Sejak menjalin hubungan dengan gadis dari Desa Popoh, mau tidak mau saya jadi cukup sering menempuh perjalanan antar kota. Dalam sebulan minimal dua kali saya menempuh perjalanan Malang-Blitar. Kalau sebelumnya sih jarang banget saya menempuh perjalanan yang jauh dengan menggunakan motor kalau tidak ada keperluan yang mengharuskan saya keluar kota.

Melewati jalan antar kota membuat saya harus ‘bersaing’ dengan moda transportasi antar kota bernama bus. Dari sekian perjalanan yang pernah saya tempuh kebanyakan saya mendapat pengalaman yang tidak menyenangkan dengan bus, bahkan nyerempet nyawa juga pernah. Entah mungkin dikejar setoran, saingan dengan sesama bus atau gimana, bus-bus itu selalu mau menang sendiri jika sudah berada di jalan raya.


Jika berada satu jalur dengan bus, biasanya bentuk ‘kenakalan’ bus itu salah satunya memakan badan jalan untuk dirinya sendiri. Akibatnya jika berada di belakangnya kita jadi kesusahan untuk menyalipnya, mau nyalip dari kiri eh busnya ikutan ke kiri, mau nyalip dari kanan ikutan juga ke kanan.
Jika berada di depan bus maka siap-siaplah untuk menebalkan telinga karena bus-bus itu akan setia setiap saat membunyikan klaksonnya yang memekakkan telinga agar kendaraan lainnya menyingkir. Sumpah ya saya terganggu sekali dengan ulah bus yang main klakson seenaknya udelnya itu. Bayangkan jika orang yang diklakson itu gampang panik atau punya penyakit jantung, resikonya bisa berbahaya, entah itu jatuh dari motor atau terkena serangan jantung. Kemarin saya sempat kesal dengan ulah bus yang terus mengklakson minta diberi jalan padahal saya sudah menjalankan motor saya di pinggir bahkan nyaris keluar dari badan jalan.

Pernah juga saya mengalami pengalaman yang hampir membahayakan nyawa ketika bersaing dengan bus dari arah yang berlawanan. Waktu itu di jalur yang saya tempuh tinggal motor saya, kendaraan yang lain masih jauh di belakang saya. Nah dari arah berlawanan ada sekitar tiga mobil yang berjalan dengan kecepatan biasa. Eh sekonyong-konyong dari belakang tiga mobil tersebut muncul bus yang menyalip mereka hingga memakan badan jalan yang saya tempuh. Untunglah saya segera membanting setir hingga keluar dari badan jalan. Kalau tidak, kami pasti sudah disapu sama bus ugal-ugalan tersebut. Saya hanya bisa misuh-misuh jengkel. Apa si sopir bus itu nggak mikir jika motor yang nyaris dia tabrak itu dikendarai manusia juga seperti dia.

Semoga para sopir bus itu mau mengubah cara mereka dalam bekerja, tidak ugal-ugalan dan seenak udelnya dalam membawa bus. Ada banyak nyawa penumpang yang dipercayakan di tangan mereka, juga nyawa pengguna kendaraan yang lain bisa ikut terenggut jika mereka tak berhati-hati dalam mengemudi.

*gambar diambil dari sini

Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

45 responses »

  1. m4s0k3 berkata:

    buset emang paling serem dah saingan sama bus. gw dulu pas liputan hari pertama tahun 2009, langsung punya pengalaman begini. untung gak dilindes karena gw banting setir motor keluar jalan

  2. rengganiez berkata:

    bis2 suroboyo emang edan2an kalo nyetir…dulu pas kuliah ak selalu naik bis yang dari surabaya menuju ke jogja. Langganan Sumber Kencoro, Mira, Eka…Sumber Kencono paling kenceng, tapi yo seneng numpake soale ora mandeg2 njupuk penumpang hehehehe

  3. sukmakutersenyum berkata:

    selain sopir, yg patut disalahkan pengusaha dan pemerintahsopir bus dituntut kasi setoranandai sopir bus dikasi gaji yg gak berdasar setoran (yo bangkrut perusahane hehe)hiks

  4. miftamifta berkata:

    Paling kesel kalau naik Sumber Kencono dari Surabaya-Ponorogo. Jan ugal-ugalan tenan…Sudah kapok naik bus yang satu itu,mending naik bus yang lain

  5. edwinlives4ever berkata:

    nawhi said: Desa Popoh

    Close to Popoh Beach?

  6. edwinlives4ever berkata:

    nawhi said: jalanan jadi berasa horor deh kalau udah ada sopir bus yang ugal-ugalan.

    Carry a gun. Shoot the driver.

  7. ayanapunya berkata:

    malang-blitar itu berapa jam, mas?

  8. bundel berkata:

    miftamifta said: Paling kesel kalau naik Sumber Kencono dari Surabaya-Ponorogo. Jan ugal-ugalan tenan…Sudah kapok naik bus yang satu itu,mending naik bus yang lain

    Lha wong wis ganti jeneng dadi “Sumber Maut” tha ya? Masak iya nak Anik gak nate mireng???Nak Ihwan bar kumpul karo gadis Popoh iku ya? Kudungane biru tha?

