Kalau di meme buku kemarin saya menulis tentang Dee maka kali ini saya akan menulis idola saya yang lain di dunia sastra yaitu Adhitya Mulya.

Perkenalan pertama saya dengan karya Mas Adhitya melalui karya perdananya yang menjadi best seller dan boleh dibilang merupakan perintis novel dengan genre komedi romantis, Jomblo. Gaya bercerita yang mengalir, komedi yang segar dan tidak garing serta ending yang sedikit berbeda dengan novel komedi pada umumnya membuat saya tak ragu untuk memasukkan Jomblo sebagai salah satu novel favorit saya. Entah sudah berapa kali saya membaca novel tersebut tanpa rasa bosan sedikit pun.


Berangkat dari situ akhirnya sayapun mencoba
untuk terjun juga ke dalam dunia tulis menulis. Saya akui formula yang saya pakai di dalam novel perdana saya sama dengan formula Jomblo, yaitu memberi bumbu dramatis pada kisah komedi. Duh mulai terdengar sotoy yak. Dalam hal gaya menulis, saya juga merasa lebih terinfluence oleh gaya menulis Mas Adhitya dibandingkan dengan Dee. Salah satu kontak di MP juga berpendapat demiikian. *senyum ke Dani*

Bukan hanya menginspirasi, Mas Adhit jugalah yang membantu saya saat sedang galau menanti jawaban dari penerbit. Kebetulan waktu itu saya mengirimkan draft ke penerbit yang sama dengan penerbit novel Jomblo. Dengan bermodalkan hubungan sebagai kontak di MP dan Mas Adhit pernah mengomentari review novel Jomblo, maka saya beranikan diri untuk meminta kontak salah satu editor di sana. Saya masih ingat kalimat terakhir di balasan dari Mas Adhit yaitu agar saya tidak memberitahu pihak penerbit kalau saya mendapatkan nomer telepon editor itu darinya. Ketika saya menghubungi editor tersebut, draft novel saya memang sedang dibahas kemungkinan untuk bisa terbit atau tidak.
Dan esok harinya saya ditelepon kembali dan diminta untuk mengirimkan soft file novel saya. Alhamdulillah rasanya seperti m
impi ketika novel Xerografer akhirnya terbit dan yang lebih membanggakan lagi saya bernaung di satu penerbit yang sama dengan Mas Adhitya.

Setiap penulis pasti pernah mengalami yang namanya writer’s block, tak terkecuali Mas Adhitya. Di blognya, Mas Adhit mengakui mengalami hal itu sehingga draft-draft yang dia tulis mandeg di tengah jalan. Saya masih ingat salah satu draft yang sedang dia tulis saat itu adalah cerita tentang bajak laut, entah sekarang masih dilanjutkan lagi atau tidak. Bukan hanya karena writers block tapi kesibukannya dalam meniti berkarier di Singapura juga ikut menyita waktu dan pikirannya dalam menulis.
Di situlah saya bisa melihat sisi humanistis dari seseorang yang saya idolakan. Yang saya salut darinya adalah kebes
aran hatinya untuk mengakui hal itu di depan para penggemar karya-karyanya.

Tanpa bermaksud sok menyama-nyamakan, keadaan saya bisa dibilang sebelas dua belas dengan Mas Adhit. Setelah novel Xerografer saya mengalami writer block sehingga baru bisa menerbitkan novel lagi tiga tahun kemudian. Sayapun juga memilih untuk konsentrasi pada pekerjaan di perpustakaan karena untuk saat ini dari situlah saya menggantungkan hidup saya. Itulah hidup, selalu ada pilihan yang musti kita prioritaskan di atas pilihan yang lain.


