ada pemilik lapak yang tidak ingin ada OOT, disarankan dari awal sudah dikasih notes bahwa itu postingan serius hehe…

  42. itsmearni berkata:

    baiklah…saya ndak akan mulai OOT klo yang punya belum kasi ijin:-D

  43. itsmearni berkata:

    dipostingan ini boleh OOT gak neh?

  44. bundel berkata:

    bambangpriantono said: Ok

    Iki tante kok le maca KO…….?!Wis gpp OOT nek ndek nggene tante yo, gak tak seneni kok. Opo maneh tak jothak, gak bakal lah nak Ihwan ambek nak Nono.

  45. nawhi berkata:

    itsmearni said: baiklah…saya ndak akan mulai OOT klo yang punya belum kasi ijin

    ahahahahakan tinggal liat 3 point di atas Mbak, jadi ga perlu binun.

  46. debapirez berkata:

    nawhi said: penyayang :))

    penyayang perempuan atau lanang?hahaha…

  47. itsmearni berkata:

    kemaren gue nyasar ke blog loe yang ditetangga sebelahntu lho yang blueviewnya Ihwangaya tulisannya beda ya*laporan gak penting*

  48. dieend18 berkata:

    moestoain said: mus suka ote ote.

    ote-ote aka hueci aka bakwan….. saya juga suka itu Mus…. :))*puasa2 malah ngomongin makanan….

  49. ivoniezahra berkata:

    Rajin yo kalu reply mp 😛 *komen OOT

  50. m4s0k3 berkata:

    laporan dari lantai 19 kemdikn*s: sekarang sedang hujan deras. sekian

  51. bundel berkata:

    itsmearni said: kemaren gue nyasar ke blog loe yang ditetangga sebelahntu lho yang blueviewnya Ihwangaya tulisannya beda ya*laporan gak penting*

    Memang kayak apa’an mbok? Linknya mana??? *penasaran.com*

  52. intan0812 berkata:

    Aku jarang oot kali ya 🙂

  53. nawhi berkata:

    dieend18 said: puasa2 malah ngomongin makanan….

    iya neh, ntar aja kalo udah mendekati jam buka.

  54. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: Rajin yo kalu reply mp 😛 *komen OOT

    nggak juga, ini lagi senggang aja.

  55. nawhi berkata:

    m4s0k3 said: laporan dari lantai 19 kemdikn*s: sekarang sedang hujan deras. sekian

    kenapa ga ditulis sekalian aja: KEMDIKNAS. *capslock rusak*gitu mau jadi wartawan, laporan pake disamar-samarin, ga valid tauk :)))

  56. m4s0k3 berkata:

    nawhi said: kenapa ga ditulis sekalian aja: KEMDIKNAS. *capslock rusak*gitu mau jadi wartawan, laporan pake disamar-samarin, ga valid tauk :)))

    gw ga mau jadi wartawan biasa yang nerima amplop. gw mau jadi wartawan blangko! biar lebih banyak dapetnya. huahahahaha *ketawa Ghost Rider*

  57. nawhi berkata:

    bundel said: Linknya mana??? *penasaran.com*

    ini lho Bun: http://bloglodak.com/monggo sudi mampir ke rumah sya 😉

  58. nawhi berkata:

    intan0812 said: Aku jarang oot kali ya 🙂

    kalo di lapakku iya kayaknya Mbak, ga tau di lapak yang lain.

  59. nawhi berkata:

    m4s0k3 said: gw mau jadi wartawan blangko! biar lebih banyak dapetnya. huahahahaha

    Jangan kau teruskan anak muda, mau dibawa kemana moral bangsa ini kalau anaknya mudanya seperti kamu :)))*mau dibawa kemana hubungan kita, eaaa nyenyong ujung-ujungnya*

  60. trewelu berkata:

    OOT: Ojo OOT Terus

  61. nawhi berkata:

    siantiek said: lah ini siapa Wan ? * nyocokin HS sm IDnya *

    baru mudeng kalo HS-nya Priyo udah ganti, ihiiirr. ga dibikinin MP aja sekalian Yo istrinya.

  62. nawhi berkata:

    trewelu said: OOT: Ojo OOT Terus

    bener banget, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. *sokbijak*

  63. sahabatry berkata:

    Jadi inget masa2 OOT……skarang aku udh agak jarang*sok bersih dari OOT*

  64. nawhi berkata:

    sahabatry said: Jadi inget masa2 OOT……skarang aku udh agak jarang*sok bersih dari OOT*

    iya, kamu dulu sering ama Priyo, Raya, Nina ya.

  65. arddhe berkata:

    untungnya saya ga pernat oot

  66. nawhi berkata:

    arddhe said: untungnya saya ga pernat oot

    YAKIN LO?*sengaja capslock*

  67. sahabatry berkata:

    nawhi said: iya, kamu dulu sering ama Priyo, Raya, Nina ya.

    Rajiiiiin bangeeet…..berasa diburu waktu, cepet2an berbalas,Itulah seninya OOT ya :p

  68. ibuseno berkata:

    kalo saya mah biar aja wan mau OOT di postingan saya gak apa2, asal jangan pada berantem wong postingan di komentarin aja udah seneng koq saya mah, gak peduli OOt atau engga 🙂 *eh ini termasuk komen OOT gak wan ? *

  69. onit berkata:

    nawhi said: Saya tidak suka jika bercandaan OOT mulai ‘menyerang’ pribadi seseorang, menjatuhkan seseorang di depan umum, pokoknya yang mengarah ke bullying-lah

    yep, di depan umumnya lah yg penting.banyak org gak nyadar kalo blog itu tempat umum, banyak yg baca. apalagi kalo diset everyone aku kalo komen di blog org diset everyone, jawabnya musti diatur dulu

  70. nawhi berkata:

    Teh Icho: bukan kok Teh, jangan kuatir. Makasih sharingnya.

