Tak terasa sudah seminggu Ibu dirawat di rumah sakit, Alhamdulillah sudah banyak perkembangan. Tadi pagi Dokter Wahyudi mengatakan bahwa yang terpenting Ibu bisa merespon dengan baik setiap pertanyaan yang diajukan, untuk masalah kesulitan bicara dan tangan kanan yang masih lumpuh memang butuh ketelatenan dan waktu untuk melatihnya agar bisa kembali normal.

Dalam seminggu sakitnya Ibu ini ada beberapa kejadian yang menyentuh hati, baik itu senang-sedih, maupun yang membuat menangis dan tertawa. Mulai hari ini saya ingin menuliskan kejadian-kejadian itu di MP. Tujuannya yang utama saya ingin mengabadikan kenangan-kenangan yang saya alami bersama Ibu. Mungkin dari situ ada hikmah yang bisa diambil atau kita bisa sharing bersama.

Stroke yang diderita Ibu membuat saya bisa berbagi cerita dengan orang-orang yang anggota keluarganya juga sedang sakit, baik itu di dunia nyata maupun dunia maya. Dari situ kami jadi saling menguatkan dan mendoakan agar anggota keluarga kami yang sakit itu segera sembuhn dan kami bisa melalui ujian ini dengan baik, Aamiin.


Golden Time

Saat itu Ibu masih terbaring di kamarnya setelah serangan stroke itu, waktu itu kami tidak tahu jika Ibu telah terkena stroke. Saya yang baru saja sholat dhuhur menghampiri beliau. Saya berusaha membujuk Ibu agar menceritakan kejadian yang membuatnya terkena stroke namun beliau tetap saja diam membisu. Awalnya saya mengira Ibu marah atau tak mau bicara dengan saya, hingga kemudian membuat saya merasa bersalah. Bulek Min yang ada di situ juga ikut membujuk Ibu agar mau bicara namun Ibu tetap saja diam.

Kami yang masih bingung dengan apa yang terjadi pada Ibu baru tersadar ketika Ibu bangun dan berusaha untuk bicara namun yang keluar hanya suara menggumam yang tidak jelas (pelo) bercampur dengan tangisannya. Saya dan Bulek Min jadi ikutan menangis melihat kondisi Ibu tersebut. Sungguh saat itu dunia rasanya runtuh melihat Ibu tak bisa lagi berbicara dan hanya hanya bisa menangis. Bulek segera mengusulkan untuk membawa Ibu ke rumah sakit, saya pun lalu bergegas turun untuk mencari alat transportasi. Untuk membawa Ibu ke rumah sakit dengan sepeda motor jelas tidak mungkin, lha wong Ibu kesusahan untuk berjalan.

Untunglah saya mendapatkan satu-satunya becak yang sedang mangkal di ujung gang, tapi kok ya tukang becaknya itu sudah tua, saya sempat ragu apa dia bisa cepat membawa Ibu dan Bulek ke rumah sakit. Karena tidak ada lagi becak di situ, mau tidak mau saya memakai jasa bapak tua tersebut.

Sungguh hati ini rasanya kebat-kebit saat perjalanan menuju ke rumah sakit karena bapak tua itu mengemudikan becaknya pelan-pelan. Di satu sisi saya memaklumi kondisi fisik bapak tua yang sudah rentaitu namun di sisi yang lain saya mengkhawatirkan kondisi Ibu saya, saya takut terlambat memberikan pertolongan kepadanya. Ingin rasanya menggantikan bapak tua itu mengayuh becak namun karena saya tidak bisa mengemudikan becak akhirnya saya hanya bisa pasrah dan berdoa memohon pertolongan Allah.

Alhamdulillah kami akhirnya sampai di rumah sakit, begitu tiba di UGD Ibu langsung diperiksa. Berdasarkan kondisi wajah Ibu yang menceng (perot) di sebelah kiri dan lidah yang tak bisa dijulurkan, tangan kanan yang lemas maka Ibu dinyatakan positif terkena stroke.

Belakangan saya baru tahu bahwa dalam penanganan stroke dikenal istilah Golden Time. Golden time adalah batas waktu penanganan stroke, waktunya dihitung tiga jam setelah gejala mulai menyerang. Saat itulah penanganan harus segera dilakukan. Jika tidak tertangani hingga golden time terlewati, sel-sel otak yang terserang akan mati. Dampaknya, persarafan yang terhubung dengan sel-sel tersebut juga ikut mati. Jika kebetulan yang terkena adalah saraf pengatur gerak kaki, kaki penderita akan lumpuh. Jika yang kena saraf pengatur organ bicara, penderita akan kesulitan mengucap kata-kata.

