Sebuah hasil analisa yang tidak sengaja tentang tiga orang di dunia maya yang berkaitan dengan status relationship pada dua jejaring sosial. Kita sebut saja mereka ini A, B dan C. Lalu untuk jejaring sosialnya kita sebut Jejos X dan Jejos Y. Untuk tingkat keamanan dan privasi, Jejos X lebih unggul daripada Jejos Y.

A mempunyai pacar yang dikenalnya di Jejos X. Meski hubungan mereka di Jejos X sudah menjadi rahasia umum di antara beberapa kontak namun A tak pernah menyebutkan secara langsung sang pacar dalam postingannya. Beda dengan di Jejos Y yang memang mempunyai fitur untuk menunjukkan status relationship, di sana status hubungan A dengan pacarnya tertera dengan jelas di profilnya.

B sudah menikah. Sama dengan A, meski di Jejos X sudah menjadi rahasia umum jika dia sudah berkeluarga namun dia sama sekali tak pernah memasang foto anggota keluarganya atau sekedar menulis tentang mereka. Sama dengan A, di Jejos Y statusnya yang sudah berkeluarga itu tertera dengan jelas, bahkan foto keluarganya bisa dilihat oleh semua orang tanpa batasan privasi sedikitpun.

C juga mempunyai pacar yang dikenal di Jejos X. Berbeda dengan A dan B, C beberapa kali menuliskan tentang hubungannya di Jejos X. Bahkan fotonya bersama sang pacar juga pernah dipasangnya. Ada yang menganggapnya terlalu terbuka dengan kehidupan pribadinya tersebut di Jejos X. Sebaliknya di Jejos Y, C tidak mencantumkan status hubungannya meski pacarnya juga mempunyai akun di sana.

Dari contoh perilaku tiga orang di atas, nilai dan batasan sebuah privasi menjadi sesuatu yang relative sifatnya. Perbedaan yang berlawanan ada pada B dan C, keduanya mempunyai pilihan sendiri-sendiri di Jejos mana mereka membuka kehidupan pribadi mereka. Di mata para pemilik akun Jejos X, B mendapat penilaian positif sebagai orang yang melindungi keluarganya dari sorotan dunia maya. C sebaliknya, dia mendapat penilaian negative sebagai orang yang terlalu terbuka dengan kehidupan pribadinya. Namun di mata para pemilik akun Jejos Y, penilaian yang didapat B dan C menjadi tertukar.
Untuk A sendiri, baik di Jejos X dan Y dia mendapat penilaian sebagai orang yang terbuka dengan kehidupan pribadinya.

Jadi pesan yang ingin saya sampaikan melalui tulisan ini adalah setiap orang mempunyai pilihan masing-masing di mana dia akan membuka kehidupan pribadinya. Biasanya pilihan itu didasarkan atas dasar keakraban dan kenyamanan yang dirasakan di jejaring sosial tersebut. Munculnya sebuah penilaian positif atau negative memang tidak dapat terelakkan namun yang terpenting adalah kita harus menghargai pilihan setiap orang.

*sebuah tulisan sotoy di sore hari yang cerah*
**gambar diambil dari sini.

Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

84 responses »

  1. elywidya berkata:

    ABCD XY bikin bingung ah..*balikkerjalagi

  2. yudiarni berkata:

    jadinya mah suka-suka yah mau buka-buka’an di mana wae…

  3. tintin1868 berkata:

    xyz.. aahh jadi baca abjad lagi..

  4. siantiek berkata:

    gw punya temen tuh si B. Dia & sang bini ga nulis relationship status. Di tempat dia ga pernah posting foto kel sedangkan di tempat bininya ada foto kel minus dia. Beberapa orang nyangka dia masih single.

  5. nawhi berkata:

    bambangpriantono said: Pertamaz ah

    pancet ae πŸ˜›

  6. nawhi berkata:

    elywidya said: ABCD XY bikin bingung ah..*balikkerjalagi

    sengaja aku tulis ABCD biar ga terbatas gendernya.masa cuma gitu aja bingung, ga fokus sih membacanya, ingat yang di kendari mulu :))

  7. ekape berkata:

    Setuja untuk poin pilihan tergantung kenyamanan seseorang terhadap Jejos dimana seseorang beredar *awalnyapuyengdenganABCXYserasasoalpersamaanmatematikaaja πŸ˜€

  8. nawhi berkata:

    yudiarni said: jadinya mah suka-suka yah mau buka-buka’an di mana wae…

    yoo’iiiii, jadi jangan mukul rata seseorang suka buka-bukaan di semua jejos.

