Lebaran kali ini bagi saya berbeda dengan lebaran-lebaran sebelumnya. Apa sebab? Boleh dibilang jadwal silaturahmi saya cukup padat, bukannya sok sibuk tapi memang mulai dari hari H sampai H+4 saya masih saja mobile ke rumah kerabat-kerabat yang tersebar di dalam dan luar kota Malang. Kalau tahun-tahun kemarin biasanya ada satu-dua hari yang kosong sehingga saya hanya berlebaran di rumah bersama keluarga.

Hari H
Diawali dengan sholat Idul Fitri di masjid belakang rumah, setelah itu bermaaf-maafan dengan keluarga inti. Mulai dari Ibu, para kakak dankeponakan. Di keluarga kami tidak ada tradisi sungkeman, kalau minta maaf ya salaman aja gitu he he he. Lalu menyusul kemudian para paman, bibi dan sepupu yang datang ke rumah, secara Ibu memang anak tertua di keluarga kami. Baru setelah itu saya beserta Ibu, Kakak Pertama sekeluarga dan pacar (uhuk-uhuk) ke rumah Paman Kedua. Dari rumah Paman Kedua dilanjut ke kerabat di daerah Kasin. Kerabat di Kasin ini merupakan saudara sepupu Ibu saya. Malam harinya saya isi dengan keliling kampung beserta teman-teman Remas tapi karena waktu yang terbatas akhirnya hanya dapat separuh.

H+1
Pagi hari bersama pacar silaturahmi ke Bibi Kedua yang rumahnya hanya beda RT saja lalu dilanjut ke rumah bibinya pacar yang ada di daerah SoeHat. Setelah nganter pacar kerja, saya bersama Ibu, Paman Kedua, Kakak Kedua dan Ketiga ke rumah mertua Kakak Pertama. Meski masih di dalam kota namun menuju ke sana harus berjuang menembus kemacetan yang menyemut. Maklum sekarang ini jumlah pemilik motor makin bertambah padahal lebar jalannya ya tetep segitu aja. Pada malam harinya melanjutkan acara keliling kampung bersama teman Remas. Lalu sehabis jemput pacar pulang kerja, kami menyempatkan diri untuk ke rumah Bibi Pertama yang ada di daerah Blimbing.

H+2
Lagi-lagi sama pacar he he he ke rumah Kakak Kedua, rumahnya terbilang baru tapi masih di sekitaran Mergan aja. Setelah itu saya bersama teman-teman kantor lebaran ke rumah mantan Bos kami di daerah Tidar. Acara silaturahmi jadi ajang curcol juga terkait keadaan perpustakaan yang semakin menurun sepeninggal beliau. Pada sore harinya ramai-ramai ke Slorok, rumah saudara Kakek dan Nenek dari pihak Ibu yaitu Mbah Salam dan Mbah Musil. Kami berangkat naik motor, total ada enam keluarga yang berangkat. Seneng rasanya bisa berlebaran ramai-ramai seperti itu.

H+3
Kali ini saya nganter pacar mudik ke desa Popoh, di selatan kota Malang. Sekalian silaturahmi sama para kerabatnya. Berangkat dari Malang pukul tujuh dan nyampe di sana pukul setengah sembilan pagi. Alhamdulillah, seperti halnya pacar diterima dengan baik di keluarga saya, sayapun juga diterima dengan baik di keluarga pacar. Sepulang dari Popoh kami sempatkan mampir di Bendungan Lahor untuk berisitirahat dan menikmati pemandangan di sore hari, tak lupa tentunya bernarsis ria ๐Ÿ˜›
Pas pulang ke Malang ternyata Paman Pertama sekeluarga yang tinggal di Lumajang sudah datang, makin ramai deh suasana di rumah. Apalagi keluarga kami lagi bikin ketupat, makin komplit deh suasana lebaran yang penuh kekeluargaan di rumah kami.

H+4
Sebenarnya rencana awal kami sekeluarga mau ke rumah Budhe yang ada di Surabaya namun karena pertimbangan kondisi lalu lintas yang masih padat, maka acara silaturahmi diganti ke Bululawang. Seperti waktu ke Slorok, kami berangkat ramai-ramai, kali ini hanya lima motor karena Kakak Kedua ikut suaminya lebaran ke Pasuruan. Dan Alhamdulillah kami akhirnya bisa bersilaturahmi lagi dengan Pak Herman yang pernah saya ceritakan di sini. Ternyata yang sudah wafat itu malah istrinya. Senang bisa datang lagi ke bekas rumah Kakek saya dulu meski nggak bisa masuk-masuk dan main ke kebun di belakang rumahnya seperti saat masih kecil dulu.

