Lahir dan dibesarkan sebagai orang Jawa membuat saya harus menemui larangan atau pantangan dari orangtua atau kerabat. Larangan atau pantangan ini kalau tidak dipatuhi atau dihindari menurut mereka akan menimbulkan akibat buruk bagi kita. Kadang ada yang masuk akal tapi lebih banyak juga yang tidak bisa dinalar dengan akal sehat.

Beberapa larangan yang saya tahu misalnya:
• Jangan berfoto dengan jumlah tiga orang karena jika di antara tiga orang itu ada masalah maka yang paling muda biasanya yang akan kalah. Di keluarga saya sangat mematuhi larangan ini, kalau berfoto bener-bener nggak boleh jumlahnya tiga orang.
Kalau saya pribadi sih nggak mau mempermasalahkannya, kalau berfoto sama teman-teman gitu umpama jumlahnya hanya tiga ya mau gimana lagi. Lha ntar umpama baru punya anak satu, masa nggak boleh foto bertiga?
• Kalau masih bujang/perawan jangan makan sambil jalan nanti susah ketemu jodohnya. Sampai sekarang saya nggak menemukan korelasi antara makan sambil jalan dengan jodoh.
• Kalau masih bujang/perawan jangan duduk atau berdiri di pintu nanti susah ketemu jodohnya. Ini juga sama, masih nggak nemu korelasinya.
• Jangan duduk di atas bantal nanti bisulan 😀
Saya dulu sempat melanggar dan ternyata kejadian beneran, pas kecil lumayan sering bisulan

Nah pas hari Minggu yang lalu saya sama Ivon ceritanya pergi refreshing ke salah satu pantai di Blitar, namanya Pantai Jolosutro. Pantainya sendiri letaknya sangat jauh, memakan waktu perjalanan hampir satu jam. Medan yang dilalui juga cukup sulit dengan jalan yang menurun dan berkelok-kelok serta pasir yang bikin motor terjebak atau selip jika tidak berhati-hati melaluinya.

Ketika sudah pulang ke rumah dan ditanyai sama Ibunya Ivon, saya pun menjawab kalau habis main dari pantai.
“Kok main ke pantai sih, tahu gitu Ibu pasti melarang, apalagi ke Pantai Jolosutro.”
“Lho memangnya kenapa, Bu?”
“Kalian itu kan sulung sama bungsu nggak boleh pergi ke pantai.”
“Trus kenapa Bu?”
“Ya pokoknya nggak boleh Wan, bahaya. Apalagi pantai Jolosutro itu kan tempatnya orang cari pesugihan.”

Weks, saya jadi kaget juga dengernya dan langsung melirik si Guide yang tadi nggak bilang-bilang kalau tuh pantai biasa dipakai untuk ritual pesugihan.

Karena tak puas dengan jawaban Ibunya Ivon, maka setelah sampai di Malang saya bertanya pada Bulek. Beliau juga membenarkan bahwa pasangan yang terdiri dari anak bungsu dan sulung itu nggak boleh pergi ke pantai. Kakak saya nomer satu ikut memberi testimony kalau dia dulu sama mantannya juga nggak berani pergi ke pantai karena dia sulung dan mantannya bungsu.

“Tapi ntar kalau sudah menikah boleh kan ke pantai?” Tanya saya mencoba menawar.
“Tetep nggak boleh, sampai seterusnya.”
“Lha trus kalau ntar anak-anakku minta pergi ke pantai gimana?”
“Ya nggak usah diajak ke pantai,” jawab Bulek dengan tegas. “Kamu itu kalau dibilangin orang tua jangan suka ngeyel, kalau nggak boleh ya nggak boleh, nggak usah tanya kenapa.”
Saya malah tambah ngeyel jadinya.
“Ya kasihan dong anak-anakku ntar nggak pernah liat pantai. Anak muda jaman sekarang itu beda, nggak bisa kami itu dilarang-larang tanpa ada alasan yang jelas dan masuk akal. Bella (keponakan saya) aja kalau dilarang bisa protes dan bertanya kenapa kok nggak boleh, apalagi aku.”
“Ya wes, pokoknya nggak boleh, titik,” tutup Bulek sambil menghela nafas. Mungkin beliau jadi senewen menasehati keponakan yang suka ngeyel ini

Bagaimana dengan teman-teman dari daerah/suka lain, pasti juga ada larangan atau pantangan yang berlaku. Lalu bagaimana tanggapan kalian? Apakah kalian mematuhinya atau tidak? 😀

Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

106 responses »

  1. rirhikyu berkata:

    aku sama suami, sulung en bungsuke pantai, aman2 aja 😛

  2. elywidya berkata:

    2 keluarga ternta sama2 kejawen banget ya mas 🙂

  3. nawhi berkata:

    rirhikyu said: 1

    belajar ngitung ya Dek Febie? 😛

  4. nawhi berkata:

    rirhikyu said: aku sama suami, sulung en bungsuke pantai, aman2 aja 😛

    Kami berdua kemarin juga Alhamdulillah aman-aman saja meski akunya sempat kesulitan pas melewati jalannya yang medannya berat itu.