  9. nawhi berkata:

    tintin1868 said: xyz.. aahh jadi baca abjad lagi..

    lha selama ini membaca apa Mbak kalo bukan abjad πŸ˜€

  10. nawhi berkata:

    siantiek said: Beberapa orang nyangka dia masih single.

    jangan-jangan emang dia penginnya gitu, biar bisa melabak hohohoho*komporin*

  11. nawhi berkata:

    rirhikyu said: puyeng

    baca lagi yang cermat.

  12. siantiek berkata:

    nawhi said: jangan-jangan emang dia penginnya gitu, biar bisa melabak hohohoho*komporin*

    hush jangan suudzon :P, kata ustadz

  13. elywidya berkata:

    nawhi said: sengaja aku tulis ABCD biar ga terbatas gendernya.masa cuma gitu aja bingung, ga fokus sih membacanya, ingat yang di kendari mulu :))

    u know me so well lah mas :-p

  14. nawhi berkata:

    ekape said: *awalnyapuyengdenganABCXYserasasoalpersamaanmatematikaaja πŸ˜€

    wekekekeke mpe puyeng-puyeng segala, neh minum obat anti puyeng πŸ˜›

  15. ekape berkata:

    nawhi said: obat anti puyeng πŸ˜›

    cap keliling tujuh kali? duh

  16. arsitaarsita berkata:

    gw ngertilah kesimpulannya….tapi ABCnya mumet heheheheh

  17. t4mp4h berkata:

    Sah-sah aja sih kalau orang mau menyembunyikan identitasnya. Ada banyak alasan untuk itu, dan kita gak perlu berprasangka akan hal itu. Saya sendiri awalnya tipe anonim, tapi karena terlanjur go public ya jadi samar-samarlah anonimnya. Yang paling rese itu adalah kalau ada pihak yang lantas SKSD atau berupaya membocorkan privasinya. Semisal menyebut nama asilnya, atau nama pasangannya, nama keluarganya. Apalagi kalau itu terjadi sudah lintas jejaring sosial (misal kenal di MP terus buka privasi orang di FB). Makanya sorry to say, kalau ada teman MP yang ngeadd saya di jaring sosial lain ada yang saya tolak, selain soal privasi saya juga gak mau berteman dengan manusia yang cuma itu-itu aja.

  18. nawhi berkata:

    arsitaarsita said: gw ngertilah kesimpulannya….tapi ABCnya mumet heheheheh

    Syukurlah kalo ngerti, duh masa mumet sih he3diganti apa dong biar ga mumet?

  19. debapirez berkata:

    nawhi said: meski di Jejos X sudah menjadi rahasia umum jika dia sudah berkeluarga namun dia sama sekali tak pernah memasang foto anggota keluarganya atau sekedar menulis tentang mereka

    nyindir gw neh?hahaha…

  20. nawhi berkata:

    t4mp4h said: Makanya sorry to say, kalau ada teman MP yang ngeadd saya di jaring sosial lain ada yang saya tolak, selain soal privasi saya juga gak mau berteman dengan manusia yang cuma itu-itu aja.

    tuh dengerin semua he he hekalau saya sih nggak masalah temenan sama yang itu-itu aja, karena aura tiap jejos beda Mas.lagian saya nggak begitu aktif di FB, jadi tujuan tetep temenan sama anak MP yang punya FB adalah biar tetep keep contact kalo MP lagi eror.

  21. arsitaarsita berkata:

    nawhi said: Syukurlah kalo ngerti, duh masa mumet sih he3diganti apa dong biar ga mumet?

    hahaha mbuh yo…mbuh otakku sing lagi ra isoh mikir rodo ruwet sitik opo emang dasare bolot. Tapi kalo option nomor dua sih, keknya enggak<———kepedean

  22. siantiek berkata:

    nawhi said: tuh dengerin semua he he hekalau saya sih nggak masalah temenan sama yang itu-itu aja, karena aura tiap jejos beda Mas.lagian saya nggak begitu aktif di FB, jadi tujuan tetep temenan sama anak MP yang punya FB adalah biar tetep keep contact kalo MP lagi eror.

