Rasanya saat ini hampir semua manusia di muka bumi ini mengetahui dan memiliki akun di situs jejaring social buatan Mark Zuckerberg ini. Begitu hebat pengaruh Facebook dalam kehidupan nyata manusia, dua orang yang bertahun-tahun terpisah bisa bertemu kembali hingga yang paling ekstrim seorang suami di Inggris nekat membunuh istrinya karena sang istri mengubah status pernikahan mereka di facebook. Fenomena inilah yang mencoba ditampilkan dalam kumpulan komik pendek berjudul Cintaku Tertambat di Facebook.

16 komikus menyajikan berbagai macam cerita dengan satu benang merah yaitu Facebook. Kisah manis dan pahit tentang cinta bisa kita temui dalam Tikam, Newsfeed, I Love You Full Cherry, Ada Facebook Diantara Kita dan Bulak Balik Facebook. Cerita yang sedikit absurd bisa kita temui dalam De.activation, dan Facebookism. Yang lucu-lucu juga ada, silahkan baca Solusi Insomnia, Status dan Berdamai dengan Facebook.

Dari segi gambar, setiap komikus mempunyai ciri khasnya masing-masing. Karakter-karakter dalam Tikam mengingatkan saya pada komik Tintin yang mempunyai ciri pada mata yang hanya digambarkan dengan sebuah titik hitam saja. Pengaruh manga terlihat pada De.activation dan Newsfeed. Yang cukup mewakili karakter Indonesia adalah goresan pada Tiga Sahabat, Cintaku Tertambat di Facebook. Ada satu komik yang tampilan tiap panel seperti lukisan, begitu orisinal dan sedikit nyeleneh yaitu komik 13 Oktober. Hmm mulai terdengar sotoy yak he3.

Membaca komik ini kita tidak hanya mendapatkan hiburan namun bisa kita petik hikmah dari setiap kisah bahwa kita musti bijaksana dan dewasa dalam menggunakan Facebook. Ibarat sebuah pisau, akankah menjadi benda yang berguna atau mematikan tergantung siapa dan bagaimana menggunakannya.

Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s