  5. bundel berkata:

    Dilarang berfoto bertiga, ndak onok sing mati siji.

  6. nawhi berkata:

    elywidya said: 2 keluarga ternta sama2 kejawen banget ya mas 🙂

    kalo diukur-ukur sih masih kejawenan keluarganya Ivon he3

  7. dieend18 berkata:

    Aku sulung, mas Anang bungsu.. Dan pantai adalah tempat bermain kami 🙂

  8. bundel berkata:

    Korelasi larangan makan sambil jalan dengan perjodohan itu gini : Nabi mengatakan makan harus sopan, yaitu duduk. Jadi demi memperoleh jodoh yang baik, kita harus sopan. Dan kesopanan makan itu adalah jangan sambil jalan. Takut yang kita taksir nganggap kita bukan orang sopan, terus nggak mau dilamar.

  9. ivoniezahra berkata:

    @ely : Makanya dlu ngimpi pengen dpt Luar Jawa biar g kejawen bnget.Ndilalah tetep darah Jawa yg mengalir :)) *kabur*

  10. nawhi berkata:

    bundel said: Dilarang berfoto bertiga, ndak onok sing mati siji.

    Astaghfirullah, mpe segawat itu Bun. Kan hidup mati seseorang hanya Allah yang menentukan.

  11. nawhi berkata:

    dieend18 said: Aku sulung, mas Anang bungsu.. Dan pantai adalah tempat bermain kami 🙂

    Asiiik, dapat temen lagi. Udah ada tiga pasangan sulung-bungsu berarti.

  12. elywidya berkata:

    ivoniezahra said: @ely : Makanya dlu ngimpi pengen dpt Luar Jawa biar g kejawen bnget.Ndilalah tetep darah Jawa yg mengalir :)) *kabur*

    kejarrr pake angkot :-p

  13. ikhwatiislam berkata:

    nawhi said: • Kalau masih bujang/perawan jangan duduk atau berdiri di pintu nanti susah ketemu jodohnya.

    kalo ini korelasinya, mungkin lebih ke “menghalang2i” orang lewat, jadi pas ada yg mau ngelamar ngliat si cewek/ cowok (di padang/india, cowok yg kena lamaran cewek). duduk di dpn pintu, trus muleh mbalik ndalan, *analisa ngawur =))kalo Sulung-Bungsu gak boleh ke pantai, pasangan mba’ku aman2 aja, malah sering ke pantai :))

  14. nawhi berkata:

    bundel said: Korelasi larangan makan sambil jalan dengan perjodohan itu gini : Nabi mengatakan makan harus sopan, yaitu duduk. Jadi demi memperoleh jodoh yang baik, kita harus sopan. Dan kesopanan makan itu adalah jangan sambil jalan. Takut yang kita taksir nganggap kita bukan orang sopan, terus nggak mau dilamar.

    Makasih atas penjelasannya Bun, saya juga sempat mau mengait-ngaitkan ke situ.kalo kebiasaan buruk saya yang suka diprotesin adalah minum pake tangan kiri pas lagi sibuk ngetik atau apa, habis refleks sih.

  15. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: @ely : Makanya dlu ngimpi pengen dpt Luar Jawa biar g kejawen bnget.Ndilalah tetep darah Jawa yg mengalir :)) *kabur*

    tapi aku ada tampang-tampang Arabnya lhooo :))*opo hubungane Wan*

  16. nawhi berkata:

    elywidya said: kejarrr pake angkot :-p

    ayo Ly ditangkep trus digelitikin 😀

  17. nawhi berkata:

    ikhwatiislam said: kalo Sulung-Bungsu gak boleh ke pantai, pasangan mba’ku aman2 aja, malah sering ke pantai :))

    tambah satu lagi.