    iyaaaaaa ga minat jg sih ngeadd Ihwan πŸ˜›

  23. nawhi berkata:

    debapirez said: nyindir gw neh?hahaha…

    *krik-krik-krik*

  24. pennygata berkata:

    Dulu aku diMP teman2 ngumpul rendeng2 pindah keFB, abis gitu rendeng2 lagi pindah ke twitter.Ttp ctc diFB yang paling banyak, MP segitu2 ajah gak nambah2, twitter jg aku gak terlalu suka nambah2 follower atau ngefollow org.Tapi tetep MP yg paling enak buat share2 macem2 meski diMP ini banyak yg orgnya ya baru ketemu diMP bukan udah kenal sebelumnya, gak kayak diFB dr kelg, ex temen sekolah dr TK,SD,SMP,SMA smpe kuliah, temen kerja, temen gereja, sampe tetangga..tp malah ndak nyaman buat share.Kalo twitter, itu tmpt nyampah n ngoceh sesuka hati yg pendek2 ajah.. Hhehehehe

  25. nawhi berkata:

    siantiek said: ga minat jg sih ngeadd Ihwan πŸ˜›

    iiih awas ya ntar aku block dikau :))

  26. fendikristin berkata:

    coba disebut pake nama jelas Mas Ihwan..biar nga puyeng hahahhaha

  27. pennygata berkata:

    Wan, gara2 baca ABC nXYZ kenapa jdi inget pelajaran matematika dSMA ya? Smbu XYZ tarik garis, buat titik2 jd bidang 3demensi :)))

  28. nawhi berkata:

    pennygata said: Tapi tetep MP yg paling enak buat share2 macem2 meski diMP ini banyak yg orgnya ya baru ketemu diMP bukan udah kenal sebelumnya,

    iya Mbak aku juga merasakan hal yang sama, niatnya emang sharing segala sesuatu entah itu senang sedih bahagia trus kan bisa disetting privacy-nya. kalo menurutku yang punya akun di MP mayoritas lebih dewasa pemikirannya dibandingkan di FB jadi aku juga bisa dapet masukan yang bagus.

  29. darnia berkata:

    rirhikyu said: puyeng

    sama*menghela napas*

  30. anotherorion berkata:

    MP jejosXmu apa Y mu wan?

  31. nawhi berkata:

    fendikristin said: coba disebut pake nama jelas Mas Ihwan..biar nga puyeng hahahhaha

    ow tidabisaaa, ini kode etik jurnalistik πŸ˜›

  32. nawhi berkata:

    pennygata said: Wan, gara2 baca ABC nXYZ kenapa jdi inget pelajaran matematika dSMA ya? Smbu XYZ tarik garis, buat titik2 jd bidang 3demensi :)))

    wekekekeke yo ga apa-apa, itung-itung nostagila masa-masa mumet mikir matekmatekan :))

  33. nawhi berkata:

    darnia said: sama*menghela napas*

    hmm masa sih seorang Dani yang jago nulis2 serius di MP membaca gini aja mumet?

  34. nawhi berkata:

    anotherorion said: MP jejosXmu apa Y mu wan?

    pertanyaan yang memancing ini πŸ˜›

  35. darnia berkata:

    nawhi said: hmm masa sih seorang Dani yang jago nulis2 serius di MP membaca gini aja mumet?

    mumet, Mas..habis mabok ganteng (bukan sama yang punya lapak ini tapinya)

  36. nawhi berkata:

    darnia said: mumet, Mas..habis mabok ganteng (bukan sama yang punya lapak ini tapinya)

    yo wes lah ag opo-opo, padahal ini lagi latian mau nulis yang seriusan dikit, biar ga curcol mulu :Ptapi aku ganteng kaaan? :))

  37. grasakgrusuk berkata:

    Ya gitu deh..Fb aku punya 2, temen dunmay sm temen nyata.. Tp jarang d liat yg nyata..

  38. t4mp4h berkata:

    nawhi said: tetep temenan sama anak MP yang punya FB adalah biar tetep keep contact kalo MP lagi eror.

    Server down juga paling cuma brapa jam, tapi efeknya kalau ngaco di socmed lain bisa berkepanjangan tuh. Saya sih cuma karena liat pengalaman beberapa orang aja yg ngalami kaya gitu. Pertemanan yang cuma itu-2 aja juga gak nambah wawasan dan akhirnya malah membosankan. Oiya satu lagi, paling bete kalau di socmed lain ada yg mention/paging bebarengan sama temennya yg gak kita kenal lantas kita menjadi bulan-bulanan disana. Ini ibarat ketemu temen di prapatan terus kita diledekin di depan teman-2nya (yg gak kita kenal) dan teman2nya itu ikut ngledekin kita juga. Ini juga sebetulnya melanggar privasi.