  9. trewelu berkata:

    barusan ini bapakku bilang: nggak ngerti a, lek nyowo ndik kene regane murah…

  10. katerinas berkata:

    aduh ngerinya :(Hati-hati ya Wan. Moga selalu selamat dalam perjalanan.Eh tapi kita sudah hati2, yang lain ga hati2 ya tetep juga ya kalo sdh musibah ya kena juga.

  11. ivoniezahra berkata:

    Kapan2 qt mudik naik bis ya mas, biar tahu cr kerja sopir bus. Kalu aq udh hafal seh 😀

  12. museliem berkata:

    Idem, klo disini sama kopaja n metro mini…

  13. fendikristin berkata:

    eaaaa titi dj ya Mas Ihwan yang penting tetep konsentrasi dan hati-hati ya…emang supir2 bus itu lebih mikirin perut-nya daripada keselamatan 😦

  14. elywidya berkata:

    jalanan sby- Lamongan pun ampun2 dah mas…bukan cuman bus aja saingannnya tapi truk treller [bener gak sih tulisane] yang super gede itu suka ambil jalan sakkarepe dewe

  15. wib711 berkata:

    waktu masih sering naik bus ng-AKAP, saya suka ngobrol ama supirnya, kalau ada motor cuma satu didepan, mereka ga bakal gentar, PASTI motornya minggir, ataupun mobil cuma sebiji, tapi kalo dari arah berlawanan ada beberapa motor atau mobil, mereka ga maksa nyalip.Kalo motor satu didepan mereka maksa nyalip, n motor ga mau ngalah pasti dihajar, mereka ga mau kekiri lagi karena bakal ngantem bis yang mau jadi saingannya.paling kalo nabrak, urusan polisi.. ga lama juga keluar..

  16. itsmearni berkata:

    wib711 said: waktu masih sering naik bus ng-AKAP, saya suka ngobrol ama supirnya, kalau ada motor cuma satu didepan, mereka ga bakal gentar, PASTI motornya minggir, ataupun mobil cuma sebiji, tapi kalo dari arah berlawanan ada beberapa motor atau mobil, mereka ga maksa nyalip.Kalo motor satu didepan mereka maksa nyalip, n motor ga mau ngalah pasti dihajar, mereka ga mau kekiri lagi karena bakal ngantem bis yang mau jadi saingannya.paling kalo nabrak, urusan polisi.. ga lama juga keluar..

    ngeri banget sih penjelasan mas Wibduuhhhhhhhh

  17. asasayang berkata:

    ambek sumber kencono mas? Selain kejar setoran kayak’e yo kejar waktu mas. .

  18. ibuseno berkata:

    duh ngeri yaaa kalau ketemu bis luar kota gitu,sama aja dng di Jakarta, TransJakartanya skrng bnyk yg ugal2an. hati2 yaaaa calon manten 🙂

  19. jampang berkata:

    semoga selalu bisa selamat sampe tujuan.sama bis… mending ngalah, kalau lagi naikk motor.

  20. nawhi berkata:

    bundel said: Nak Ihwan bar kumpul karo gadis Popoh iku ya? Kudungane biru tha?

    tergantung baju yang dipakai Bun, tapi emang favoritnya biru 😀

  21. nawhi berkata:

    trewelu said: barusan ini bapakku bilang: nggak ngerti a, lek nyowo ndik kene regane murah…

    lagi bahas apa Mbak emang?

  22. nawhi berkata:

    katerinas said: aduh ngerinya :(Hati-hati ya Wan. Moga selalu selamat dalam perjalanan.Eh tapi kita sudah hati2, yang lain ga hati2 ya tetep juga ya kalo sdh musibah ya kena juga.

    Iya Mbak, amiin makasih.bener, makanya kita berdoa biar selalu selamat kalo nempuh perjalanan.

  23. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: Kapan2 qt mudik naik bis ya mas, biar tahu cr kerja sopir bus. Kalu aq udh hafal seh 😀

    lebih lama waktu perjalanannya dong, mana ntar resiko mabuk kalo muter2 jalannya.

  24. nawhi berkata:

    museliem said: Idem, klo disini sama kopaja n metro mini…

    kamu kalo ngantor naik motor juga? kirain ngebus.

  25. nawhi berkata:

    fendikristin said: eaaaa titi dj ya Mas Ihwan yang penting tetep konsentrasi dan hati-hati ya…emang supir2 bus itu lebih mikirin perut-nya daripada keselamatan 😦

    Iya Mbak, mereka apa ga mikir gimana kalo ternyata yang nyaris ditabrak itu keluarganya sendiri.

  26. nawhi berkata:

    elywidya said: bukan cuman bus aja saingannnya tapi truk treller [bener gak sih tulisane] yang super gede itu suka ambil jalan sakkarepe dew

    waduh tambah ngeri tuh El, kamu kalo pulkam apa ya naik motor, hati-hati di jalan.