  18. ivoniezahra berkata:

    sengaja bumbu Arab-nya kuumpetin 😛

  19. rengganiez berkata:

    ak foto berempat ama temenku, tapi satunya dijemput duluan ama yang kuasa

  20. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: sengaja bumbu Arab-nya kuumpetin 😛

    justru itu yang bikin beda tiada duanya 😀

  21. nawhi berkata:

    rengganiez said: ak foto berempat ama temenku, tapi satunya dijemput duluan ama yang kuasa

    tuh kan, yang namanya hidup-mati seseorang memang hanya Allah kan Mbak yang menentukan.

  22. thetrueideas berkata:

    tahayul….dan sebagai muslim, kita dilarang percaya akan tahayul: Sawanen, Tahayul Masa Kecil Yang Tak Terbukti.

  23. srisariningdiyah berkata:

    banyakkkk mitos hahahatapi aku sih santay aja dwehhhh kalo ga ketahuan ya wessss bablassss ngakngakkkkkk

  24. nawhi berkata:

    thetrueideas said: tahayul….dan sebagai muslim, kita dilarang percaya akan tahayul: Sawanen, Tahayul Masa Kecil Yang Tak Terbukti.

    iya Mas, makasih sudah share.

  25. srisariningdiyah berkata:

    cuma kalo yang sampe melanggar batas kesopanan atau etika sih, ya aku gak berani lah melanggar heheyah dipikir2 lagi dweh logis enggaknya

  26. srisariningdiyah berkata:

    kalo makan sambil jalan di kamar sendiri sehhhh ngapain juga dipikirin xixixixx

  27. nawhi berkata:

    srisariningdiyah said: banyakkkk mitos hahahatapi aku sih santay aja dwehhhh kalo ga ketahuan ya wessss bablassss ngakngakkkkkk

    Mbak Arie kan keturunan Solo pasti lebih kejawen tuh he3sama, kemarin kan nggak tahu ya wes nggak apa-apa.

  28. fendikristin berkata:

    btw, makan sambil jalan mana enak sih Mas Ihwan..nga bisa menikmati makanan-nya hihihihiaku sih mitos kalo yang baik2 dan masih bisa dijalankan ya dijalankan tapi kalo kayaknya uda nga masuk akal..doa aja sama yang Maha Kuasa 🙂

  29. srisariningdiyah berkata:

    halah waktu aku kecil semua anak2 bapak ibu diajak jalan2 melulu kemana2 termasuk ke pantai :))

  30. rengganiez berkata:

    jangan nyapu tengah malam, nanti pak Lurah cepet kaya…katanya gituNah skg lebih seringnya nyapu tengah malam, gak papa deh pak Lurah kaya..itung2 amal 🙂

  31. fendikristin berkata:

    nawhi said: Kalian itu kan sulung sama bungsu nggak boleh pergi ke pantai

    waduh..kalo anak-nya cuman 2 kayak saya sama adek saya nga boleh ke pantai donk ya?

  32. srisariningdiyah berkata:

    hahahaha aku sering nyapu ngepel tengah malem, wong pulang kantor jam segitu mo gimanaaaaa

  33. nawhi berkata:

    srisariningdiyah said: cuma kalo yang sampe melanggar batas kesopanan atau etika sih, ya aku gak berani lah melanggar heheyah dipikir2 lagi dweh logis enggaknya

    betul Mbak, setuju banget aku.

  34. nawhi berkata:

    srisariningdiyah said: kalo makan sambil jalan di kamar sendiri sehhhh ngapain juga dipikirin xixixixx

    *ngikik*iso-sio ae MBak Arie iki

  35. siantiek berkata:

    ah di negeri Indonesia ini banyak banggget pantangan2nya capek kalo mo ngikutin semua :SKalau masih bs diterima dgn logika sih ya terima aja, krn kadang sebenernya pantangan itu ada benarnya, seperti ga boleh duduk di pintu ya iyalah ngalangin orang lewat-lewat lah, berlaku buat semua orang ga cm buat jomblo aja :DGa boleh makan sambil jalan, memang dalam agama kita diajarkan untuk makan, minum itu sambil duduk & dengan tangan kanan kan? Kalo anak gadis nyapu ga bersih nanti dapet yg brewokan, laaah kalo udah nyapu bersih, tapi emang demennnya sm yg begitu gmn ? 😀

  36. rengganiez berkata:

    kalo nyapu yang bersih, nanti kalo gak bersih suaminya brewoken katanya….

