Di setiap lingkungan kerja pasti ada perbedaan beban kerja antara bagian yang satu dengan yang lainnya. Ambil contoh di tempat kerja saya, bagian yang memiliki beban kerja yang berat itu menurut saya di bagian pelayanan terutama di bagian locker dan fotokopian. Saya pernah merasakan di dua bagian tersebut. Jika tahun ajaran baru yang namanya locker dan fotokopian tidak pernah sepi dari mahasiswa dan mahasiswi baru yang masih semangat-semangatnya pergi ke perpustakaan.

Beban kerja yang sedang masih ada di bagian pelayanan, yaitu di bagian pintu masuk dan keluar, peminjaman buku dan internet centre. Saya katakan sedang karena meski ada pengunjung yang banyak tidak sampai menguras energy seperti di dua bagian yang saya sebutkan sebelumnya. Lalu di bagian shelving buku juga bisa masuk kategori sedang karena kalau pengunjung sepi otomatis tidak banyak buku yang harus ditata.

Di bagian non pelayanan yang termasuk beban kerja sedang misalnya bagian pengolahan buku dan digitalisasi. Sistem kerja di bagian ini setahu saya memakai target, misalnya dalam sebulan harus melabel buku sebanyak berapa eksemplar buku atau harus men-scan berapa eksemplar thesis atau disertasi. Jika target sudah terpenuhi maka bisa bersantai-santai. Bagian administrasi (TU) juga bisa masuk di sini.

Yang beban kerjanya ringan biasanya di bagian yang petugasnya hanya bertugas menjaga ruangan saja, misalnya di bagian sampoerna corner. Kalaupun melayani itu hanya sebatas memberikan nomer antri pemakaian internet gratis, selebihnya petugasnya bisa santai nonton saluran teve kabel. Saya bisa bicara gitu karena saya pernah beberapa kali jaga di sana he3

Mungkin jika ada teman kerja saya yang membaca tulisan saya ini, terutama di bagian yang saya sebut memiliki beban kerja ringan akan protes dan tidak terima. Saya sendiri juga pernah dikomentari oleh sesame teman kerja kalau kerja saya itu enak di bagian internet, nyantai dan bisa internetan. Iyaa, saya akui emang hal itu benar. Namun jika user sedang banyak, apalagi kalau sendirian nggak ada yang bantuin, rasanya juga panik dan repot banget.

Ibarat pepatah: rumput tetangga biasanya kelihatan lebih hijau. Kita semua biasanya emang gitu, melihat bagian lain yang lebih nyantai kerjanya rasanya kok nggak adil. Kalau menurut saya, tiap bagian mempunyai waktunya sendiri kapan beban kerjanya ringan dan berat. Tapi ada perkecualian untuk bagian fotokopi dan locker karena emang kenyataannya beban kerja di dua bagian itu selalu yang paling berat.

Belakangan ini saya merasakan kadar kemalasan saya meningkat. Kalau di rumah biasanya datang-datang langsung tiduran, trus malam harinya menonton teve. Mau ngetik itu rasanya males banget. Pun di kantor juga gitu, rasanya males ngapa-ngapain kecuali makan he he he. Saya jadi menduga-duga apakah kemalasan saya ini ada hubungannya dengan beban kerja saya yang cenderung sedang ya?

Saya tahu rasa malas ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, apalagi jika saya masih ingin mewujudkan impian menjadi penulis yang sukses. Menjadi penulis itu bebas, tidak ada atasan yang akan memarahi jika kita bermalas-malasan. Semuanya tergantung diri kita sendiri bagaimana menyemangati diri ini agar tetap menulis dan menulis. Masalahnya kita cenderung permisif pada diri sendiri. Aah ntar aja masih capek, aah ntar aja masih seru neh filmnya.