Itulah cerita singkat tentang lebaran saya tahun ini. Alhamdulillah sangat berkesan karena saya merasakan rasa kekeluargaan dan kekompakan di keluarga saya makin meningkat, yang paling senang itu ya bisa lebaran ramai-ramai ke rumah kerabat. Kalau dulu karena satu dua hal kami jarang sekali bisa berangkat bersama-sama seperti itu. Semoga selanjutnya bisa terus seperti itu. Kehadiran pacar di samping saya juga ikut memberi warna yang berbeda, apalagi sambutan dari keluarga masing-masing sangat baik. Semoga hubungan ini bisa berlanjut hingga ke jenjang pernikahan seperti harapan kami dan kedua keluarga kami, aamiin.

Tinggal satu neh hutangnya yaitu acara halal bi halal MPers Jatim yang ternyata nggak bisa terlaksana pada hari minggu kemarin karena semuanya pada sibuk, malah sang penggagasnya sendiri sampe lupa tanggalnya segala *meletin Hani dari Malang*

untuk foto-fotonya menyusul yaa

Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

45 responses »

  1. nawhi berkata:

    mahasiswidudul said: Pertaaammmaaaxxx…

    *kasih keripik tempe*

  2. mahasiswidudul berkata:

    *skip baca nya*introducing nya mirip ama om dapit… Janjian yaaaahh?? Hayooo… Betewe, apakabar om? ๐Ÿ˜€

  3. mahasiswidudul berkata:

    Seriyus tuh dihadiahi keripik tempeh? Horeeeeeeeeehhhh *loncat2kegirangan* :p

  4. mahasiswidudul berkata:

    *udah baca*uwiiihhh.. Kegiatan om ihwan padat merayap… Pasti cuapek2 ๐Ÿ˜€

  5. nawhi berkata:

    mahasiswidudul said: introducing nya mirip ama om dapit… Janjian yaaaahh?? Hayooo…Betewe, apakabar om? ๐Ÿ˜€

    Nggak kok, aku malah belum baca blognya Dapit.Baik dek Nina, lebaran dapet angpaw berapa? :))

  6. nawhi berkata:

    mahasiswidudul said: Seriyus tuh dihadiahi keripik tempeh? Horeeeeeeeeehhhh *loncat2kegirangan* :p

    maaf itu tadi yang ngentik penjual keripik tempenya, kurang ajar dia main promo dimarih :))

  7. nawhi berkata:

    mahasiswidudul said: Kegiatan om ihwan padat merayap… Pasti cuapek2 ๐Ÿ˜€

    Iya capek memang tapi Alhamdulillah yaa bisa menjalani dengan baik, sesuatu banget ini, Subhanallah. ๐Ÿ˜€

  8. siantiek berkata:

    ini cerita silat ya? ๐Ÿ˜ฎ

  9. anotherorion berkata:

    asik lebaran karo pacar euy ๐Ÿ˜€

  10. nawhi berkata:

    siantiek said: ini cerita silat ya? ๐Ÿ˜ฎ

    wekekeke iya tadi juga mikir kok kayak cerita silat2 ya pake kakak pertama kedua ketiga :))

  11. nawhi berkata:

    anotherorion said: asik lebaran karo pacar euy ๐Ÿ˜€

    kamu juga sama pacarmu, pacar halal ๐Ÿ˜›

  12. trasyid berkata:

    kesimpulannya ‘silaturahmi sama pacar’ ya?

  13. nawhi berkata:

    trasyid said: kesimpulannya ‘silaturahmi sama pacar’ ya?

    bukaan, tapi silaturahmi yang berkesan banget Guh.

  14. lailatulqadr berkata:

    silaturrahmi memanjangkan usia….

  15. nawhi berkata:

    lailatulqadr said: silaturrahmi memanjangkan usia….

    Aamiin, membuka pintu rejeki juga ya.

  16. lailatulqadr berkata:

    nawhi said: Aamiin, membuka pintu rejeki juga ya.

    hu um…

  17. trewelu berkata:

    hari h-nya yang tanggal brapa masehi?

  18. nawhi berkata:

    trewelu said: hari h-nya yang tanggal brapa masehi?

    tanggal 31 Mbak, kan saya ikut pemerintah ๐Ÿ™‚

  19. jampang berkata:

    sama… kemaren sampe hari minggu masih nemenin ortu silaturahim… bedanya letak rumahnya enggak jauh2 ๐Ÿ™‚

  20. nawhi berkata:

    jampang said: sama… kemaren sampe hari minggu masih nemenin ortu silaturahim… bedanya letak rumahnya enggak jauh2 ๐Ÿ™‚

    pasti kayak di desa-desa gitu ya, sanak kerabat tinggal dalam satu lingkup yang masih bertetanggaan.