  37. nawhi berkata:

    fendikristin said: btw, makan sambil jalan mana enak sih Mas Ihwan..nga bisa menikmati makanan-nya hihihihi

    misalnya kayak beli kue, gorengan, minuman atau esk krim gitu kan biasanya sambil jalan ngobrol-ngobrol nikmatinnya.

  38. srisariningdiyah berkata:

    nawhi said: misalnya kayak beli kue, gorengan, minuman atau esk krim gitu kan biasanya sambil jalan ngobrol-ngobrol nikmatinnya.

    ati2 keselek

  39. jampang berkata:

    biasanya pantangan dan larangan itu ada hal yang positif di dalamnya semisal duduk di pintu atau anak tangga kan sebenarnya menggangu orang yang mau lewat. cuma orang2 tua dulu maunya gampang aja ngaitin sama yg nggak2… atau mungkin biar langsung didengerin sama anaknya.

  40. nawhi berkata:

    srisariningdiyah said: halah waktu aku kecil semua anak2 bapak ibu diajak jalan2 melulu kemana2 termasuk ke pantai :))

    nggak heran ya kalau sekarang Mbak Arie suka melancong kesana kemari.

  41. nawhi berkata:

    rengganiez said: jangan nyapu tengah malam, nanti pak Lurah cepet kaya…katanya gitu

    kalo versi keluargaku katanya sama dengan menyapu rejeki, makanya kalau nyapu malam hari disuruh ngucap atau mbatin: aku niat nyapu kotoran bukan rejeki.

  42. fendikristin berkata:

    rengganiez said: kalo nyapu yang bersih, nanti kalo gak bersih suaminya brewoken katanya….

    kebolak kali Mbak Niez..kalo makan-nya nga bersih piring-nya ntar dapet suami brewokan hahahhaha

  43. fendikristin berkata:

    nawhi said: misalnya kayak beli kue, gorengan, minuman atau esk krim gitu kan biasanya sambil jalan ngobrol-ngobrol nikmatinnya.

    oohhhhh berarti mitos ini bilang makan apa aja musti duduk takut keselek dan takut tumpah rugi kan kalo tumpah hahahaha

  44. rengganiez berkata:

    nawhi said: kalo versi keluargaku katanya sama dengan menyapu rejeki, makanya kalau nyapu malam hari disuruh ngucap atau mbatin: aku niat nyapu kotoran bukan rejeki.

    *haduah..maap ak ketawa nih*coba kalo dipikir2 dulu mungkin itu ada pantangan karena khan rumah2 masih di ndeso, lalu kalo tiba2 tengah malam nyapu di halaman, apa gak dipikir makhluk jadi2an..:-))

  45. nawhi berkata:

    fendikristin said: waduh..kalo anak-nya cuman 2 kayak saya sama adek saya nga boleh ke pantai donk ya?

    maksudnya yang pasangan Mbak, kayak kami: ivon itu sulung sedang saya bungsu.

  46. rengganiez berkata:

    fendikristin said: kebolak kali Mbak Niez..kalo makan-nya nga bersih piring-nya ntar dapet suami brewokan hahahhaha

    aku kalo makan selalu bersih kokkk *doyann*:-)

  47. tintin1868 berkata:

    waduh sama deh banyak pantangannya.. tapiiii tergantung sikon sih ya.. ku dulu sampe takut foto bertiga, sebab nanti ada yang mati yang difoto ditengah.. sekarang sih cuek saja.. toh ga ada kejadian habis foto bertiga trus ada yang mati.. soal makan sambil jalan, bener itu kata m.julie..soal berdiri di pintu, karena nanti masuk angin kan? jodohnya kabur..soal sulung-bungsu ke pantai.. ini ada hubungannya dari cerita apa lupa.. pernah juga ada yang bilang sih.. soal bisul karena duduk di bantal, kebetulan aja saat kecil kan kita makan telur mulu jadi bisulan.. sekarang sih engga ya.. tapi masa iya bantal buat kepala dikasih pantat?

  48. nawhi berkata:

    rengganiez said: kalo nyapu yang bersih, nanti kalo gak bersih suaminya brewoken katanya….

    kalau saya ada keturunan brewok, tapi nggak saya cukurin biar ga jadi brewok 😀

  49. nawhi berkata:

    siantiek said: laaah kalo udah nyapu bersih, tapi emang demennnya sm yg begitu gmn ? 😀

    ini pengakuan tersembunyi kayanya hihihi*dijitak*

  50. siantiek berkata:

    nawhi said: ini pengakuan tersembunyi kayanya hihihi*dijitak*

    *jitakin Ihwan *

  51. nawhi berkata:

    fendikristin said: kebolak kali Mbak Niez..kalo makan-nya nga bersih piring-nya ntar dapet suami brewokan hahahhaha

    kalo yang makan cowok gimana? ntar istrinya brewokan juga ahahahaha ga kebayang deh.