Dan sayangnya sampai sekarang saya masih belum tahu gimana caranya menyingkirkan rasa malas ini huft

*judul blognya kok kayak judul skripsi aja yak

Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

62 responses »

  1. rirhikyu berkata:

    ada masa2nya malassssssen gw lg males 😦

  2. siantiek berkata:

    meuni seriuss pisan judulnya padahal intinya : Ihwan lagi M πŸ˜€

  3. srisariningdiyah berkata:

    kadang males, kadang rajinyah gitu dweh

  4. darnia berkata:

    males itu pengaruh cuaca– nyari kambing item —- mumpung udah deket Kurban —

  5. sicantikdysca berkata:

    rirhikyu said: en gw lg males 😦

    biasanya di trimester awal suka males ya feb πŸ˜€

  6. sicantikdysca berkata:

    aku jg lg malas pdhl msh banyak barang2 yg harus dipacking :(menurutku perlu sesekali malas, menikmati hidup. Halah!

  7. anotherorion berkata:

    garap skripsi ae ben ra males, tapi semua itu berubah ketika negara api menyerang

  8. siantiek berkata:

    anotherorion said: garap skripsi ae ben ra males, tapi semua itu berubah ketika negara api menyerang

    ya ampyuuuun Yo, masiiih ? :-ock..ck..ck..ck…belum sembuh2 :)))

  9. ayanapunya berkata:

    aku sering malas. biasanya baru benar2 kerja kalo udah dikejar deadline πŸ˜€

  10. hildahilda berkata:

    sama nih…suka bgt malasss…hmm….ini ada satu link, setelah googling “obat malas” hehehehee. check it outAda sebuah ungkapan yang sangat dalam maknanya dari Andrie Wongso, Motivator No.1 Indonesia, yang bunyinya; β€œJika kita lunak di dalam, maka dunia luar akan keras kepada kita. Tapi jika kita keras di dalam, maka dunia luar akan lunak kepada kita”. Kata-kata mutiara yang luar biasa ini menegaskan, bahwa jika kita mau bersikap keras pada diri sendiri, dalam arti menempa rasa disiplin dalam berbagai hal, maka banyak hal akan bisa kita kerjakan dengan baik. Sikap keras pada diri sendiri atau disiplin itulah yang umumnya membawa kesuksesan bagi karir para olahragawan dan pekerja profesional yang memang menuntut sikap disiplin dalam banyak hal. Bayangkan, bagaimana seorang atlet bisa menjadi juara jika dia tidak disiplin berlatih? Bagaimana mungkin ada pekerja profesional yang bagus karirnya jika dia sering mangkir atau bolos kerja?Sebaliknya, jika kita terlalu lunak atau memanjakan diri sendiri, memelihara kemalasan, mentolerir kinerja buruk, tidak merasa bersalah jika lalai atau gagal dalam tugas, maka dunia luar akan sangat tidak bersahabat. Olahragawan yang manja pasti tidak akan pernah jadi juara. Seorang sales yang malas tidak akan pernah besar penjualannya. Seorang konsultan yang menolerir kinerja buruk pasti ditinggalkan kliennya. Dan pekerja yang tidak disiplin pasti mudah jadi sasaran PHK. Jika kita lunak pada diri sendiri, maka dunia akan keras pada kita.Rasa malas jelas merugikan. Obat mujarabnya adalah menumbuhkan kebiasaan mendisiplinkan diri dan menjaga kebiasaan positif tersebut. Sekalipun seseorang memiliki cita-cita atau impian yang besar, jika kemalasannya mudah muncul, maka cita-cita atau impian besar itu akan tetap tinggal di alam impian. Jadi, kalau Anda ingin sukses, jangan mempermudah munculnya rasa malas.( semoga bermanfaat … )

  11. hildahilda berkata:

    link yg sama :Cara paling ampuh menghilangkan kemalasan adalah bangkit berdiri dan menghampiri orang-orang yang sedang tekun dan bersemangat melakukan sesuatu. Dekati mereka yang sedang bekerja keras untuk meraih impian-impiannya. Manusia-manusia optimis, self- motivated, punya ambisi, positive thinking, dan memiliki tujuan hidup pasti, umumnya memancarkan aura positif kepada apa pun dan siapa pun di sekelilingnya. Pancaran optimisme dan semangat itulah yang bisa menginspirasi orang lain, bahkan menularkan semangat yang sama sehingga orang lain jadi ikut tergerak.