  27. nawhi berkata:

    wib711 said: waktu masih sering naik bus ng-AKAP, saya suka ngobrol ama supirnya, kalau ada motor cuma satu didepan, mereka ga bakal gentar, PASTI motornya minggir, ataupun mobil cuma sebiji, tapi kalo dari arah berlawanan ada beberapa motor atau mobil, mereka ga maksa nyalip.Kalo motor satu didepan mereka maksa nyalip, n motor ga mau ngalah pasti dihajar, mereka ga mau kekiri lagi karena bakal ngantem bis yang mau jadi saingannya.paling kalo nabrak, urusan polisi.. ga lama juga keluar..

    Astagaaaa…gitu ya ternyata :0

  28. nawhi berkata:

    asasayang said: ambek sumber kencono mas? Selain kejar setoran kayak’e yo kejar waktu mas. .

    aku ga begitu merhatikan namanya Lin, kayaknya sih semua sama aja.

  29. nawhi berkata:

    ibuseno said: duh ngeri yaaa kalau ketemu bis luar kota gitu,sama aja dng di Jakarta, TransJakartanya skrng bnyk yg ugal2an. hati2 yaaaa calon manten 🙂

    bukannya bus trans sudah ada rutenya sendiri Teh?iya Teh, kami akan selalu berhati-hati. kayak kemarin aku kan agak ngantuk pas bawa motor, mpe sliut-sliut gitu, langsung deh nepi cari warung buat ngopi.

  30. nawhi berkata:

    jampang said: semoga selalu bisa selamat sampe tujuan.sama bis… mending ngalah, kalau lagi naikk motor.

    aamiin, iya Mas mengalah demi keselamatan kita.

  31. syifarah berkata:

    ngapelnya jauh banget yak….sekali2 naik bus ae :p

  32. fauziatma berkata:

    Jadi inget Sumber Kencana. Pernah naik. 😀

  33. mupengml berkata:

    weww..serem euy….saya juga sering kena klakson gitu….akhirnya malah kudu ngebut biar gak terkejar raksasa besi itu :(atau biasanya saya lebih milih jalur alternatif yang notabene jalannya lebih sempit namun relatif aman karena gak ada bus dan truk jumbo yang lewat 😀

  34. roelworks berkata:

    supir bisa nggakmikir lah…prinsipnya kan sini orang susah lagi cari makan, situ enak naik motor, naik mobil…harus menderita juga kayak sini (capek kerja de es be)

  35. elywidya berkata:

    nawhi said: waduh tambah ngeri tuh El, kamu kalo pulkam apa ya naik motor, hati-hati di jalan.

    hu’um mas..kalo musim hujan kek gini nambah satu lagi kemungkinan buruk kehujanan dijalan kayak kemaren minggu :(tapi kadang naek bis sih cman keseringan pke motor naek bis jadinya berasa kek mo mabok ..

  36. nawhi berkata:

    syifarah said: ngapelnya jauh banget yak….sekali2 naik bus ae :p

    lha gimana Mbak, hatiku tertambat di sana eaaaa sok romantis :Dtakut mabok 😀

  37. nawhi berkata:

    fauziatma said: Jadi inget Sumber Kencana. Pernah naik. 😀

    pas ke Bromo dulu ya Ji?

  38. nawhi berkata:

    mupengml said: saya juga sering kena klakson gitu….akhirnya malah kudu ngebut biar gak terkejar raksasa besi itu 😦

    samaaa, kemarin aku juga gitu. lumayan memicu adrenalin, berasa menang n lega banget ketika berhasil ninggalin bus itu sampe jauh.

  39. nawhi berkata:

    roelworks said: supir bisa nggakmikir lah…prinsipnya kan sini orang susah lagi cari makan, situ enak naik motor, naik mobil…harus menderita juga kayak sini (capek kerja de es be)

    sopirnya pasti juga punya motor Mas, jaman sekarang lho motor udah kayak obralan.lha sini punya motor juga dari hasil capek kerja 😀

  40. nawhi berkata:

    elywidya said: kalo musim hujan kek gini nambah satu lagi kemungkinan buruk kehujanan dijalan kayak kemaren minggu :(tapi kadang naek bis sih cman keseringan pke motor naek bis jadinya berasa kek mo mabok ..

    samaaa, tapi dinikmatin aja, aku malah kalo pas hujan itu capeknya ga kayak pas panas.wekekeke pemabok darat juga ternyata.

  41. elywidya berkata:

    nawhi said: samaaa, tapi dinikmatin aja, aku malah kalo pas hujan itu capeknya ga kayak pas panas.wekekeke pemabok darat juga ternyata.

    dulu gak pernah mabok mas..tapi pas udah kerja aq bnyakan pkek motor eh jadinya kl naek bis berasa pengen muntah :-p

  42. estiningtyas berkata:

    aku yo sebel dgn sopir bus yg ugal2an dijalan..

  43. debapirez berkata:

    trnyata bis disana jg kejam. ga kayak disini. jgn2 tuh supirnya org Jakarta ya hehe….

  44. nawhi berkata:

    moestoain said: Bus bagong pasti

    ga bus bagong thok Mus, kabeeh podho ae.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s