  71. nawhi berkata:

    Onit: dulu aku ga begitu care dengan settingan blog, mau curhat mau sepele aku post for everyone. Tapi setelah dapat masukan, dari kamu juga, akhirnya aku ubah. Thanx ya.

  72. wprazh berkata:

    Jarang ber oot, belum terbiasa

  73. saturindu berkata:

    maaf, bukan gaya saya berOOT ria…

  74. bundel berkata:

    nawhi said: ini lho Bun: http://bloglodak.com/monggo sudi mampir ke rumah sya 😉

    Wis, nembe ae tak ungak. Oke boss, bravo!

  75. ninelights berkata:

    1. Setuju2. Betul…:)3. Rana juga minta maaf buat Pio dan juga terutama Mas Ihwan kalau OOT jaman dulu kala sampai mungkin membuat hati yang di OOTin kurang berkenan sehingga sampai mimpi buruk setelahnya :p..seriusnya, sampai merasa sangat tersinggung dan merasa dipojokkan padahal tidak ada maksud demikian:)demikian kiranya..saturindu wrote today at 5:18 PMmaaf, bukan gaya saya berOOT ria…>>>ngapu #uhuk si ah…#gantung mas suga di popi terus ngilang :-p

  76. rudyprasetyo berkata:

    ibuseno said: kalo saya mah biar aja wan mau OOT di postingan saya gak apa2, asal jangan pada berantemwong postingan di komentarin aja udah seneng koq saya mah, gak peduli OOt atau engga :-)*eh ini termasuk komen OOT gak wan ? *

    Setuju, karena itu saya mempublish tulisan saya.Karena ingin di baca, di komentari, apapun bentuknya.Thats why too juga, saya punya blog pribadi yang hanya saya sendiri yang bisa meng-akses-nya.

  77. rudyprasetyo berkata:

    debapirez said: kalau ada pemilik lapak yang tidak ingin ada OOT, disarankan dari awal sudah dikasih notes bahwa itu postingan serius hehe…

    hihihihihhii…bener juga sih

  78. srisariningdiyah berkata:

    aku anak manis baik-baik gak pernah OOT, gak pernah menyerang orang lain…kontak teladan wis… pilih aku ya di awards mpid tahun depan!*curi start*

  79. nawhi berkata:

    wprazh said: Jarang ber oot, belum terbiasa

    ntar kalo udah akrab pasti keluar sendiri OOT-nya Mas.

  80. nawhi berkata:

    saturindu said: maaf, bukan gaya saya berOOT ria…

    masa sih Mas?*meragukan*

  81. nawhi berkata:

    ninelights said: terutama Mas Ihwan kalau OOT jaman dulu kala sampai mungkin membuat hati yang di OOTin kurang berkenan sehingga sampai mimpi buruk setelahnya :p..seriusnya, sampai merasa sangat tersinggung dan merasa dipojokkan padahal tidak ada maksud demikian:)

    iya Ran, santai aja, mungkin waktu itu aku lagi PMS :))eaaa malah merusak image sendiri.

  82. nawhi berkata:

    rudyprasetyo said: saya punya blog pribadi yang hanya saya sendiri yang bisa meng-akses-nya.

    aku boleh liat ga Mas Rud?

  83. nawhi berkata:

    srisariningdiyah said: aku anak manis baik-baik gak pernah OOT, gak pernah menyerang orang lain…kontak teladan wis… pilih aku ya di awards mpid tahun depan!

    ahahahaha ternyata diam-diam Mbak Arie juga ga mau kalah n pengin kampanye juga.tapi kayaknya masih manisan aku deh 😛 *ga mau kalah*

  84. ivoniezahra berkata:

    nawhi said: nggak juga, ini lagi senggang aja.

    lain kali jangan diulang yo 😛

  85. hahahahaaa..OOT yang ga berkenan?remove from kontak ;-p

  86. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: hahahahaaa..OOT yang ga berkenan?remove from kontak ;-p

    kemana aja kamu Ray, ini udah lamaa.wah sadis juga kamu langsung remup 😛

  87. nawhi said: kemana aja kamu Ray, ini udah lamaa.wah sadis juga kamu langsung remup 😛

    mengais rejeki demi masa depan,huwahahahahaha..you know me so well-lah mas gmn kalo oot,,,biasanyaaaa ray yg d remove,hihihihi..

  88. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: biasanyaaaa ray yg d remove,hihihihi..

    haduuh yang sabar ya, emang pernah kejadian gitu?

  89. nawhi said: haduuh yang sabar ya, emang pernah kejadian gitu?

    life must go-on,,,ga mungkin gegera d remove lantas dunia ga berputar lagi..yaaaaa…tiap orang beda,,, percayalah itu,mas..selagi kita mengamalkan pancasila dan rukun iman + rukun islam X rukun tetangga + rukun warga, insyaallah, semua aman..Tapi kalau di teman d dunia nyata, trus dakuu d remove dari kontaknyaa,,huwaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,,, ray bakal ngeblock list..soale udah kenal secara nyata,,dan bukan maya *curcol*

Tinggalkan Balasan