Ketika akhirnya buku non fiksi pertama Mas Adhit yaitu Catatan Mahasiswa Gila terbit, saya yang sudah lama kangen membaca humor segarnya langsung saja membelinya. Tidak tanggung-tanggung saya membelinya langsung dari Mas Adhit demi mendapatkan tanda tangannya. Dan seperti pada review Jomblo, Mas Adhit pun mengomentari dan menjawab β€˜kritikan’ saya atas pemakaian kata ganti kita di CMG di sini. Sekali lagi saya salut karena di tengah kesibukannya, Mas Adhit mau menyempatkan diri untuk mengunjungi situs salah satu fans-nya ini πŸ˜€

Itulah cerita singkat saya tentang Mas Adhit, darinya saya tidak hanya belajar tentang ilmu kepenulisan namun juga pelajaran berharga tentang sebuah pilihan hidup, kebesaran dan kerendahan hati. Terselip sebuah keinginan, semoga nanti kami bisa bertemu di dunia nyata. Yang pasti saya akan memanfaatkan hal itu untuk menimba ilmu lebih banyak darinya dan tentunya berfoto narsis bareng πŸ˜›

masih buat lomba Echan di sini ^_^

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

44 responses »

  1. sukmakutersenyum berkata:

    kok gak ono foto bersamanewes tau ketemu urung?

  2. fickleboon berkata:

    yang didalem kurungnya kurang kata LOMBA! buruan benerin hihihih….aku juga ngefans sama kang adhiittt

  3. nawhi berkata:

    sukmakutersenyum said: kok gak ono foto bersamanewes tau ketemu urung?

    ketauan ini bacanya ga sampe habis T_T (Dani, 2011)

  4. nawhi berkata:

    fickleboon said: yang didalem kurungnya kurang kata LOMBA! buruan benerin hihihih….aku juga ngefans sama kang adhiittt

    *tepok jidat*saking semangatnya Chan mpe lupa. udah aku benerin.oh kamu manggilnya Kang ya πŸ˜€

  5. fickleboon berkata:

    wakakakaka… yah ceritanya biar sok akrab *padahal mah nggak sama sekali*

  6. nawhi berkata:

    fickleboon said: wakakakaka… yah ceritanya biar sok akrab *padahal mah nggak sama sekali*

    samperin gih di situsnya: http://suamigila.comatau MP-nya: jomblo

  7. dieend18 berkata:

    Aku jg suka tulisan2 mas Adhit.. Seger dan selalu menghibur.Jomblo, gege mencari cinta, travelers tale, empat musim cinta ama catatan mahasiswa gila. Ada lg gak bukunya yg lain?

  8. fickleboon berkata:

    udah ku-add semuanya kok, sampe twitternya juga kalo gak salah aku follow

  9. siantiek berkata:

    kalo ketemu sm aku di dunia nyata mo foto bareng ga ? πŸ˜›

  10. nawhi berkata:

    dieend18 said: Ada lg gak bukunya yg lain?

    kayaknya ga ada, aku malah yang Gege itu belum baca mpe sekarang. gara-gara pas mau beli print out-nya jelek semua 😦

  11. nawhi berkata:

    fickleboon said: udah ku-add semuanya kok, sampe twitternya juga kalo gak salah aku follow

    sama dong kalo gitu, toss deh.

  12. nawhi berkata:

    siantiek said: kalo ketemu sm aku di dunia nyata mo foto bareng ga ? πŸ˜›

    harus itu, biar ga dituduh hoax kopdarnya.

  13. fickleboon berkata:

    nawhi said: sama dong kalo gitu, toss deh.

    hehehehe…

  14. anchaanwar berkata:

    Sudah baca semua novel kang Adhit. Semuanya bagus meski menurutku buku CMG itu masih bisa lebih bagus lagi.Oia satu lagi, mungkin kesereingan baca twitnya dia, gaya jokesnya jadi kebaca dan mulai berkurang sense of humor nya :(Dia salah satu penulis favo saya!

  15. nawhi berkata:

    anchaanwar said: menurutku buku CMG itu masih bisa lebih bagus lagi.Oia satu lagi, mungkin kesereingan baca twitnya dia, gaya jokesnya jadi kebaca dan mulai berkurang sense of humor nya 😦

    setuju aku Cha, ada sesuatu yang kurang gitu. terutama yang cerita pas magang di batam, itu agak membosankan.untung aku dah lama ga aktif di sono, kemarin hanya nengok2 aja n folbek temen2 MP.