  52. siantiek berkata:

    tintin1868 said: tapi masa iya bantal buat kepala dikasih pantat?

    nah logikanya gini kan

  53. nawhi berkata:

    tintin1868 said: soal sulung-bungsu ke pantai.. ini ada hubungannya dari cerita apa lupa.. pernah juga ada yang bilang sih..

    jadi penasaran neh sama ceritanya.kalo di Batu ada coban (air terjun) namanya Coban Rondo, menurut kepercayaan masyarakat sekitar sepasang sejoli yang ke situ bakalan putus. asal usul kepercayaan dari dari cerita jaman dulu, silahkan cek di sini: http://herryshogun.tripod.com/seputar_coban_rondo.htm

  54. ayanapunya berkata:

    jangan belanja hari selasa, jangan potong rambut hari selasa 😀

  55. zaffara berkata:

    Aku sulung suamiku bungsu, jarang ke pantai krn nggk sempet aja ​”̮..hϱ..hϱ..hϱ..”̮..

  56. zaffara berkata:

    Tp mmg harus ada kepenasaranan macam bgini mas Ikhwan, kita jadi tahu knp org2 tua kita dulu bgt memegang teguhi kebiasaan itu. Biarpun ada yg tdk logis, tp setidaknya kita bisa memahami kenapa.

  57. nawhi berkata:

    ayanapunya said: jangan belanja hari selasa, jangan potong rambut hari selasa 😀

    kenapa emang Ya?

  58. nawhi berkata:

    zaffara said: Aku sulung suamiku bungsu, jarang ke pantai krn nggk sempet aja ​”̮..hϱ..hϱ..hϱ..”̮..

    beda ceritanya kalo gitu.

  59. nawhi berkata:

    zaffara said: Tp mmg harus ada kepenasaranan macam bgini mas Ikhwan, kita jadi tahu knp org2 tua kita dulu bgt memegang teguhi kebiasaan itu. Biarpun ada yg tdk logis, tp setidaknya kita bisa memahami kenapa.

    bener Mbak, cuman orang tua kadang suka jengkel mungkin kalau kita tanya-tanya kenapa.bisa jadi mereka juga ga tau kenapa karena dulu nurut-nurut aja sama orangtuanya he3

  60. asasayang berkata:

    di jogja kalo t4 yg ‘terlarang’ buat pasangan itu paris ma prambanan

  61. nawhi berkata:

    asasayang said: di jogja kalo t4 yg ‘terlarang’ buat pasangan itu paris ma prambanan

    apa itu Paris? parangtritis kah? 😀

  62. intan0812 berkata:

    Walah dulu awal2 nikah mertua suka gemes sama aku yg ga bisa dibilangin…. Kalau skrg apa kt dia aku ga bantah tp tetep ga dilakonin 🙂

  63. onit berkata:

    nawhi said: •    Jangan duduk di atas bantal nanti bisulan :DSaya dulu sempat melanggar dan ternyata kejadian beneran, pas kecil lumayan sering bisulan

    wan, pernah denger “self-fulfilling prophecy” ?itu istilah inggris. tapi artinya itu “ramalan yg terjadi sendiri”. maksutnya, itu seperti ramalan, tapi sebetulnya orang secara gak sadar “melakukannya” karena percaya.kepercayaan itu efeknya dahsyat loh, dalam menciptakan kejadian2 dalam hidup kita. kalo kita percaya bahwa kerjaan kita menyenangkan, ya kerja akan senang. kalau ada org nyebelin dan kita percaya “ah efeknya gak bakal panjang” ya masalah cepat beres. kalau ada ortu ngomong “kamu goblok, masak nilai rapor merah gini?” ya si anak akan jadi goblok beneran. kecuali si anak punya ortu lain (kakak/om/tante/nenek/kakek) yg rajin melawan “ramalan” ortunya, misalnya “kamu gak goblok, besok2 pasti rapormu gak akan merah lagi” atau “tenang dek, merah itu cuma tanda bahwa usahamu belum kuat, atau mungkin kurang berdoa, yuk berdoa yuk”, sehingga si anak jadi pede, gak percaya dgn “kegoblokan” itu.apa yg membuat manusia bisa lihat hantu? karena percaya hantu ada.jadi yg membuatmu bisulan setelah duduk di atas bantal, karena kamu percaya itu.banyak pasangan sulung-bungsu pergi ke pantai dan baik2 aja, dan gak ada masalah. aman. krn mereka gak punya kepercayaan2 itu. gak pernah tau/dengar.jadi, kalo kepercayaan2 itu kita enyahkan, dan pikirkan yg positif2, plus minta perlindungan dari tuhan, maka akan aman2 aja (krn keyakinan kita).wuih jadi panjang :p

