Hari jumat yang lalu kartu kredit saya di Bank ‘Independent ‘sudah jadi dan dikirimkan ke kantor. Waduh gaya banget si Ihwan bikin kartu kredit segala?

Suueer deh, kalau bukan karena bujuk rayu dari salah satu staff Bank ‘Independent’ yang berkantor di depan perpustakaan, seumur-umur saya nggak akan tergerak untuk bikin kartu kredit. Berhubung ini merupakan fasilitas buat para pegawai, gratis dan saya juga pengin membantu si staff untuk memenuhi list-nya maka sayapun bersedia mengisi aplikasi pengajuan kartu kredit tersebut.

Saya sudah sering mendengar cerita orang-orang yang terbelit hutang banyak gara-gara terbuai kemudahan berbelanja dengan kartu kredit, oleh sebab itu saya sama sekali tidak tertarik untuk memilikinya. Kalaupun sekarang saya akhirnya punya, saya tidak akan mempergunakannya. Pegang deh ucapan saya ini.

Setelah menerima kartu kredit tersebut saya lalu mengobrol dengan teman-teman di bagian fotokopian. Kebetulan hari itu listrik mati jadi saya bebas tugas dari tugas pelayanan. Daripada ngendon sendirian di bagian internet (temen kerja dan anak PKL belum datang) mending saya sosialita ke bagian yang lain. Hooek cuiih gaya banget ya pake istilah sosialita, mentang-mentang udah pegang kartu kredit. Ngarep dilirik sama Kim Kardashian lo?

Kalau para wanita lagi ngumpul pasti yang diomongin seputar fashion, makanan atau ngosipin temen-temennya (dikeplak para wanita) maka kalau pria-pria dewasa dan matang ngumpul maka yang diomongin adalah seputar masa depan dong.

Mulai dari membahas tentang harga sewa rumah hingga harga tanah, maklum sebagian besar memang teman-teman saya sudah berumah tangga. Tiga orang teman saya barusan mengajukan pinjaman ke bank untuk membeli tanah dan rumah. Jaminannya? Tahu sendirilah, senjata andalan para PNS.

Eh ujung-ujungnya mereka malah meracuni saya untuk segera mengajukan pinjaman ke bank saat saya bilang sudah punya incaran tanah di daerah saya.
“Ayo wes, segera pinjam aja ke bank,harga tanah itu tiap tahun naik lho. Lagian buat apa SK disimpen di rumah mulu, ntar malah jamuran,” begitu bujuk rayu (setan) salah satu teman saya.
Emang sih ada benarnya, harga tanah itu tiap tahun akan naik namun dengan (sok) bijak saya bilang kepada mereka kalau untuk saat ini saya mau konsen dulu mempersiapkan pernikahan, untuk masalah beli tanah nanti dipikirkan berdua sama istri.

Selain itu juga saya masih belum berani untuk pinjam uang dalam jumlah yang sangat besar kepada bank. Membayangkan jumlahnya dan lama waktu untuk pelunasannya aja udah gimanaa gitu. Lain halnya mungkin jika nanti sudah berumah tangga, sudah ada yang diajak rembugan untuk merancang masa depan.


Mau yang cash atau credit babe?


Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

125 responses »

  1. tanah bisa dikredit, yg penting cinta jangan dikredit kk *dalem

  2. siantiek berkata:

    sama Wan, ga berani euy minjem ke bank, walau ada temen yg ngusulin gt, mikir gmn balikinnya ?

  3. darnia berkata:

    Aku sampe sekarang gak punya kartu kredit, karena dulu pernah ada cerita orang yang sampe jual ginjal gegara kebelit utang kartu kredit. Dan itupun cuma bisa nutupin separo utang. Sumpah, ngeri banget dengernya.Urusan kartu kredit emang tergantung masing2 orang, Mas. Kalo bijak dalam penggunaan, bisa dipastikan Insya Allah akan aman sentosa. Dan sempat denger dari pembicaraan temen yang “lurus” kalo Kartu Kredit adalah bisnis “hitam” bank. Karena kalo pake kartu kredit, kita ngutang dan pake duit orang dulu untuk nutupinnya. Secara moral, rasanya kok gak pas. Mosok makan di restoran ngutang, nonton ngutang…seharusnya kalo mau utang, kalo gak dilakukan akan mengancam nyawa dan masa depan. Dan lebih afdol, hal-hal kayak gitu langsung pake duit sendiri alias debit langsung dari tabungan (kalo gak berani bawa duit banyak)Yah..itu cuma opiniku doang sih :DGak perlu setuju juga *ahiak*

  4. mbaktyas berkata:

    Huehehe.. Aku cc juga bikinnya dulu setelah punya anak dan dipake kalo keadaan daruratnya luar biasa. Dulu waktu di kantor lama si ayah blm dicoverin asuransinya, msh sistem reimburse gitu. jadi musti siap duit kalo anake sakit. Pdhl pnganten anyar kan ga banyak persediaan, ya terpaksa ngutang dulu.. Skr juga ga maen gesek kok.. Yg bijak aja makeknya, kira2 kalo ngutang iso mbayar opo ora..

  5. fauziatma berkata:

    kode banget tuh kalimat penutupnya. ahaha.

  6. nawhi said: Selain itu juga saya masih belum berani untuk pinjam uang dalam jumlah yang sangat besar kepada bank.

    sama,,,,tapi kayaknya kalau mau berkeluarga, mesti berani ngambil resiko deh..