  12. ikhwatiislam berkata:

    lagi males juga, berurusan dengan interview dan interview lagi, presentasi dan presentasi lagi, rapat dan rapat lagi, fiuuh,,,,, capek 😦

  13. nawhi berkata:

    rirhikyu said: ada masa2nya malassssssen gw lg males 😦

    kayaknya sih gitu, semoga masa-masa males ini segara berakhir.*tendang si males*

  14. nawhi berkata:

    siantiek said: meuni seriuss pisan judulnya padahal intinya : Ihwan lagi M πŸ˜€

    ga sengaja itu judulnya, tadi ngarang-ngarang lha kok jadinya serius gitu.

  15. nawhi berkata:

    srisariningdiyah said: kadang males, kadang rajinyah gitu dweh

    apalagi kalau lagi hamil kayak sekarang ya Mbak, banyak malesnya he3

  16. nawhi berkata:

    darnia said: males itu pengaruh cuaca– nyari kambing item —- mumpung udah deket Kurban —

    kirain pengaruh status :P*cukur jenggot takut ntar keliru dikorbanin*

  17. nawhi berkata:

    sicantikdysca said: biasanya di trimester awal suka males ya feb πŸ˜€

    ga bisa komen, ga pernah n ga bisa ngalamin πŸ˜›

  18. nawhi berkata:

    sicantikdysca said: menurutku perlu sesekali malas, menikmati hidup. Halah!

    hehehehe ada benarnya juga, biar ga dihinggapi rasa bersalah ya.

  19. nawhi berkata:

    anotherorion said: garap skripsi ae ben ra males, tapi semua itu berubah ketika negara api menyerang

    durung wayahe Yo garap skripsi.haiyaaah pancet ae demam avatar, tapi semua itu berubah ketika negara api menyerang :))

  20. nawhi berkata:

    siantiek said: ck..ck..ck..ck…belum sembuh2 :)))

    tapi semua berubah Mbak ketika negara api menyerang aahahahaha ketularan malahan.

  21. nawhi berkata:

    ayanapunya said: biasanya baru benar2 kerja kalo udah dikejar deadline πŸ˜€

    lha kerjaanku ga ada deadline, kerja berdasar ada tidaknya user.kalo nulis baru bisa pasang target, misal tiap tahun kudu nerbitin buku,

  22. nawhi berkata:

    hildahilda said: etelah googling “obat malas” hehehehee. check it out

    makasih atas link-nya n sudah mampir. salam kenal.

  23. nawhi berkata:

    ikhwatiislam said: lagi males juga, berurusan dengan interview dan interview lagi, presentasi dan presentasi lagi, rapat dan rapat lagi, fiuuh,,,,, capek 😦

    udah kerja apa masih kuliah sih?

  24. ikhwatiislam berkata:

    nawhi said: udah kerja apa masih kuliah sih?

    hahaha,,,,masih kuliah, #mindik2 kabur, tkut ada yg ngenali, wkwk

  25. nawhi berkata:

    hildahilda said: β€œJika kita lunak di dalam, maka dunia luar akan keras kepada kita. Tapi jika kita keras di dalam, maka dunia luar akan lunak kepada kita”.

    suka kalimat ini, akan saya ingat2 jika rasa malas makin menjadi-jadi.

  26. rirhikyu berkata:

    sicantikdysca said: biasanya di trimester awal suka males ya feb πŸ˜€

    wkwkwkwkwkwk.. gitu siyyy πŸ™‚

  27. rirhikyu berkata:

    nawhi said: kayaknya sih gitu, semoga masa-masa males ini segara berakhir.*tendang si males*

    gw males sampek 2 taun sebelum akhirnya pindah kerja

  28. nawhi berkata:

    rirhikyu said: gw males sampek 2 taun sebelum akhirnya pindah kerja

    hadeeuuh kalo 2 taun ya kelamaan Feb buatku.emang kenapa kok bisa selama itu? bosen dengan kerjaan lama ya