Kalau menurut dokter yang memeriksa di UGD, Ibu masih bisa tertolong karena kami tidak sampai terlambat membawanya ke rumah sakit. Kalau dihitung-hitung dari kejadian yang menyebabkan Ibu stroke hingga kami sampai di rumah sakit itu tidak sampai tiga jam, sehingga waktu penanganan stroke Ibu masih berada di dalam golden time. Namun jika merujuk pada keterangan di atas, jika masih di dalam golden time seharusnya Ibu tidak sampai kesulitan berbicara dan tangan kanannya lemas.

Wallahu’alam, saya tidak mau berputus asa, yang terpenting sekarang ini kami berusaha memberikan pengobatan yang terbaik untuk Ibu. Semoga stroke yang diderita Ibu bisa sembuh total sehingga kesehatan dan keadaan fisik Ibu bisa kembali normal seperti sedia kala, Aamiin.

Sebenarnya ini tadi mau nulis beberapa cerita pendek saja, semacam mozaik-mozaik kejadian yang saya alami bersama Ibu. Tapi lha kok sewaktu menulis tentang golden time di atas jadi keterusan dan panjang he he. Insya Allah nanti saya akan menuliskan kejadian-kejadian yang lainnya.

*referensi:
http://astitbercerita.blogspot.com/2011/09/mengulur-golden-time-mencegah-kecacatan.html

Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

50 responses »

  1. darnia berkata:

    Biasanya ada terapi penyembuhan stroke, mas…Coba kontak aja dengan RS yang bersangkutan, mungkin mereka ada rekomendasiDulu aku juga punya temen yang terapist khusus untuk penderita strokeDan penyebab stroke memang harus dicari (kayak Bapakku yang kena stroke karena diabetes)Itu juga salah satu cara mempercepat pemulihanSemoga ibu segera kembali sehat kayak biasa ya, Mas..Apapun yang terjadi, jangan pernah merasa bahwa semua usaha yang Mas lhwan lakukan sia-sia:)

  2. anotherorion berkata:

    jadi tahu ada istilah golden time, mugo2 gek ndang mari yo wan

  3. nawhi berkata:

    darnia said: penyebab stroke memang harus dicari (kayak Bapakku yang kena stroke karena diabetes)Itu juga salah satu cara mempercepat pemulihan

    kalau penyebab stroke Ibu itu hipertensi, jadi harus mengontrol tensi Ibu agar jangan sampai tinggi, mulai dari mengatur pola makan dan menjaga pikiran dan emosi Ibu.

  4. nawhi berkata:

    darnia said: Semoga ibu segera kembali sehat kayak biasa ya, Mas..Apapun yang terjadi, jangan pernah merasa bahwa semua usaha yang Mas lhwan lakukan sia-sia

    Aamiin, makasih Dan.kalimat terakhir bikin tersentuh, akan aku ingat-ingat hal itu.

  5. ayanapunya berkata:

    Waktu aku kelas 3 smp abah jg sempat kena stroke ringan.alhamdulillah bisa sehat (ga dibw ke rs).cm ternyata setelah belasan tahun br ketahuan klo ada bagian otak yg rusak krn stroke itu.

  6. nawhi berkata:

    anotherorion said: jadi tahu ada istilah golden time, mugo2 gek ndang mari yo wan

    aku juga baru tahu Yo, aamiin, suwun Yo.kalo yang aku tahu sebelumnya golden time untuk bagian tubuh yang terpotong supaya bisa disambung lagi.

  7. nawhi berkata:

    ayanapunya said: Waktu aku kelas 3 abah jg sempat kena stroke ringan.alhamdulillah bisa sehat (ga dibw ke rs).cm ternyata setelah belasan tahun br ketahuan klo ada bagian otak yg rusak krn stroke itu.

    moga bagian otak yang rusak itu tidak memberi dampak negatif pada abah ya Yan.

  8. ayanapunya berkata:

    Sbnrnya ada.ntar klo ada waktu aku tulis ya, mas ihwan

  9. nawhi berkata:

    ayanapunya said: Sbnrnya ada.ntar klo ada waktu aku tulis ya, mas ihwan

    oke, ditunggu Yan tulisannya.

  10. rengganiez berkata:

    Jadi tau nih..thanks infonya yah. Smuga Ibu juga cepat pulih..