  7. tintin1868 berkata:

    kalu ga pernah dipake.. gunting saja wan, guntingnya di depan counternya ya.. biar ga kena tagihan tahun depannya.. sebenernya bijak saja pake cc deh.. ku pake cc ini untuk belanja kantor bulanan loh.. kan langsung dibayar.. jadi ga kena bunga.. dan lucunya karena rajin membayar tepat waktu ku dapat reward.. lumayan..itu katanya temen2mu ada benernya juga.. beli tanah ato rumah sekalian.. kan bisa kredit dulu.. tapi lihat sikon keuangan jugalah..

  8. nawhi berkata:

    mbaktyas said: Pertamax kah?

    selamat Mbak.*salamin*

  9. sicantikdysca berkata:

    sejak menikah kami berdua (aku&hubby) jg gak pnah berani minjam uang dr bank. Ga rela bayar bunganya yg lumayan tinggi. Tapiiiiii ngumpul duit buat beli tanah susahnya minta ampuuun apalagi rumah duuuuuu…. skrg kami rada menyesal jg kenapa gak dr dulu minjam klo dipikir2 pinjaman 5 atau 10 thn sdh selesai aza tanpa terasa. Hehee. Jd saranku buat ihwan klo beli tanah/rumah gak rugi deh minjam dr bank krn harganya tetap naik terus. Klo beli mobil lebih baik menabung dulu krn harga jual mobil kan berkurang sesuai usianya 🙂

  10. tintin1868 berkata:

    mbaktyas said: msh sistem reimburse gitu. jadi musti siap duit kalo anake sakit.

    iya pasti diganti kantor.. ku juga pake buat ini deh..gilani kalu kena utang numpuk.. stres sendiri..

  11. darnia berkata:

    sicantikdysca said: Jd saranku buat ihwan klo beli tanah/rumah gak rugi deh minjam dr bank krn harganya tetap naik terus.

    ini maksud-nya KPR gitu ato minjem tunai, Mba?

  12. aghnellia berkata:

    suamiku tuh anti banget sama kartu kredit..

  13. subhanallahu berkata:

    udah lama saya juga ga gesek, tapi bulan kemarin terpaksa harus gesek, hehe, ya cuma 300 ribuanlah… kartu kredit tetap ada kebaikannya. kuncinya memnag satu seperti yang telah teman-teman sebutkan di sini, bijaklah menggunakannya dan harus diyakini bisa membayarnya langsung lunas.untuk tanah atau rumah sebaiknya segera aja, utang pun tetap jauh menguntungkan, apalagi klo dibandingkan uangnya habis untuk menyewa rumah setiap tahunnya.tapi apa benar gratis cc-nya, tahun berikutnya biasanya udah kena iuran bulanan/tahunan loh…

  14. trasyid berkata:

    #Eaaa sudah punya kartu kredit… Jangan boros yo, mas.. 🙂

  15. rirhikyu berkata:

    pake cc or kaga sama ajayg penting bijak makenya, jangan berlebihan ntar ga bisa bayaren kudu di cek tiap bulannya, bener ga tagihannyabayar sebelum jatuh tempoitung2an sendiri kl gesek, mampu bayar ga ntar nya

  16. wib711 berkata:

    nawhi said: Kalaupun sekarang saya akhirnya punya, saya tidak akan mempergunakannya. Pegang deh ucapan saya ini.

    suatu saat pasti akan digunakan…kalaupun tidak digunakan, bakal harus bayar iuran tahunan juga 🙂

  17. nawhi berkata:

    mbaktyas said: Clear? Klimaaxx

    Rajiin bener yaaa, pertamaz sampe klimax diborong semua.lagi rajin apa kurang kerjaan Mbak? hi3 *dikeplak*

  18. nawhi berkata:

    emokidonlastevening said: tanah bisa dikredit, yg penting cinta jangan dikredit kk *dalem

    jangan salah, cinta juga dikredit Pit, maksudnya dipupuk dikit-dikit lama-lama jadi bukit cintaa eaaaa 😀

  19. pennygata berkata:

    Wan, kalo bisa dapet pinjaman buat beli tanah, dicoba ajah, mumpung belum merit, ntar kalo udah merit udah tinggal sendiri kebutuhan tuh besar, gak sempet lagi buat nyicil tanah, kecuali kau tiba2 dapet naik jabatan dengan gaji yg lumayan..suwer deh, ndak ada ruginya kalo beli tanah/rumah, yg rugi malah kalo harga udah bagus gak dibeli, karena pasti naik, pas naik duid kita udah gak cukup lagi buat beli, ngenes dah !

  20. nawhi berkata:

    siantiek said: sama Wan, ga berani euy minjem ke bank, walau ada temen yg ngusulin gt, mikir gmn balikinnya ?

    kalo aku sih tinggal dipotong dari gaji Mbak.mungkin nanti jika sudah berumahtangga jadi berani demi anak istri 😉

  21. jampang berkata:

    belum punya kartu kredit juga. lagian kalau mau ngutang nggak perlu kartu kredit juga…. xixixixixixi

  22. nawhi berkata:

    seneng deh sharing di MP dapet banyak masukan gini dari yang berpengalaman, makasih-makasih.*bacain lagi komen-komen*

  23. intan0812 berkata:

    Wondering mbak tyas kesambet jin apaan 🙂 Ihwan kalau org model dirimu, pake cc aman deh…..اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

  24. elywidya berkata:

    Ciee……potonya gak kuku 😀

  25. anotherorion berkata:

    heeh SK ncen senjata andalan mbuh nek dilelang sakjane laku piro

  26. nawhi berkata:

    darnia said: Karena kalo pake kartu kredit, kita ngutang dan pake duit orang dulu untuk nutupinnya. Secara moral, rasanya kok gak pas. Mosok makan di restoran ngutang, nonton ngutang…seharusnya kalo mau utang, kalo gak dilakukan akan mengancam nyawa dan masa depan. Dan lebih afdol, hal-hal kayak gitu langsung pake duit sendiri alias debit langsung dari tabungan (kalo gak berani bawa duit banyak)

    lha kan emang gitu Dan, bank dapet uang dari para nasabah. uang kita di bank juga dipake oleh orang lain yang ngredit ke bank.ya kalo untuk urusan nonton, makan n hal-hal kecil lainnya emang mending tunai aja, itu setuju aku.kalo ‘rayuan’ dari staff bank sih, kartunya dipake pas nggak bawa uang lebih buat beli barang2 misal hape, laptop di stand2 yang bunganya 0 persen. trus besoknya langsung dilunasin deh.

  27. nawhi berkata:

    mbaktyas said: Skr juga ga maen gesek kok.. Yg bijak aja makeknya, kira2 kalo ngutang iso mbayar opo ora..

    makasih Mbak masukannya, doain saya nggak make tuh kartu deh he3

  28. pennygata berkata:

    oiya, sebetulnya pada saat lagi defisit duid, dan tiba2 ada keperluan mendadak (misal:sakit dan masuk RS amit2 jgn sampe), creditcard ini bener2 membantu…

  29. nawhi berkata:

    fauziatma said: kode banget tuh kalimat penutupnya. ahaha.

    jangan lupa kalo make buat merayu cewek sebutin sumbernya ya 😀

  30. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: tapi kayaknya kalau mau berkeluarga, mesti berani ngambil resiko deh..

    bener sekali Ray, dengan adanya dukungan istri/suami pasti kita lebih berani.

  31. nawhi berkata:

    tintin1868 said: kalu ga pernah dipake.. gunting saja wan, guntingnya di depan counternya ya.. biar ga kena tagihan tahun depannya.. sebenernya bijak saja pake cc deh.. ku pake cc ini untuk belanja kantor bulanan loh.. kan langsung dibayar.. jadi ga kena bunga.. dan lucunya karena rajin membayar tepat waktu ku dapat reward.. lumayan..itu katanya temen2mu ada benernya juga.. beli tanah ato rumah sekalian.. kan bisa kredit dulu.. tapi lihat sikon keuangan jugalah..

    seingatku kata staffnya khusus cc buat pegawai ini bebas iuran seumur hidup Mbak, moga aja bener.wah enak juga tuh, rewardnya berupa apaan Mbak? *mulai tergiur*iya akan saya pikirkan lagi deh soal beli tanah ini.

  32. nawhi berkata:

    sicantikdysca said: skrg kami rada menyesal jg kenapa gak dr dulu minjam klo dipikir2 pinjaman 5 atau 10 thn sdh selesai aza tanpa terasa. Hehee. Jd saranku buat ihwan klo beli tanah/rumah gak rugi deh minjam dr bank krn harganya tetap naik terus.

    makasih sharing pengalamannya Mbak, trus sekarang Mbak udah ngajuin pinjaman belum ke bank?kalo saya sih rencananya pinjam tunai aja, ada juga sih KPR khusus PNS tapi kudu beli yang di perumahan, lupa apa namanya kemarin yaa.

  33. nawhi berkata:

    aghnellia said: suamiku tuh anti banget sama kartu kredit..

    kalo Mbak Amel sendiri? 😉

  34. sukmakutersenyum berkata:

    klo utk diskon tiket pesawat oke lha hehe

  35. nawhi berkata:

    subhanallahu said: apalagi klo dibandingkan uangnya habis untuk menyewa rumah setiap tahunnya.tapi apa benar gratis cc-nya, tahun berikutnya biasanya udah kena iuran bulanan/tahunan loh…

    kalo saya ntar tinggal di rumah keluarga Mas sambil nyicil-nyicil bangun rumah, doain lancar.kata staff bank-nya bebas iuran seumur hidup, moga bukan sekedar rayuan. kalo ga ya stop aja.

  36. nawhi berkata:

    trasyid said: #Eaaa sudah punya kartu kredit… Jangan boros yo, mas.. 🙂

    Oke, suwun Guh.kamu mau bikin juga? wekekekeke.

  37. nawhi berkata:

    rirhikyu said: yg penting bijak makenya, jangan berlebihan ntar ga bisa bayaren kudu di cek tiap bulannya, bener ga tagihannyabayar sebelum jatuh tempoitung2an sendiri kl gesek, mampu bayar ga ntar nya

    oke-oke, suwun Feb masukane.

  38. darnia berkata:

    nawhi said: Mau yang cash atau credit babe?

    Mau beli Babe? :p

  39. sicantikdysca berkata:

    darnia said: ini maksud-nya KPR gitu ato minjem tunai, Mba?

    kemarin utk beli tanah aku minjam duit, memang jatuhnya bunga lebih mahal dibanding KPR. Blom dpt informasi klo beli tanah saja bisa pakai KPR… biasanya tanah&bangunan atau kita punya tanah kita jadikan agunan utk mendirikan rumah.