  64. onit berkata:

    nawhi said: Asiiik, dapat temen lagi. Udah ada tiga pasangan sulung-bungsu berarti.

    tambah lagi tunjuk tangan ^^sulung bungsu juga.maen ke pantai juga dong, cari sinar matahari ^^

  65. nawhi berkata:

    intan0812 said: Kalau skrg apa kt dia aku ga bantah tp tetep ga dilakonin 🙂

    wekekekeke trus kalo ketauan gimana Mbak?

  66. onit berkata:

    nawhi said: kalau saya ada keturunan brewok, tapi nggak saya cukurin biar ga jadi brewok 😀

    kalo dicukurin bisa keluar brewoknya ya wan?*pengensuamibrewok* :p

  67. nawhi berkata:

    onit said: wan, pernah denger “self-fulfilling prophecy” ?itu istilah inggris. tapi artinya itu “ramalan yg terjadi sendiri”. maksutnya, itu seperti ramalan, tapi sebetulnya orang secara gak sadar “melakukannya” karena percaya.kepercayaan itu efeknya dahsyat loh, dalam menciptakan kejadian2 dalam hidup kita.

    baru kali ini denger, makasih Nit atas infonya.hmm kalo gitu mulai sekarang harus berpikiran positif dan percaya hal-hal yang baik aja biar ‘mengundang’ hal-hal yang baik juga. ini seperti di buku the secret ya, dimana kalo kita memancarkan energi (pikiran) positif maka seluruh energi positif di alam akan mengalir ke kita, demikian juga sebaliknya.

  68. nawhi berkata:

    onit said: tambah lagi tunjuk tangan ^^sulung bungsu juga.maen ke pantai juga dong, cari sinar matahari ^^

    siiip makin banyak neh.aku pada dasarnya emang suka ke pantai meski ga bisa renang 😀

  69. mahasiswidudul berkata:

    Pernah mbahas soal itu juga dulu.. Kalo gak salah si dek yg nyebutin berbagai macam mitos2 pamali yg beredar.. Kalo gak salah jurnalku waktu tanyain kenapa mas ku bilang pamali kalo ngasi baju ke pacar, katanya cepet putusnya.. Ampe sekarang masih belom ngerti juga soal itu om..

  70. nawhi berkata:

    onit said: kalo dicukurin bisa keluar brewoknya ya wan?*pengensuamibrewok* :p

    kalo ada keturunan berewok bisa Nit. Kayak jenggotku ini, sejak remaja suka aku cukur jadinya tumbuh lagi dengan jenis rambut yang lebih tebel. sampai capek sendiri kadang, lha baru sehari dicukur udah tumbuh lagi.suruh pake obat penumbuh rambut aja he3

  71. nawhi berkata:

    mahasiswidudul said: pamali kalo ngasi baju ke pacar, katanya cepet putusnya.

    baru kali ini denger, dulu aku belum sempet beliin baju buat mantan2 udah keburu putus mulu ahahahaha.

  72. nawhi berkata:

    onit said: kalau ada ortu ngomong “kamu goblok, masak nilai rapor merah gini?” ya si anak akan jadi goblok beneran. kecuali si anak punya ortu lain (kakak/om/tante/nenek/kakek) yg rajin melawan “ramalan” ortunya, misalnya “kamu gak goblok, besok2 pasti rapormu gak akan merah lagi” atau “tenang dek, merah itu cuma tanda bahwa usahamu belum kuat, atau mungkin kurang berdoa, yuk berdoa yuk”, sehingga si anak jadi pede, gak percaya dgn “kegoblokan” itu.

    sering neh denger atau melihat ortu model gini, kesian sama anaknya karena malah orangtuanya sendiri yang meruntuhkan rasa percaya diri si anak. harusnya kan dibesarkan hati anaknya biar semangat.semoga kelak kita nggak gitu ya Nit.