  11. nawhi berkata:

    anotherorion said: walah syerem wan

    iyo, naudzubillah Yo.

  12. nawhi berkata:

    rengganiez said: Jadi tau nih..thanks infonya yah. Smuga Ibu juga cepat pulih..

    sama-sama Mbak, aamiin, makasih doanya.

  13. wprazh berkata:

    semoga semakin cepat pulih dan bisa keluar rs. jangan lupa bola tenis Wan buat terapi tangan untuk bisa di remas-remas bolanya. harus sedikit paksa untuk mau, kl tidak akan menjadi kaku tangannya dan tidak responsif lagi.

  14. nawhi berkata:

    wprazh said: jangan lupa bola tenis Wan buat terapi tangan untuk bisa di remas-remas bolanya. harus sedikit paksa untuk mau, kl tidak akan menjadi kaku tangannya dan tidak responsif lagi.

    lha ya itu Mas yang agak susah ngajak Ibu melatih tangannya, butuh kesabaran dan ketelatenan untuk membujuknya.kadang bola sudah di genggaman tapi bisa jadi Ibu sudah berusaha untuk meremas tapi ga bisa-bisa, nah kami menyangkanya bola ga diremas-remas.

  15. anchaanwar berkata:

    Bahagianya seorg ibu jika selalu ada anaknya di samping ketika suka dan duka datang. And u always do it great! Semoga lekas pulih ya Wan.

  16. nawhi berkata:

    anchaanwar said: Bahagianya seorg ibu jika selalu ada anaknya di samping ketika suka dan duka datang. And u always do it great! Semoga lekas pulih ya Wan.

    kalau untuk selalu berada di samping Ibu terus terang nggak bisa, soalnya kudu bekerja.selama ini kami menjaganya giliran, untung Ibu anaknya banyak, empat :Dthanks Cha, semoga Allah memudahkan kami untuk berbhakti dan memberikan yang terbaik buat Ibu.

  17. itsmearni berkata:

    baru tau ada masa golden timehank infonya, Wanjadi numpang belajar nihsemoga ibu segera pulih yadan siap mendampingin putranya dipelaminan nanti πŸ™‚

  18. fightforfreedom berkata:

    Nice sharing tentang Golden Time.Mas Ihwan, just sharing juga… silakan ikuti tanya jawab sama ahlinya langsung, Dr. Sukma Merati, Sp.PA di sini:http://www.sukmamerati.com/bagaimana-mencegah-jangan-sampai-kecolongan-stroke-ringan-sampai-beratItu blog seorang dokter spesialis Patologi Analisis yg menyempatkan diri menjawab pertanyaan2 kelas berat, terutama penyakit dalam dan kanker.

  19. nawhi berkata:

    itsmearni said: baru tau ada masa golden timehank infonya, Wanjadi numpang belajar nihsemoga ibu segera pulih yadan siap mendampingin putranya dipelaminan nanti πŸ™‚

    sama-sama Mbak.aamiin, makasih doanya.

  20. nawhi berkata:

    fightforfreedom said: Mas Ihwan, just sharing juga… silakan ikuti tanya jawab sama ahlinya langsung, Dr. Sukma Merati, Sp.PA di sini:http://www.sukmamerati.com/bagaimana-mencegah-jangan-sampai-kecolongan-stroke-ringan-sampai-berat

    waah makasih banyak Mas infonya, berguna sekali neh.

  21. fightforfreedom berkata:

    nawhi said: waah makasih banyak Mas infonya, berguna sekali neh.

    Sipp… semoga bermanfaat ya.Dr Sukma Merati cukup responsif. Ketika teman kantor saya bertanya kepada beliau masalah Kelenjar Getah Bening, ia dapat jawaban & saran yg cukup memuaskan. Silakan kalo mau nanya – nanya :)Bu Sukma sendiri mengelola rumah sakit yg didirikannya di Pekanbaru. Di sela – sela kesibukannya sbg owner, ia menyempatkan diri setiap harinya menjawab pertanyaan2 pembaca.Postingan ttg Kelenjar Getah Bening sendiri sudah sampai 982 komen (tanya-jawab).http://www.sukmamerati.com/limfoma-kanker-kelenjar-getah-bening-tersering-pada-usia-produktifUntuk penyakit lainnya ada juga yg sampai ribuan komen. Yg pasti gak ada yg OOT, krn setiap pertanyaan dimoderasi sebelum muncul ke publik.Kalo melihat arsip postingannya, terakhir Agustus 2010.Tapi kalo melihat tanya jawabnya itu terakhir 1 Januari 2012. Artinya ia sekarang lebih aktif untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan dari masalah – masalah yg berangkat dari postingannya.