  40. sicantikdysca berkata:

    nawhi said: makasih sharing pengalamannya Mbak, trus sekarang Mbak udah ngajuin pinjaman belum ke bank?kalo saya sih rencananya pinjam tunai aja, ada juga sih KPR khusus PNS tapi kudu beli yang di perumahan, lupa apa namanya kemarin yaa.

    kemarin beli tanah pake pinjaman tunai dr bank, sdh 2kali minjamnya. Gak kerasa habis aza waktu 3-5thn selesai sdh hutang. Klo dipikir2 terutama utk diriku seandainya aku gak ambil kredit itu duit jg gak bakalan bisa aman tersimpan, ada aza lubang buat mengurasnya. Apalagi aku & hubby termasuk orang yg gampang luluh sama permintaan keluarga buat pinjam2 duit (yg blom tentu kembali toh) :DMembangunnya (rencana dlm waktu dekat) *lap peluh di dahi* pake tabungan plus minjam sana-sini sama bokap-mertua-adik-ipar, biasa deh maunya yg gak pake bunga. Xixixixi. Bangunnya jg (niatnya) yg kecil, model rumah tumbuh gitu sesuai kondisi keuangan.

  41. sicantikdysca berkata:

    nawhi said: ada juga sih KPR khusus PNS tapi kudu beli yang di perumahan,

    yup. seringnya kebentur sama perumahan yg kita minati. Tp skrg bisa jg loh tanah yg kita miliki sbg agunan ke bank dan uang pinjamannya kita pakai sbg modal membangun rumah. Yg penting tanah kita sdh memiliki sertifikat hak milik (dr BPN).

  42. ivoniezahra berkata:

    *kucek2 mata liat potonya*Buat beli spring bed dlu Ndut 😛

  43. kavellania berkata:

    iya lebih enak ngambil kredit rumah or tanah setelah nikah. bener deh kerasa bgt nikmat en hikmahnya HALAH *mentang2 aye udh berumah tangga 😀

  44. lembarkertas berkata:

    kami nggak pakai CC Wan. So far so good. pernah punya sekali nggak dipakai, krn kasihan sama yg nawarin. Eh, giliran mau nutup susyahnya minta ampunnn.

  45. trewelu berkata:

    yang jelas harus dibaca term&conditionnya baik2. jangan pernah nunggak bayar atau bayar gak sampe lunas. sekali kelupaan, duit yang keluar jadi lebih banyak. 😀 cc paling berguna buat beli tiket pesawat dan transaksi2 di inet sih kalo buat kami… sekalian mudahin manajemen keuangan, alias gak perlu ngerekap sendiri, tinggal liat rincian tagihan tiap bulan. kepake juga di kondisi2 darurat. tapi mungkin kalau di indonesia gak terlalu ngefek ya, kan usum debit card… kalo di sini gak usum debit card soalnya…

  46. nawhi berkata:

    darnia said: Mau beli Babe? :p

    iya, sebenarnya kemarin mau nitip kamu ngantri bebeh 😛

  47. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: *kucek2 mata liat potonya*Buat beli spring bed dlu Ndut 😛

    eaaaa teteuup yaaa 😛

  48. nawhi berkata:

    wib711 said: kalaupun tidak digunakan, bakal harus bayar iuran tahunan juga 🙂

    tadi udah nanya ke senior, udah ada MOU kok antara pihak kampus dan bank bahwa khusus pegawai ga ada iuran sama sekali. kalo bohong ntar digusur dah kantornya wekekekeke.

  49. nawhi berkata:

    pennygata said: ntar kalo udah merit udah tinggal sendiri kebutuhan tuh besar, gak sempet lagi buat nyicil tanah,

    saya sejak dulu sudah bertekad kudu punya rumah sendiri Mbak, jadi ya Insya Allah akan slalu mengusahakan ke situ.moga-moga rejeki semakin lancar jaya, aamiin. *kayak bus aja :D*

  50. nawhi berkata:

    jampang said: lagian kalau mau ngutang nggak perlu kartu kredit juga…. xixixixixixi

    tinggal sodorin senjata andalan ya Mas 😛

  51. nawhi berkata:

    intan0812 said: Wondering mbak tyas kesambet jin apaan 🙂 Ihwan kalau org model dirimu, pake cc aman deh…..اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

    iya tuh, baru kali ini saya liat Mbak Tyas main borong pertamax sampe klimax.aamiin, insya Allah.

  52. nawhi berkata:

    elywidya said: Ciee……potonya gak kuku 😀

    uhuk uhuk 😛

  53. nawhi berkata:

    anotherorion said: heeh SK ncen senjata andalan mbuh nek dilelang sakjane laku piro

    aku yo ga eruh Yo, durung tau nyoba 😛

  54. tintin1868 berkata:

    nawhi said: seingatku kata staffnya khusus cc buat pegawai ini bebas iuran seumur hidup Mbak, moga aja bener.wah enak juga tuh, rewardnya berupa apaan Mbak? *mulai tergiur*iya akan saya pikirkan lagi deh soal beli tanah ini.

    yakin bebas iuran seumur hidup? ga percaya deh..ku dapat ip** dan iph*** gratis.. kan tinggal kumpulin poin rewardnya.. dan ku ga pernah kena bunga loh.. rajin bayar pada waktunya.. kan lumayan kalu dibayarin kantor untuk keperluan kantor pake cc kita.. win win solution.. intinya tetep disiplin..

  55. tintin1868 berkata:

    trewelu said: cc paling berguna buat beli tiket pesawat dan transaksi2 di inet sih kalo buat kami…

    bener banget.. asal jangan kebablas saja ya.. mana tiket kalu lagi diskon wuih deh..