  16. debapirez berkata:

    Saya lbh suka baca karyanya di Travelers Tale πŸ˜‰

  17. itsmearni berkata:

    wah ini penulis idolaku jugasuka cara dia menulis humorbeneran lucu dan tidak garing

  18. nawhi berkata:

    debapirez said: Saya lbh suka baca karyanya di Travelers Tale πŸ˜‰

    aku malah kurang suka, jalan ceritanya biasa, keunggulannya di setting n layout-nya yang bikin mupeng travelling.

  19. nawhi berkata:

    itsmearni said: wah ini penulis idolaku jugasuka cara dia menulis humorbeneran lucu dan tidak garing

    Siiip, ga menyangka ternyata idola kita sama ya Bu Arni Umbridge he3

  20. anchaanwar berkata:

    Oia lupa bilang, Nggak begitu suka novel2 “borongan” dia. Jadi hanya suka karya “tunggal” dia saja πŸ˜€

  21. nawhi berkata:

    anchaanwar said: Oia lupa bilang, Nggak begitu suka novel2 “borongan” dia. Jadi hanya suka karya “tunggal” dia saja πŸ˜€

    antologi maksudnya, mbok yang kerenan dikit bahasanya Cha :))sama, aku juga lebih suka buku2 solonya.

  22. anchaanwar berkata:

    nawhi said: antologi maksudnya, mbok yang kerenan dikit bahasanya Cha :))sama, aku juga lebih suka buku2 solonya.

    u named it πŸ™‚

  23. ayanapunya berkata:

    awas ada sapi terbang!! πŸ˜›

  24. arddhe berkata:

    belum pernah baca satupun karyanya #malu

  25. nawhi berkata:

    ayanapunya said: awas ada sapi terbang!! πŸ˜›

    *tangkep dan langsung panggang*

  26. nawhi berkata:

    arddhe said: belum pernah baca satupun karyanya #malu

    aku rekomendasikan jomblo dan catatan mahasiswa gila.

  27. arddhe berkata:

    nawhi said: aku rekomendasikan jomblo dan catatan mahasiswa gila.

    minta dong πŸ™‚

  28. darnia berkata:

    nawhi said: senyum

    senyum doang?kalo menang, pocernya setengah kasih aku *evilgrin*

  29. nawhi berkata:

    senyumku lebih berharga nilainya dari pocer gramed ho3

  30. trasyid berkata:

    belum baca satu pun.. **melipir karena malu*

  31. nawhi berkata:

    Santai aja Guh, ga diapa2in kok meski belum baca satupun.

  32. moga segera terkabulkan untuk poto narsis bareng yaaak πŸ˜‰

  33. jampang berkata:

    wah… idolanya banyak wan :))

  34. masfathin berkata:

    Pingin ikutan tp masih bingung nulis ttg apa 😦

  35. ivoniezahra berkata:

    baru basa 1 novel-nya yang Kejar Jakarta πŸ™‚

  36. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: moga segera terkabulkan untuk poto narsis bareng yaaak πŸ˜‰

    aamiin, entah kapan he3

  37. nawhi berkata:

    jampang said: wah… idolanya banyak wan :))

    cuma dua Mas, tapi ntar nambah lagi hi3

  38. nawhi berkata:

    masfathin said: Pingin ikutan tp masih bingung nulis ttg apa 😦

    masa sih seorang Fathin binun mau menulis tentang apa?

  39. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: baru basa 1 novel-nya yang Kejar Jakarta πŸ™‚

    kalo yang itu novel adaptasi dari film.

  40. tintin1868 berkata:

    wah senang ya bisa kenalan sama dia..

  41. nawhi berkata:

    iya Mbak secara penulis idola.

  42. fendikristin berkata:

    ini idola yang positip nih Mas Ihwan..bikin semangat nulis ya πŸ˜€

  43. nawhi berkata:

    bener Mbak, semoga saya bisa buat buku seller juga.

  44. sukur niatannya br cuman poto narsis doang, gak pengen cr jodoh kek bang adhit… alhamdu.,,,lillah

Tinggalkan Balasan