  21. asasayang berkata:

    foto sama pacar mas? *melet*

  22. nawhi berkata:

    asasayang said: foto sama pacar mas? *melet*

    iya dooong, mau liaat? ๐Ÿ˜›

  23. asasayang berkata:

    yg diposting kamsudnyah. . . *nantang*

  24. nitafebri berkata:

    Ini mas inti cerita sebenernya mau bilang’eh gw 4 hari lebaran bareng pacar looh’haha

  25. ibuseno berkata:

    Haa.. pacarnya kerja di hari raya ? dokter or perawat ya pacarnya ๐Ÿ™‚

  26. ibuseno berkata:

    nitafebri said: Ini mas inti cerita sebenernya mau bilang’eh gw 4 hari lebaran bareng pacar looh’haha

    hahahaha… ngakak

  27. masfathin berkata:

    Capek tp seru ya Wan. ๐Ÿ™‚

  28. dieend18 berkata:

    Halal bi halal mpers jatim nunggu aku mudik donk.. Mau ya…ya…ya..

  29. ivoniezahra berkata:

    Sekarang aku lg mudik mas ๐Ÿ˜› *sapa nanya km Von

  30. bundel berkata:

    Huwaaaa….! Akhire ketemu pak Herman. Seneng banget iku yo nak?Maaf lahir batin maneh yo, semoga bahagia dengan pacarmu selamanya.

  31. tintin1868 berkata:

    aha sudah serius nih sampe h+3 pacar ketemuan ma keluarga..

  32. johaneskris berkata:

    Ihwan… minal aidin walfaidzin ya…

  33. nawhi berkata:

    nitafebri said: Ini mas inti cerita sebenernya mau bilang’eh gw 4 hari lebaran bareng pacar looh’

    wakakakakaka gitu ya Nit.

  34. nawhi berkata:

    ibuseno said: Haa.. pacarnya kerja di hari raya ? dokter or perawat ya pacarnya ๐Ÿ™‚

    bukan dua-duanya Teh.

  35. nawhi berkata:

    masfathin said: Capek tp seru ya Wan. ๐Ÿ™‚

    bener Yan, tapi Alhamdulillah meski cuapek nggak sampai drop. ya kita musti tahu sampai di mana batasan tubuh kita, kalau emang udah cuapek banget jangan dipaksain jalan terus.

  36. nawhi berkata:

    dieend18 said: Halal bi halal mpers jatim nunggu aku mudik donk.. Mau ya…ya…ya..

    emang kapan mudiknya Dee?

  37. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: Sekarang aku lg mudik mas ๐Ÿ˜› *sapa nanya km Von

    kok mudiknya telat, ayo kerja-kerja.

  38. nawhi berkata:

    bundel said: Huwaaaa….! Akhire ketemu pak Herman. Seneng banget iku yo nak?Maaf lahir batin maneh yo, semoga bahagia dengan pacarmu selamanya.

    uhm orangnya mungkin ga ingat lagi Bun sama saya, kan dulu taunya masih kecil.sama-sama Bun, makasih doanya.

  39. nawhi berkata:

    tintin1868 said: aha sudah serius nih sampe h+3 pacar ketemuan ma keluarga..

    pada dasarnya tiap memulai hubungan yang baru saya selalu serius Mbak, umur udah tua gini masa mau main-main terus.

  40. nawhi berkata:

    johaneskris said: Ihwan… minal aidin walfaidzin ya…

    sama-sama Jo, maaf lahir bathin yoo.

  41. dieend18 berkata:

    Akhir bln baru ada di sby wan. Tgl 26-30 sept..

  42. nawhi berkata:

    dieend18 said: Akhir bln baru ada di sby wan. Tgl 26-30 sept..

    note.ini belum ada upadate lagi dari PM-nya, moga bisa nemu tanggal yang semuanya bisa secara udah pada masuk kerja.

  43. debapirez berkata:

    kalau dah bawa pacar ke sodara2, dah siap nikah neh Ihwan. jgn kasih harapan palsu ke anak orang ye hehe…

  44. nawhi berkata:

    debapirez said: kalau dah bawa pacar ke sodara2, dah siap nikah neh Ihwan. jgn kasih harapan palsu ke anak orang ye hehe…

    Makasih nasihatnya Om, saya tau kok sakitnya diberi harapan palsu jadi saya nggak mungkin melakukan hal itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s