  39. m4s0k3 berkata:

    Lagi puyeng malah dapet ABCDWXYZ. Tapi intinya ngerti. Dan lo ngeadd FB gw.. Err.. Di MP aja lah ya πŸ™‚

  40. debapirez berkata:

    t4mp4h said: Oiya satu lagi, paling bete kalau di socmed lain ada yg mention/paging bebarengan sama temennya yg gak kita kenal lantas kita menjadi bulan-bulanan disana

    di twitter sering tuh kayak gt. gw pernah ngalamin. gw tantangin aja, kalau berani head-to-head, jgn panggil ababil2 loe hehehe….

  41. nawhi berkata:

    Yasdi: Ga jadi kok tadi itu, cuma liat2 aja. wah FB-nya adu-adu πŸ˜€

  42. nawhi berkata:

    Wewet: aku tadi juga liat2 FB-mu Wet πŸ˜€

  43. nawhi berkata:

    ikhwati: ya udah langsung baca intinya aja yg ada di bawah.

  44. dekmaniezt berkata:

    Maklum artis…Makin di keep, makin punya nilaiHyaakkk*tutup mata, lari ke kebon*

  45. darnia berkata:

    dekmaniezt said: Maklum artis…Makin di keep, makin punya nilaiHyaakkk*tutup mata, lari ke kebon*

    ini yang pengalaman banget :D– diseruduk kebo —

  46. nawhi berkata:

    setuju sama Dani.

  47. ayanapunya berkata:

    Kukira td tentang si A yg punya hubungan dgn B yg jg pacar si C#ekspektasi berlebihan

  48. nitafebri berkata:

    Ini pake XYZ mbingungiganti aja jadi X = IhwanY = priyoZ = bambangbukannya karakter berjejaring 3 orang ini udah beda πŸ˜€

  49. kakrahmah berkata:

    Puyeng liat simbol2 ..*nuang sirup ABC πŸ™‚

  50. dekmaniezt berkata:

    *nyeruduk Dani pake Nawhi*

  51. wib711 berkata:

    masih ada privasi gitu di salah satu jejaring sosial kayak MP ini??

  52. wib711 berkata:

    t4mp4h said: Sah-sah aja sih kalau orang mau menyembunyikan identitasnya. Ada banyak alasan untuk itu, dan kita gak perlu berprasangka akan hal itu.Saya sendiri awalnya tipe anonim, tapi karena terlanjur go public ya jadi samar-samarlah anonimnya. Yang paling rese itu adalah kalau ada pihak yang lantas SKSD atau berupaya membocorkan privasinya.

    *ngelirik sadakonita aka nita febri… lalalalala…*Thanks kang Tampah mewakili isi hati saya πŸ˜€

  53. jadi,,, rumus pytagoras bisa dipake disini niy?AB = AC + BChasil akhirnya X gt?;-p

  54. dekmaniezt berkata:

    Gw jg setuju ama paman t4mp4h *yang diquote kakanda wib*Gile aje lu ndro. Deket kagak, bru kenal. Uda maen bocor identity aja ke publik. Siape eluuuuu…prek cuiwh.Dah dikasi tau, malah nyolot pulak.*karna itu mending ngadem ke palung laut*soalnya mau nonjok di maya, gak bakal kerasa tonjokannya#curhatan dari korban bullying identity#

  55. anotherorion berkata:

    nitafebri said: Ini pake XYZ mbingungiganti aja jadi X = IhwanY = priyoZ = bambangbukannya karakter berjejaring 3 orang ini udah beda πŸ˜€

    kuarepeeeeeeeeeeeeeee

  56. bambangpriantono berkata:

    anotherorion said: kuarepeeeeeeeeeeeeeee

    idem

  57. nitafebri berkata:

    Hahaha…Wibiii iteeem…Pokoknya dikau masih dalam list mencurigakan yeeecak nono, priyo, n ihwan kan kalian tiga sekawan n ga ada salahnya toh di comot dulu buat di jadiin tokoh. Biar gak mbingungi toh