  22. alhamdulillah ibu masih ditolong sama alloh..salam buat ibunya yaaa,mas πŸ˜‰

  23. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: alhamdulillah ibu masih ditolong sama alloh..salam buat ibunya yaaa,mas πŸ˜‰

    Iya Ray Alhamdulillah.Insya Allah ntar aku sampekan πŸ™‚

  24. nawhi said: kalau penyebab stroke Ibu itu hipertensi, jadi harus mengontrol tensi Ibu agar jangan sampai tinggi, mulai dari mengatur pola makan dan menjaga pikiran dan emosi Ibu.

    kalo hipertensi kayaknya seumur hidup makan obat,mas..sama kayak ibuku…tapi yg terpenting adalah kondisi psikologis ibu harus djaga..jangan sampai kecapekan dan banyak pikiran..trus jaga pantangan, utamanya makanan..mas wawan juga berhati-hati,,karena hipertensi itu penyakit degeneratif,

  25. nawhi said: kalo aku itu darah rendah, biasanya pas kecapekan banget gitu langsung drop deh tensinya.

    samaaaaa..untuk saat ini saya juga darah rendah,mas..waaah,,waaaahhhhh,,waaahhhh,, klan libran sejatiiiih

  26. ivoniezahra berkata:

    *menyimak*Plus ingat tnda2 stroke n pemicu hipertensi, slh satunya jngn kebnyakn makan garaam y Ndut πŸ˜€

  27. moestoain berkata:

    Dulu ayah mus pernah mati separuh (entah istilah darimana) gara-gara stroke, semua anggota tubuh bagian kanan tidak ada yang berfungsi. Dan beliau hanya bisa terlentang diatas kasur rumah sakit selama beberapa bulan. Dukungan dari sekitar dan semangat ayah untuk sembuhlah yang buat ayah akhirnya bisa berjalan normal kembali. dan pastinya butuh waktu yang lama. Semua penyakit pasti ada obatnya Sam. Tetap semangat.sarannya sama dengan teman-teman yang komentar terlebih dahulu soal makanan, dll. Semoga ibu Samihwan lekas sembuh.

  28. nawhi berkata:

    myelectricaldiary said: untuk saat ini saya juga darah rendah,mas..

    obatnya enak, tinggal makan sate dan gulai kambing Ray πŸ˜€

  29. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: slh satunya jngn kebnyakn makan garaam y Ndut πŸ˜€

    Iyaaa, tapi aku kan darah rendah jadi yo ga masalah :PBerarti ntar tugas pean untuk mengingatkan aku kalau kebanyakan garam he3

  30. nawhi berkata:

    moestoain said: Dulu ayah mus pernah mati separuh (entah istilah darimana) gara-gara stroke, semua anggota tubuh bagian kanan tidak ada yang berfungsi. Dan beliau hanya bisa terlentang diatas kasur rumah sakit selama beberapa bulan. Dukungan dari sekitar dan semangat ayah untuk sembuhlah yang buat ayah akhirnya bisa berjalan normal kembali. dan pastinya butuh waktu yang lama. Semua penyakit pasti ada obatnya Sam. Tetap semangat.sarannya sama dengan teman-teman yang komentar terlebih dahulu soal makanan, dll. Semoga ibu Samihwan lekas sembuh.

    Makasih Mus sharingnya, jadi menambah semangat dan keyakinan jika Ibu pasti bisa pulih, secara kondisinya tidak separah ayahmu dulu.Aamiin, suwun Mus dungane.

  31. nawhi berkata:

    bundel said: TFS ya nak, tolong teruskan menulis semua pengalaman ibu karena banyak manfaatnya untuk teman-teman di sini. Didoakan semoga Allah memulihkan kesehatan ibunda kembali.

    sama-sama Bun, Insya Allah, ini saya mengetiknya di sela-sela jam kerja :Dsebab kalo di rumah juga ga sempat, waktunya dipake untuk istirahat.Aamiin Ya Robbal Alamiin.