  29. subhanallahu berkata:

    sedang malas juga… tapi ini sedang kerja…ya gimana dong…

  30. nawhi berkata:

    subhanallahu said: sedang malas juga… tapi ini sedang kerja…ya gimana dong…

    klau dokter ga boleh malas, ntar gimana pasiennya πŸ˜€

  31. subhanallahu berkata:

    nawhi said: klau dokter ga boleh malas, ntar gimana pasiennya πŸ˜€

    ga adil dong, saya juga butuh malas…. *protes

  32. ivoniezahra berkata:

    Mengingat kembli tjuan awal :)misal, pngen pny buku ato novel begt rasa mls nyerang. Jd mikir, kpn jdnya kalu males? :DHayo semangat Ndut, Kayauuu! πŸ˜€

  33. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: Kayauuu!

    iki panggilan opo maneh? πŸ˜€

  34. itsmearni berkata:

    nawhi said: *judul blognya kok kayak judul skripsi aja yak

    aku tadi mo komen beginieh ternyata ang nulis nyadar sendiri xixixi

  35. nawhi berkata:

    itsmearni said: aku tadi mo komen beginieh ternyata ang nulis nyadar sendiri xixixi

    kaciaaan deh keduluan πŸ˜›

  36. debapirez berkata:

    semangat dan terus berkarya. ayo…terbitkan kembali karyamu,Wan.*jarang2 kan gw muji loe hehe…

  37. nawhi berkata:

    debapirez said: semangat dan terus berkarya. ayo…terbitkan kembali karyamu,Wan.*jarang2 kan gw muji loe hehe…

    makasih bro, iya neh jarang2, sesuatu bangett deh.

  38. ivoniezahra berkata:

    Kayau artinya semangat, ndut πŸ˜€

  39. ibuseno berkata:

    kasih tau saya yaaa kalau sudah nemu obat anti malas hehehe

  40. tintin1868 berkata:

    olahraga.. ato minta motivasi deh biar semangat.. ku kalu malas ngantor ya ga ngantor.. bilang aja sama bos malas gitu.. itu kalu kerjaan lagi ga banyak.. pasti cari buku deh kemana..

  41. beanas berkata:

    Kalau dikantorku, bukan hubungan antara beban kerja dengan tingkat kemalasan sam. Tapi hubungan antara working loads dengan besarnya pendapatan yang didapat.. Berbanding terbalikk .. πŸ˜€

  42. srisariningdiyah berkata:

    nawhi said: apalagi kalau lagi hamil kayak sekarang ya Mbak, banyak malesnya he3

    kog tau sihhh???ehehehehe sebenernya bukan males sih, tapi emang ga ada kemampuan hiks… biasanya tubuh penuh semangat berkobar, mau kerja ngapain aja hayuk, sampe begadang juga kemon deh… eh sekarang bangun tidur aja semua tulang rasa ngilu, jalan ke kamar mandi aja tertatih2, mau pake celana panjang aja susahnya bukan maen… eaaa bukan ngeluh seh, tapi gue sekarang maklum kalo ibu2 lagi hamil susah mau ngapa2in, hiks…daripada dipaksa berdampak ke baby, mending ngalah deh kannnnn

  43. museliem berkata:

    Suka sama komennya hildahilda…Eniwe, apapun itu harus dijalanin dengan baik dan jangan mengeluh hehehe πŸ™‚

  44. sahabatry berkata:

    judulnya beraaat banget …… hehehhhe*korelasi X berbanding lurus dengan Y*

  45. dieend18 berkata:

    kalo males ambil cuti aja… trus jalan2 deeh… :))dijamin, waktu masuk kantor lagi pasti makin males… huehehehe….

  46. onit berkata:

    hildahilda said: link yg sama :Cara paling ampuh menghilangkan kemalasan adalah bangkit berdiri dan menghampiri orang-orang yang sedang tekun dan bersemangat melakukan sesuatu. Dekati mereka yang sedang bekerja keras untuk meraih impian-impiannya. Manusia-manusia optimis, self- motivated, punya ambisi, positive thinking, dan memiliki tujuan hidup pasti, umumnya memancarkan aura positif kepada apa pun dan siapa pun di sekelilingnya. Pancaran optimisme dan semangat itulah yang bisa menginspirasi orang lain, bahkan menularkan semangat yang sama sehingga orang lain jadi ikut tergerak.

    setujuuuuuwaktu di kantorku ada orang malas, aku tertular sedikit huh..