  56. nanazh berkata:

    oalah bank independent itu jubulnya itu to…. hihihi mantap mas posene nggo iklan wekekekekeke

  57. nawhi berkata:

    sukmakutersenyum said: klo utk diskon tiket pesawat oke lha hehe

    oh bisa dapet diskonan tiket pesawat juga? maklum wong ndeso ga eruh 😀

  58. nawhi berkata:

    kavellania said: iya lebih enak ngambil kredit rumah or tanah setelah nikah. bener deh kerasa bgt nikmat en hikmahnya HALAH *mentang2 aye udh berumah tangga 😀

    siiip, makasih mpok sharingnya.

  59. nawhi berkata:

    lembarkertas said: Eh, giliran mau nutup susyahnya minta ampunnn.

    waduh, gitu ya? pasti masih diiming2 reward n fasilitas ya Mbak.

  60. nawhi berkata:

    trewelu said: yang jelas harus dibaca term&conditionnya baik2. jangan pernah nunggak bayar atau bayar gak sampe lunas.

    oke, ntar saya baca-baca lagi deh, suwun Mbak infone.

  61. nawhi berkata:

    nanazh said: oalah bank independent itu jubulnya itu to…. hihihi mantap mas posene nggo iklan wekekekekeke

    kamu ga ditawarin juga Nas?mugo-mugo ada orang mandiri yang liat *Ngarep :D*

  62. t4mp4h berkata:

    ternyata faktor wajah lebih diperhatikan saat apply kartu kredit ya, aku jalan ke mall manapun gak pernah ditawari kartu kredit. Sekalinya butuh kartu kredit ngajuin ke bank, eh CSnya malah sangsi. ooghhh nasibbb…

  63. wib711 berkata:

    t4mp4h said: ternyata faktor wajah lebih diperhatikan saat apply kartu kredit ya, aku jalan ke mall manapun gak pernah ditawari kartu kredit. Sekalinya butuh kartu kredit ngajuin ke bank, eh CSnya malah sangsi. ooghhh nasibbb…

    CS nya belum liat rekening tabungan n slip gaji mas Tampah sih….

  64. nawhi berkata:

    t4mp4h said: ternyata faktor wajah lebih diperhatikan saat apply kartu kredit ya, aku jalan ke mall manapun gak pernah ditawari kartu kredit. Sekalinya butuh kartu kredit ngajuin ke bank, eh CSnya malah sangsi. ooghhh nasibbb…

    *ngikik dulu*Ya enggaklah Mas, iso ae sampeyan iki.ayo Mas, dicoba lagi, pasti bisaa…!! Semangkaaa 😀

  65. nawhi berkata:

    t4mp4h said: 69

    70 Mas :Pmaaf permohonan kartu kredit Bapak saya tolak hi3

  66. t4mp4h berkata:

    nawhi said: ayo Mas, dicoba lagi, pasti bisaa…!! Semangkaaa 😀

    hehehe… alhasil dikasih corporate card dari bank di Amrik, tapi kalau pas dipake mbayar di Indonesia pake sering dimintain KTP sama kasirnya karena mereka sangsi, dikiranya saya ini carder. Jangkrik ! balik lagi ke faktor wajah

  67. t4mp4h berkata:

    wib711 said: CS nya belum liat rekening tabungan n slip gaji mas Tampah sih….

    begitu liat, malah buru-buru kirim transfer

  68. onit berkata:

    t4mp4h said: ternyata faktor wajah lebih diperhatikan saat apply kartu kredit ya, aku jalan ke mall manapun gak pernah ditawari kartu kredit. Sekalinya butuh kartu kredit ngajuin ke bank, eh CSnya malah sangsi. ooghhh nasibbb…

    senasib mas.. soalnya saya dikira anak sekolah =))

  69. onit berkata:

    nawhi said: kalo ‘rayuan’ dari staff bank sih, kartunya dipake pas nggak bawa uang lebih buat beli barang2 misal hape, laptop di stand2 yang bunganya 0 persen. trus besoknya langsung dilunasin deh.

    di situ gak banyak kartu debit ya wan?aku jarang bawa cash, sering dompet kosong. tapi bawa kartu plastik ke mana2.. gesek di mana2.. tapi itu kartu debit ^^. soalnya di sini hampir semua bisa kartu debit, pake bank apapun. yg ga punya mesin gesek cuma warung gerobak & tenda pasar hehehe [petani canggih pun ada yg jualan di pasar bawa mesin gesek]

  70. onit berkata:

    nawhi said: dengan (sok) bijak saya bilang kepada mereka kalau untuk saat ini saya mau konsen dulu mempersiapkan pernikahan, untuk masalah beli tanah nanti dipikirkan berdua sama istri.

    setuju wan.. satu2 aja ngerjainnya. jgn buru2 ^^ntar kalo udah siap, segera kpr wan. toh emang butuh rumah kan? krn harga tanah/rumah pasti naik mulu.selain itu, kalo lagi ngutang bank tuh hidup jadi sederhana 😀 gaji gak bakal dipake macem2 krn udah masuk ke rumah/tanah.