  73. mahasiswidudul berkata:

    Eh eh.. Aku juga sulung-bungsu om.. Jadi besok2 kalo ketemu doi gak boleh maen ke pante donk? *semoga saja dia gak percaya pamali2 yg gitu.. Hihi*

  74. onit berkata:

    nawhi said: sering neh denger atau melihat ortu model gini, kesian sama anaknya karena malah orangtuanya sendiri yang meruntuhkan rasa percaya diri si anak. harusnya kan dibesarkan hati anaknya biar semangat.semoga kelak kita nggak gitu ya Nit.

    aaaamin ^^

  75. nawhi berkata:

    mahasiswidudul said: Eh eh.. Aku juga sulung-bungsu om.. Jadi besok2 kalo ketemu doi gak boleh maen ke pante donk? *semoga saja dia gak percaya pamali2 yg gitu.. Hihi*

    wah ternyata banyak juga ya he3semoga si mas nggak percaya.

  76. mahasiswidudul berkata:

    Ho’oh.. Semoga saja om :DEh,ternyata banyak yah yang pasangan sulung bungsu.. Adek ku (satu2nya) sama pacarnya aja sulung-bungsu gituh 😀

  77. ibuseno berkata:

    aaah masa sih sulung-bungsu gak boleh ke pantai.. gak indah banget hidup kalo gak ke pantai wan.

  78. nawhi berkata:

    ibuseno said: aaah masa sih sulung-bungsu gak boleh ke pantai.. gak indah banget hidup kalo gak ke pantai wan.

    ya nggak mpe segitunya sih Teh, hanya kasian aja ntar anak2ku kalo ga pernah diajak ke pantaiii.

  79. intan0812 berkata:

    Cuek ajah… Tp mertua ku dah pasrah 🙂 …. Aku soale maen logika, sedangkan dia main patokan primbon… Jd ga nyambung 😀

  80. asasayang berkata:

    ho’oh. . Paris adl bhsa kerennya parangtritis.Eh, pdhl menurut ilmu. . .*apa yah? Lupa*sulung ama bungsu itu ibarat wadah dan tutup. . Saling melengkapi. . Cocok

  81. ivoniezahra berkata:

    @lina : Begt kah?aq dl pernh ke paris dn prambanan sm adith jg tmen2q..eh ndilalah g jdi beneran :))

  82. tintin1868 berkata:

    onit said: “self-fulfilling prophecy” ?

    tadinya mo bilang soal ini juga.. penjabarannya keren oi..

  83. tintin1868 berkata:

    nawhi said: jadi penasaran neh sama ceritanya.kalo di Batu ada coban (air terjun) namanya Coban Rondo, menurut kepercayaan masyarakat sekitar sepasang sejoli yang ke situ bakalan putus. asal usul kepercayaan dari dari cerita jaman dulu, silahkan cek di sini: http://herryshogun.tripod.com/seputar_coban_rondo.htm

    itu sama dengan kalu ke kebon raya bogor jangan berduaan, ntar ga jadian.. kayanya maksudnya sih kalu ke tempat sepisepi gitu dilarang berduaan, karena ada orang ketiga namanya setan.. kita kan bisa tergoda gitu.. itu kan jaman dulu..

  84. trewelu berkata:

    kalo aku yang dibilangin gitu, paling2 jawab ‘malah takut kalo percaya jadinya syirik’ 😀 tapi kalo ibu yang bilang sih gak terlalu berani macem2, soalnya ngualati hahaha, jadi diem2 aja hehehe.

  85. bundel berkata:

    fendikristin said: btw, makan sambil jalan mana enak sih Mas Ihwan..nga bisa menikmati makanan-nya hihihihi

    Betul banget cik Kris, makanya di agama kami diajarkan makan sambil duduk itu yang baik.

  86. bundel berkata:

    nawhi said: misalnya kayak beli kue, gorengan, minuman atau esk krim gitu kan biasanya sambil jalan ngobrol-ngobrol nikmatinnya.

    Kan bisa sambil berhenti dulu, duduk-duduk kalau ada kursi taman atau kursi tempat istirahat di mall. Kalau nggak ada ya berdiri sambil bersandar ke dinding toko. Lebih enak dilihat dan lebih sopan, bukan? Tapi kebersamaan yang asyiknya tetep ada wong bisa sambil ngobrol dengan teman jalannya itu.