  47. fightforfreedom berkata:

    Saat ini sedang “malas untuk santai”. Karena saya tidak ingin menularkan efek negatif kepada lingkungan sekitar.

  48. jampang berkata:

    bisa lah dijadikan skripsi wan πŸ™‚

  49. nawhi berkata:

    ibuseno said: kasih tau saya yaaa kalau sudah nemu obat anti malas hehehe

    itu Mbak udah dikasih tau sama hildahilda.

  50. nawhi berkata:

    tintin1868 said: ku kalu malas ngantor ya ga ngantor.. bilang aja sama bos malas gitu.. itu kalu kerjaan lagi ga banyak.

    wah enaknyaaa, kalo aku mah rame atau sepi warnetnya kudu tetep masuk.

  51. nawhi berkata:

    beanas said: Tapi hubungan antara working loads dengan besarnya pendapatan yang didapat.. Berbanding terbalikk .. πŸ˜€

    lha ya jangan mau dunk Nas, kamu kan kritis orangnya, ayo protess aja. *komporin*

  52. nawhi berkata:

    srisariningdiyah said: aripada dipaksa berdampak ke baby, mending ngalah deh kannnnn

    kan aku tau dari qn-qn seri hamil itu :Piya bener, untuk sekarang dikurangin aja semua aktivitas biar Tije bisa tumbuh maksimal dan lahir dengan sehat selamat.

  53. nawhi berkata:

    fightforfreedom said: Saat ini sedang “malas untuk santai”. Karena saya tidak ingin menularkan efek negatif kepada lingkungan sekitar.

    mantabs, semoga saya bisa menirunya Mas.

  54. nawhi berkata:

    jampang said: bisa lah dijadikan skripsi wan πŸ™‚

    udah ada judul sendiri Mas, tapi keknya yang ini bolehlah, leih ringan pembahasannya.

  55. nanazh berkata:

    huhuhu kirain ada pembahasan ilmiah apa gitu dari mas Ihwan…ternyata………still this is a curhat session with mas Ihwan hehehe…jadi inget kian hari di kantor kok kian berbeban aja nih kangen bermalas-malasan dan ngeksis abis di MP hehehe

  56. nawhi berkata:

    nanazh said: huhuhu kirain ada pembahasan ilmiah apa gitu dari mas Ihwan…ternyata………still this is a curhat session with mas Ihwan hehehe…jadi inget kian hari di kantor kok kian berbeban aja nih kangen bermalas-malasan dan ngeksis abis di MP hehehe

    ahahahaha maapkan kalo judulnya menipu Bung Anas.boljug juga tuh buat tag blog: curhat session with Ihwan :Dlha ga boleh gitu, namanya kerja kudu semangat n rajin *talk to your self Wan :D*

  57. siantiek berkata:

    nawhi said: curhat session with Ihwan πŸ˜€

    berarti orang laen yg curhat sm Ihwan ya? apa kita saling curhat2an hahahahahahaa

  58. dieend18 berkata:

    nawhi said: saran yang menyesatkan :)))

    nyari temen biar sesat baersama…. hahahaha….

  59. nanazh berkata:

    nawhi said: boljug juga tuh buat tag blog: curhat session with Ihwan :Dlha ga boleh gitu, namanya kerja kudu semangat n rajin *talk to your self Wan :D*

    kutungguuuuuuuuuu tagnyaaaaaaaaa heheheheyoooooosh mari enyahkan kemalasan…kerjaaaaaaaaaaaaa heheheh

  60. nanazh berkata:

    makanya telat banget yo diriku mas huhuhugara-gara kerja nih *halah nyari kambing hitam

  61. nanazh berkata:

    hahaha nice temenan hihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s