  71. rirhikyu berkata:

    onit said: di situ gak banyak kartu debit ya wan?aku jarang bawa cash, sering dompet kosong. tapi bawa kartu plastik ke mana2.. gesek di mana2.. tapi itu kartu debit ^^. soalnya di sini hampir semua bisa kartu debit, pake bank apapun. yg ga punya mesin gesek cuma warung gerobak & tenda pasar hehehe [petani canggih pun ada yg jualan di pasar bawa mesin gesek]

    kl di jakarta trendnya dah kearah sana koqaku jg jrang bawa cash skrg, kl ada yg ga trima kredit/debit, akunya yang kebingungan 😛

  72. rirhikyu berkata:

    t4mp4h said: ternyata faktor wajah lebih diperhatikan saat apply kartu kredit ya, aku jalan ke mall manapun gak pernah ditawari kartu kredit. Sekalinya butuh kartu kredit ngajuin ke bank, eh CSnya malah sangsi. ooghhh nasibbb…

    *ngakak*

  73. rirhikyu berkata:

    t4mp4h said: hehehe… alhasil dikasih corporate card dari bank di Amrik, tapi kalau pas dipake mbayar di Indonesia pake sering dimintain KTP sama kasirnya karena mereka sangsi, dikiranya saya ini carder. Jangkrik ! balik lagi ke faktor wajah

    beneran kasian dehperlu oplas ga mas? hadehhhhhhh

  74. siantiek berkata:

    sukmakutersenyum said: klo utk diskon tiket pesawat oke lha hehe

    nah untuk ini paling pakenya kalo punya 😀

  75. t4mp4h berkata:

    rirhikyu said: beneran kasian dehperlu oplas ga mas? hadehhhhhhh

    pake ember ? wegyaaahhhhh

  76. nawhi berkata:

    onit said: di situ gak banyak kartu debit ya wan?

    kurang tahu ya, mungkin udah banyak, cuman akunya aja yang ga pernah pake :Dtemenku pernah nyoba pake kartu ATM-nya buat kartu debit tapi ternyata ga bisa, entah tokonya yang ga bisa atau emang kudu pake kartu khusus debit?

  77. nawhi berkata:

    onit said: ntar kalo udah siap, segera kpr wan. toh emang butuh rumah kan? krn harga tanah/rumah pasti naik mulu.selain itu, kalo lagi ngutang bank tuh hidup jadi sederhana 😀 gaji gak bakal dipake macem2 krn udah masuk ke rumah/tanah.

    aku sih rencananya pinjam tunai ke bank, ga KPR-an soalnya bunga KPR katanya lebih tinggi. bener ga sih?sip-sip, cocok banget tuh hi3

  78. rirhikyu berkata:

    t4mp4h said: pake ember ? wegyaaahhhhh

    ya udah jangan pake ember, pake botol aqua aja mau ga? ada banyak niy

  79. rirhikyu berkata:

    nawhi said: kurang tahu ya, mungkin udah banyak, cuman akunya aja yang ga pernah pake :Dtemenku pernah nyoba pake kartu ATM-nya buat kartu debit tapi ternyata ga bisa, entah tokonya yang ga bisa atau emang kudu pake kartu khusus debit?

    atm bank mana wan?

  80. rirhikyu berkata:

    nawhi said: aku sih rencananya pinjam tunai ke bank, ga KPR-an soalnya bunga KPR katanya lebih tinggi. bener ga sih?sip-sip, cocok banget tuh hi3

    pinjam tunai bisa cicil brp kali maksimal?sedangkan KPR skrg bisa sampek 15 taunya wajar kl bunga lebih tinggi wan 😛

  81. nawhi berkata:

    rirhikyu said: ya udah jangan pake ember, pake botol aqua aja mau ga? ada banyak niy

    aku ada neh botol you c 1000, lumayan biar kinclong sekalian mukanya ntar :D*Feby yang ngomporin Mas hi3*

  82. nawhi berkata:

    rirhikyu said: atm bank mana wan?

    BNI Feb.pasti punyamu BCA yaa?

  83. nawhi berkata:

    rirhikyu said: pinjam tunai bisa cicil brp kali maksimal?

    aku belum tanya2 ke bank-nya, kalo temenku kemarin 5 tahun.

  84. rirhikyu berkata:

    nawhi said: BNI Feb.pasti punyamu BCA yaa?

    ^_^ ada tanda visanya ga di atm nya?kl ada tanda visanya biasanya bisa, tapi kadang diberlakukan sbg kartu kredit, alias kudu tanda tangan bukan pencet pinbbrp atm bank yg gw tau bisa buat debit : BCA, Niaga, en Mandiri

  85. t4mp4h berkata:

    nawhi said: aku ada neh botol you c 1000, lumayan biar kinclong sekalian mukanya ntar :D*Feby yang ngomporin Mas hi3*

    botol bir sekalian, biar awet

  86. nawhi berkata:

    rirhikyu said: ada tanda visanya ga di atm nya?

    ga ada 😦 pantesan ga bisa.

  87. nawhi berkata:

    t4mp4h said: botol bir sekalian, biar awet

    *ngakak*piss yo Mas he3

  88. rirhikyu berkata:

    nawhi said: aku belum tanya2 ke bank-nya, kalo temenku kemarin 5 tahun.

    sanggup ga cicil 5 taun? itung2an deh, anggep pinjemnya aja 100jtkl dicicil 5 taun tanpa bunga perbulannya : 1,67jtkalau dicicil 10 taun tanpa bunga : 0,833jtdicicil 15 taun tanpa bunga : 0,56jt pertaunitu perhitungan kasar wan… so kl ditambah bunga kebayang kan besarannyasedangkan harga rumah aja skrg dah 100jt keatas entah di sanakl di jakarta (pinggiran) rata2 aja dah 300jt keatas T_Tkalau pinjam tunai dah pasti ga memungkinkan rasa2nya