  58. onit berkata:

    nawhi said: Di mata para pemilik akun Jejos X, B mendapat penilaian positif sebagai orang yang melindungi keluarganya dari sorotan dunia maya. C sebaliknya, dia mendapat penilaian negative sebagai orang yang terlalu terbuka dengan kehidupan pribadinya.Β  Namun di mata para pemilik akun Jejos Y, penilaian yang didapatΒ  B dan C menjadi tertukar.

    kayaknya kamu dulu pernah bahas ini ya wan?ada kasus tentang org yg mirip si b/c ini..di satu jejos kontaknya dikit, maka ia terbuka. di jejos lain kontaknya banyak, maka ia tertutup.ada juga yg di satu jejos pake nama samaran, sehingga berani terbuka. di jejos lain pake nama asli, sehingga dia tertutup.

  59. arsitaarsita berkata:

    Tapi si Muka Buku ini manfaatnya gede banget loh, bisa menjalin silaturahmi dengan kawan lama, saudara jauh, musuh lama, atopun mantan pacar (hallah).Newsfeednya kan msih bisa dikendalikan, dengan tidak mengaapprove sembarangan orang <—-ya itu tadi untuk jaga privasi ama kenyamanan baca newsfeed.So far gw sih gitu, filter approval di FB begitu ketat, rata rata hanya untuk orang yg pernah ketemu.

  60. ivoniezahra berkata:

    Kalau mas Ihwan maunya gmana ntar? πŸ˜€

  61. museliem berkata:

    berasa baca soal cerita pelajaran matematika….

  62. museliem berkata:

    lho kok ga bisa komen?

  63. nawhi berkata:

    ayanapunya said: Kukira td tentang si A yg punya hubungan dgn B yg jg pacar si C#ekspektasi berlebihan

    efek overdosis reality show πŸ˜›

  64. nawhi berkata:

    nitafebri said: Z = bambang

    apa ini statement tidak langsung kalo Mas Bambang dapat pacar di MP? πŸ˜‰

  65. nawhi berkata:

    kakrahmah said: *nuang sirup ABC πŸ™‚

    promosiiiiii

  66. nawhi berkata:

    wib711 said: masih ada privasi gitu di salah satu jejaring sosial kayak MP ini??

    masih, kan bisa disetting Om siapa aja yang bisa lihat.

  67. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: AB = AC + BC

    ini ruwet rumusnya πŸ˜›

  68. nawhi berkata:

    dekmaniezt said: korban bullying

    kayaknya semua pasti menyangsikan hal ini.

  69. nawhi berkata:

    jampang said: ho oh… bingung

    πŸ˜›

  70. nawhi berkata:

    nitafebri said: cak nono, priyo, n ihwan kan kalian tiga sekawan n ga ada salahnya toh di comot dulu buat di jadiin tokoh. Biar gak mbingungi toh

    oo tidabisa, ntar persepsi orang-orang mengira itu kisah kami beneran πŸ˜€

  71. nawhi berkata:

    onit said: ayaknya kamu dulu pernah bahas ini ya wan?

    pernah ya, aku kok lupa yo Nit.saking kebanyakan jurnalnya xixixixixi

  72. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: Kalau mas Ihwan maunya gmana ntar? πŸ˜€

    ntar aja dibahas langsung πŸ™‚

  73. nawhi berkata:

    museliem said: berasa baca soal cerita pelajaran matematika….

    trus udah ketemu belum hasilnya? πŸ˜€

  74. nawhi berkata:

    museliem said: lho kok ga bisa komen?

    bisa gitu lhoo

  75. trewelu berkata:

    belajar dari teman2 yang akun jejosnya kena crack orang dan dipake buat nyomotin duit dari kontaknya, saya juga jadi lebih ati2 sih kalo mau crita2 dan bagi2 info πŸ˜€

  76. nawhi berkata:

    trewelu said: belajar dari teman2 yang akun jejosnya kena crack orang dan dipake buat nyomotin duit dari kontaknya,

    waduh jangan sampe terjadi sama kita semua Mbak.

  77. thebimz berkata:

    aku ga pernah menceritakan kehidupan pribadiku di MP, FB.. cuma sedikit di twitter πŸ˜€

  78. thebimz berkata:

    nawhi said: pantengin ywitter aaah

    itu juga kebanyakan ngomongin sepakbola :p

  79. nawhi berkata:

    ibuseno said: setuju..

    siiip.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s