  32. asasayang berkata:

    mas, apa ibu tiba2 saja ga bisa menggerakkan anggota bdan atau sblmnya ada gejala? Mohon penjelasan

  33. nawhi berkata:

    asasayang said: mas, apa ibu tiba2 saja ga bisa menggerakkan anggota bdan atau sblmnya ada gejala? Mohon penjelasan

    Strokenya Ibu ini termasuk mendadak, sehabis kejadian yang bikin tensinya naik itu, pembuluh darah di otak kiri pecah.Ibu memang selama ini sering sakit kepala, biasanya dikasih obat sakit kepala langsung sembuh. tapi efeknya Ibu jadi tergantung sama tuh obat.

  34. nawhi berkata:

    asasayang said: makasi mas

    sama-sama Lin.

  35. fendikristin berkata:

    makasih ya Mas Ihwan…ternyata golden time buat stroke..saya tau-nya golden time buat balita.Jangan pernah putus asa ya Mas..tetaplah berusaha dan berdoa, pasti yang terbaik untuk Ibu..amiinnn!

  36. nawhi berkata:

    fendikristin said: makasih ya Mas Ihwan…ternyata golden time buat stroke..saya tau-nya golden time buat balita.Jangan pernah putus asa ya Mas..tetaplah berusaha dan berdoa, pasti yang terbaik untuk Ibu..amiinnn!

    sama-sama Mbak, artinya beda-beda untuk tiap kasus tapi intinya sama: waktu yang sangat penting!iya Mbak makasih supportnya ya.

  37. ibuseno berkata:

    Thanks sharingnya Wan..jadi Golden Time itu yg mesti kita jaga ya, jangan sampai melewati masa itu, untunglah Ibu masih sempat di bawa ke RS pd saat golden time.

  38. masfathin berkata:

    Salam untuk Ibunda ya, semoga cepat sehat. Amiiin.

  39. azitafebriani berkata:

    Makasih mas ihwan,,jadi keingetan masih punya janji sama dokter yang kemarin ngerawat mama waktu stroke juga untuk nyebarin info yang udah dikasih beliau. Salah satunya golden time ini.

  40. rirhikyu berkata:

    beneran ga tau kudu komen apaan wanen aku sendiri br tau ttg golden timeaku cm bisa bantu doa biar semua lekas selesai cobaannya, en biar dirimu en keluarga kuaten biar si ibu cepat pulih.

  41. nawhi berkata:

    ibuseno said: Thanks sharingnya Wan..jadi Golden Time itu yg mesti kita jaga ya, jangan sampai melewati masa itu, untunglah Ibu masih sempat di bawa ke RS pd saat golden time.

    sama-sama Teh, senang bisa sharing info yang bermanfaat.

  42. nawhi berkata:

    masfathin said: Salam untuk Ibunda ya, semoga cepat sehat. Amiiin.

    sudah aku sampekan Di, aku bilang kalo Ibu dapet salam dan doa dari temen-temenku di internet.beliau hanya bisa nirukan bilang: internet. harap maklum ya masih susah berbicara. tapi aku yakin di hatinya pasti senang karena banyak yang peduli padanya.

  43. nawhi berkata:

    azitafebriani said: Makasih mas ihwan,,jadi keingetan masih punya janji sama dokter yang kemarin ngerawat mama waktu stroke juga untuk nyebarin info yang udah dikasih beliau. Salah satunya golden time ini.

    sama-sama, sekarang Mama sudah sembuh dari strokenya?berapa lama perawatannya? dijaga baik-baik ya biar tidak sampe kena lagi.info lainnya dibagi juga dong biar kita semua dapet ilmu lagi.

  44. nawhi berkata:

    rirhikyu said: beneran ga tau kudu komen apaan wanen aku sendiri br tau ttg golden timeaku cm bisa bantu doa biar semua lekas selesai cobaannya, en biar dirimu en keluarga kuaten biar si ibu cepat pulih.

    nggak apa-apa Feb, doa yang tulus dari teman-teman itu udah berharga banget kok.

  45. rirhikyu berkata:

    nawhi said: nggak apa-apa Feb, doa yang tulus dari teman-teman itu udah berharga banget kok.

    btw, sorry ya, kl aku taunya telat 😦

  46. nawhi berkata:

    rirhikyu said: btw, sorry ya, kl aku taunya telat 😦

    nggak apa-apa Feb, sante aja πŸ™‚

  47. debapirez berkata:

    alhamdulillah membaik. semoga beliau terus membaik dan ada hikmah dibalik ini semua…

  48. nawhi berkata:

    debapirez said: alhamdulillah membaik. semoga beliau terus membaik dan ada hikmah dibalik ini semua…

    aamiin, makasih Ded.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s