  89. rirhikyu berkata:

    t4mp4h said: botol bir sekalian, biar awet

    gitu aja ngesuuuu… *kasih monyet*

  90. darnia berkata:

    rirhikyu said: bbrp atm bank yg gw tau bisa buat debit : BCA, Niaga, en Mandiri

    BRI juga bisa 😀

  91. rirhikyu berkata:

    oh ya, drpd beli tanah doank, mendingan beli yg rumah sekalian, ngebangun sendiri jg mahal euithen… ttg mo nikah dulu or beli rumah dulu, yo balik ke loe siy wandulu ada temen gw, yang harga rumahnya benernya kejangkau sama dia, tapi dia mikir ga bisa nikah (pesta) akhirnya dia ga jadi beli rumah en milik pesta nikahwell,…. sampek skrg dia blum punya rumah jg akhirnya, krn udah ga ada yang kejangkau sama dia(ini dah sekitar 4-5 th yll dia nikahnya)pdhl imho, nikah itu ga perlu gede2an yg penting akad nya alias ijab kabul or gerejanya doank kl di aku :Pini just share yaaaa

  92. nawhi berkata:

    rirhikyu said: sanggup ga cicil 5 taun?itung2an deh, anggep pinjemnya aja 100jtkl dicicil 5 taun tanpa bunga perbulannya : 1,67jtkalau dicicil 10 taun tanpa bunga : 0,833jtdicicil 15 taun tanpa bunga : 0,56jt pertaun

    aduh gue kok mendadak pusing ya liat angka-angka itu, kamu cekatan yo orangnya kalo soal ngitung hi3temenku itu pinjam 60 juta Feb kalo ga salah, ntar deh gue tanya lagi 😀

  93. rirhikyu berkata:

    nawhi said: ga ada 😦 pantesan ga bisa.

    pantessss 🙂

  94. nawhi berkata:

    darnia said: BRI juga bisa 😀

    beneraan?segera ambil ah kartu ATM-ku hi3, thanx infonya Daniii.

  95. rirhikyu berkata:

    nawhi said: aduh gue kok mendadak pusing ya liat angka-angka itu, kamu cekatan yo orangnya kalo soal ngitung hi3temenku itu pinjam 60 juta Feb kalo ga salah, ntar deh gue tanya lagi 😀

    apa gunanya kalkulator wan? wakakakakkakakaka….yo monggo tanya2 lagi biar ga salah langkahtp ambil KPR siy mnrt gw ga masalah, asal… emang rumah loe strategis, krn harganya bakal naek lebih tinggi drpd yg loe bayarin 🙂

  96. nawhi berkata:

    rirhikyu said: drpd beli tanah doank, mendingan beli yg rumah sekalian, ngebangun sendiri jg mahal eui

    emang sih, tapi kelebihannya kita bisa merancang rumah yang sesuai kemauan kita.semua emang ada plus-minusnya.

  97. rirhikyu berkata:

    nawhi said: emang sih, tapi kelebihannya kita bisa merancang rumah yang sesuai kemauan kita.semua emang ada plus-minusnya.

    sesuai kemauan biasanya makan biaya lebih gede wakakakakakakakaka*tanduk keluar*

  98. nawhi berkata:

    rirhikyu said: sesuai kemauan biasanya makan biaya lebih gedewakakakakakakakaka

    ga apa-apalah, pinter2nya kita ngakalin.rumah kalo bisa yang baiti janati: rumahku surgaku 😉

  99. bundanyaraihan berkata:

    wah..kartu kredit kita sama Wan…:)Aku udah pake udah hampir 10 taun kali…alhamdulillah sih gak ada masalah…bener kata komen2 yang diatas, asal bijak pakenya sih gpp…

  100. onit berkata:

    setuju sama tulisan2 febbie ^^beli tanah sekaligus rumah (kalo perumahan). kecuali kalo itung2an bahan bangunan di sana lebih murah utk bangun sendiri (sendiri = ikut nukang hihihi) setelah duitnya kepotong beli tanah. soalnya kalo di semarang aja 300jt dapet tanah kecil.. apalagi rumah. gila ah semarang lebih mahal drpd jakarta coret..itung2an febbie itu kasar loh wan.. tanpa bunga. aku juga nyicilnya 10thn. itu aja bunganya bikin bengkak abis -_-;; — kalo nyicil 10thn kan ngirit2 di awal. jd waktu selesai nyicil kan anakmu pun belon masuk smp. 15thn jg gpp. selesai nyicil pas anak masuk sma.

  101. rirhikyu berkata:

    onit said: setuju sama tulisan2 febbie ^^beli tanah sekaligus rumah (kalo perumahan). kecuali kalo itung2an bahan bangunan di sana lebih murah utk bangun sendiri (sendiri = ikut nukang hihihi) setelah duitnya kepotong beli tanah. soalnya kalo di semarang aja 300jt dapet tanah kecil.. apalagi rumah. gila ah semarang lebih mahal drpd jakarta coret..itung2an febbie itu kasar loh wan.. tanpa bunga. aku juga nyicilnya 10thn. itu aja bunganya bikin bengkak abis -_-;; — kalo nyicil 10thn kan ngirit2 di awal. jd waktu selesai nyicil kan anakmu pun belon masuk smp. 15thn jg gpp. selesai nyicil pas anak masuk sma.