  87. bundel berkata:

    nawhi said: jadi penasaran neh sama ceritanya.kalo di Batu ada coban (air terjun) namanya Coban Rondo, menurut kepercayaan masyarakat sekitar sepasang sejoli yang ke situ bakalan putus. asal usul kepercayaan dari dari cerita jaman dulu, silahkan cek di sini: http://herryshogun.tripod.com/seputar_coban_rondo.htm

    Ada lagi cerita soal Coban Rondo itu di sini http://kampoengmanik.multiply.com/photos/album/74/COBANRONDO_KISAH_SEDIH_PENGANTIN_BARU. Foto-fotonya bagus bikin kepengin wisata ke sana deh.

  88. bundel berkata:

    mahasiswidudul said: Pernah mbahas soal itu juga dulu.. Kalo gak salah si dek yg nyebutin berbagai macam mitos2 pamali yg beredar.. Kalo gak salah jurnalku waktu tanyain kenapa mas ku bilang pamali kalo ngasi baju ke pacar, katanya cepet putusnya.. Ampe sekarang masih belom ngerti juga soal itu om..

    Saya waktu HUT ke-17 dikasih baju sama pacar. Putusnya sudah tua, waktu anak-anak kami udah dewasa semua tuh Nin. Jadi gimana ya?! 😛

  89. pesugihan ituapaan sih?

  90. larangan yaaaaa???apa yaaaa???dilarang inget-inget (terlalu dalam) si doi,,ntar jerawatan ;-p

  91. nanazh berkata:

    ke pantailah dan hatimu akan tertambat padanya…http://nanazh.multiply.com/journal/item/205/hatiku_tertambat_pada_pantaimueaaaaaaaaa malah promo postingan nih hahaha

  92. kakrahmah berkata:

    kenapa ya orang dulu suka bikin pantangan2 kayak gitu? soalnya kalo dipikir-pikir lagi, kadang ada yang rada ga logis aja alasannya hehe..

  93. nawhi berkata:

    trewelu said: tapi kalo ibu yang bilang sih gak terlalu berani macem2, soalnya ngualati hahaha, jadi diem2 aja hehehe.

    umpama kayak saya ntar kalau ke pantai lagi diem-diem aja gitu? he3

  94. nawhi berkata:

    bundel said: Foto-fotonya bagus bikin kepengin wisata ke sana deh.

    ironisnya, saya yang tinggal di Malang belum pernah ke sana.tapi bukan karena takut putus sih cuman belum sempat aja.

  95. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: pesugihan ituapaan sih?

    kekayaan Ray, minaaat? 😀

  96. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: dilarang inget-inget (terlalu dalam) si doi,,ntar jerawatan ;-p

    ahahaha ketauan deh kenapa mukanya masih suka jerawatan 😛

  97. nawhi berkata:

    nanazh said: eaaaaaaaaa malah promo postingan nih hahaha

    per baris kena tarif 100 ribu Nas 😛

  98. nawhi berkata:

    kakrahmah said: kenapa ya orang dulu suka bikin pantangan2 kayak gitu? soalnya kalo dipikir-pikir lagi, kadang ada yang rada ga logis aja alasannya hehe..

    jawabannya seperti Mas Rifki (jampang).

  99. nanazh berkata:

    huuuuuuuuuuuuuuuuuu matre nih masnya….

  100. nawhi berkata:

    nanazh said: huuuuuuuuuuuuuuuuuu matre nih masnya….

    wekekekekeke.

  101. debapirez berkata:

    nawhi said: • Kalau masih bujang/perawan jangan makan sambil jalan nanti susah ketemu jodohnya. Sampai sekarang saya nggak menemukan korelasi antara makan sambil jalan dengan jodoh.• Kalau masih bujang/perawan jangan duduk atau berdiri di pintu nanti susah ketemu jodohnya. Ini juga sama, masih nggak nemu korelasinya.

    tuh…dengerin baik2. jangan smp merpati itu lepas dr genggaman 😉

  102. nawhi berkata:

    debapirez said: tuh…dengerin baik2. jangan smp merpati itu lepas dr genggaman 😉

    iya Om…pong :Dkudu diiket ya biar ga lepas?

  103. debapirez berkata:

    nawhi said: iya Om…pong :Dkudu diiket ya biar ga lepas?

    diikat dipohon trus saya yg bebasin. tiba2 dia meluk saya…*uh…jd malu…

  104. ayanapunya berkata:

    nawhi said: kenapa emang Ya?

    katanya belanjaannya nggak awet. nggak tau juga tuh benar apa nggaknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s