    300jt skrg di jakarta coret jg dapetnya yang seiprit nittt :))rata2 dah 500jt :P*kan ga mo nakut2in ihwan dulu =))

  102. pennygata berkata:

    Wan, kalo beli tanah ajah salah2 entar mau beli rumah bisa2 ndak nututi wong harga bahan bangunan gila2an toh..bisa2 pake rumah container, ehtapi lagi booming tuh diluar negri, kotainer 40ft dijual 15 juta 2,5x12m, beli 3bj dijejer, jadi deh rumah, tinggal ngedekor dalemnya ajah.. ni kayak gini, keren yah? 😀

  103. masfathin berkata:

    Kartu Kredit yg kupunya aja sampe skrg belom aku aktifin. Dibikin biar suatu hari kl ada promo tiket murah bisa dipake. Atau manfaatin program Power Buy-nya ntar :p btw, itu pake foto biar gak dibilang hoax ya? Haha

  104. an99a berkata:

    gak nahan banget tuh keterangan fotonya… XD

  105. debapirez berkata:

    Gw setuju sm tmn2 loe tuh,Wan. Kudu berani ngutang deh. Klo ngga, ntar tuh duit nguap gt aja. Dan biasanya klo dlm kondisi terdesak, potensi seseorang akan muncul. Ayo, sikat aja tuh utangan hehe…

  106. debapirez berkata:

    rirhikyu said: 300jt skrg di jakarta coret jg dapetnya yang seiprit nittt :))rata2 dah 500jt :P*kan ga mo nakut2in ihwan dulu =))

    Lah, eike aja yg lg ngrenov rumah jd 2 lantai dah habis hmpr Rp150 jt. Dan skrg msh jalan trus hiks..hiks… Bu Feb siap2 nabung tuh utk bikin kamar utk adiknya Nathan nanti hehe…

  107. pennygata berkata:

    rirhikyu said: 300jt skrg di jakarta coret jg dapetnya yang seiprit nittt :))rata2 dah 500jt :P*kan ga mo nakut2in ihwan dulu =))

    gak usah dijkt Feb, dibali ajah 300juga dapet rumah miki mouse jugak.. itu jg dec taun lalu, skrng yg dulu 300jt udah 400jtan..

  108. nawhi berkata:

    bundanyaraihan said: wah..kartu kredit kita sama Wan…:)

    toss Kakaaaa 😀

  109. nawhi berkata:

    pennygata said: ehtapi lagi booming tuh diluar negri, kotainer 40ft dijual 15 juta 2,5x12m, beli 3bj dijejer, jadi deh rumah, tinggal ngedekor dalemnya ajah.. ni kayak gini, keren yah? 😀

    lumayan keren sih tapi bisa-bisa aku diomelin sama keluarga besarku Mbak, aneh-aneh aja, kakean polaah :))aku dulu pernah punya angan2 pengin punya rumah mobil, apa itu namanya? duh lupa 😀

  110. nawhi berkata:

    masfathin said: Atau manfaatin program Power Buy-nya ntar :p btw, itu pake foto biar gak dibilang hoax ya? Haha

    program apa tuh Yan?iya, kan slogannya di MP gitu 😉

  111. nawhi berkata:

    nawhi said: rumah mobil, apa itu namanya? duh lupa 😀

    CARAVAAN..!!*tanya-tanya ndiri, dijawab-jawab ndiri*

  112. nawhi berkata:

    an99a said: gak nahan banget tuh keterangan fotonya… XD

    kagak nahan buat….. 😀

  113. nawhi berkata:

    debapirez said: Gw setuju sm tmn2 loe tuh,Wan. Kudu berani ngutang deh. Klo ngga, ntar tuh duit nguap gt aja. Dan biasanya klo dlm kondisi terdesak, potensi seseorang akan muncul. Ayo, sikat aja tuh utangan hehe…

    ini neh, termasuk setan kredit pasti di kantornya hahahahahaha

  114. masfathin berkata:

    Power Buy itu cicilan 0 persen Wan. Jd kl Ihwan beli TV seharga 600 ribu dgn cicilan 6 bulan, jd tiap bulan cuma bayar 100 ribu wae, tanpa bunga. Lumayan, kan? 🙂

  115. nawhi berkata:

    oh ya itu yg ‘dirayukan’ staff bank saat merayu aku he3

  116. debapirez berkata:

    nawhi said: ini neh, termasuk setan kredit pasti di kantornya hahahahahaha

    Bukan cm setan kredit, tp jg tukang kredit hehe…Gw tahu knp loe nungguin nikah dl baru mau mikirin kredit. Spy ada yg bantuin bayar kan hehe..

  117. pennygata berkata:

    nawhi said: CARAVAAN..!!*tanya-tanya ndiri, dijawab-jawab ndiri*

    Nah :))aku dulu ama suami sdh pengen bikin rumah kontainer, kayaknya lucu yah..mana tinggal beli tanah, rumahnya tinggal taroh :)), kalo pindah tinggal ngangkut.. :))ideanya kan ampir sama macem caravan betulnya ya…cuman kalo kontainer bisa dapet lbh besaran.ni ada cth rumah lagi yg bagus 🙂

  118. ivoniezahra berkata:

    debapirez said: Bukan cm setan kredit, tp jg tukang kredit hehe…Gw tahu knp loe nungguin nikah dl baru mau mikirin kredit. Spy ada yg bantuin bayar kan hehe..

    rumah khan kewajiban suami mas :Ptapi istri ikut mikir karena jatah bulanan bakal nyusut hahaha

  119. debapirez berkata:

    ivoniezahra said: tapi istri ikut mikir karena jatah bulanan bakal nyusut hahaha

    kayak bini gw neh haha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s