Kalau di televisi ada program acara Gaul Bareng Bule yang keliatan seru dan gokil, nah kemarin saya ketiban sial harus Debat Bareng Bule. Beuuh bener-bener deh ya

Baru kali ini saya ngerasain debat sama orang bule dan rasanya campur aduk. Perbedaan bahasa menjadi kendala yang signifikan buat mengemukakan pendapat saya sehingga menyebabkan something miss communication dan bikin kesel.

Cerita berawal ketika ada mahasiswa bule dari Libya yang me-scan beberapa dokumennya, mulai dari paspor dan ijazah. Saat itu yang melayani temen kerja sedangkan saya melayani printing. Meski dokumen yang di-scan agak banyak namun semua berjalan baik-baik saja. Masalah baru timbul ketika file-file itu hendak dicopy ke flashdisk si Bulib, (selanjutnya kita sebut saja dia si Bulib a.k.a Bule Libya) ternyata muncul keterangan jika flashdisk-nya PROTECTED.
Saya lalu bilang sama si Bulib tentang hal itu, lalu dia pinjam flashdisk ke temennya. Masalahpun beres, si Bulib dapat kami layani dengan baik.

Trus kemarin, tahu-tahu si Bulib datang dan main nyelenong gitu ke dalam kubikel operator. Saya sempat nggak ngeh ketika dia berbicara karena intonasinya yang agak cepat dan bergumam itu. Setelah saya minta dia mengulangi dengan pelan-pelan barulah saya mengerti. Flashdisknya yang problem itu sekarang tidak bisa dipergunakan untuk meng-copy file dan file yang sudah ada di dalamnya juga nggak bisa dihapus. Dia meminta saya untuk memformat flashdisknya tersebut.

Bulib menambahkan jika sebelum dipakai untuk mengcopy hasil scan di warnet saya, flashdisknya masih bisa dipergunakan. Dia baru saja membelinya seharga berapa dollar gitu, lupa saya.
Saya pun menerangkan jika selama ini flashdisk milik user yang lainnya fine-fine aja tuh buat ngopy file hasil scan, buktinya flashdisk milik temannya juga gitu. Tapi si Bulib tetep keukeh minta tolong agar saya membenerin flashdisknya.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan pelayanan prima, saya turuti kemauannya. Ternyata hal yang sama terjadi, flashdisknya tetap nggak bisa diformat, muncul tulisan kurang lebih gini: YOUR FLASHDISK CAN’T FORMATED BECAUSE IT PROTECTED.

Saya lalu minta tolong pada Mas Wahyu, TS (Tehnical Support) saya. Ternyata sama, tetep nggak bisa diformat. Waduh panic deh saya, karena si Bulib itu ngotot banget meminta pertanggung jawaban. Mas Wahyu lalu menenangkan saya kalau si Bulib itu nggak bisa nuntut karena dia tidak punya bukti kalau sebelum dipakai di B-Web apakah benar flashdisknya masih oke. Hal seperti itu sering terjadi pas dulu jaman-jamannya Mas Wahyu masih bertugas di B-Web dan sampai debat segala guna mempertahankan pendapat masing-masing.

Kami bukannya mau lepas tanggung jawab namun memang tidak ada persetujuan di awal bahwa akan ada penggantian jika nanti ada problem atau kerusakan di salah satu alat (entah itu computer, flashdisk dll). Dan seperti dibilang Mas Wahyu, tidak ada bukti kuat jika sebelum dibawa ke B-Web tuh flashdisk masih oke atau enggak.

Saya lalu kembali menemui si Bulin dan mengatakan yang sebenarnya. Lalu saya menyarankan agar dia membawa flashdisknya ke toko tempat dia membeli untuk meminta ganti rugi. Dia bilang belinya di Libya sanaa, eaaa tepok jidat.
Si Bulib lalu memutuskan untuk meninggalkan flashdisknya agar bisa saya perbaiki, beneran deh saya kesel karena tuh orang ngotot banget. Mana ketika saya tanyai apakah dia bisa membuktikan jika flashdisk-nya emang masih oke sebelum dipakai di warnet saya, dia tetep kekeuh dengan pendapatnya.
Agar nggak terbawa emosi dan berusaha berempati, saya berusaha menempatkan diri di posisinya, namun saya juga pengin dia mendengar argument saya kalau selama ini juga tidak ada masalah dengan flashdisk milik user-user yang lain.

Selama ini saya berusaha memberikan pelayanan yang baik pada para mahasiswa bule dari Libya itu. Meski dengan kemampuan bahasa inggris yang seadanya, Alhamdulillah bisa nyambung ngomongnya sehingga mereka bisa terlayani dengan baik. Buktinya jika merekake B-Web lagi, mereka dengan ramah mengucapkan salam baik saat datang maupun pergi.

Bukan rahasia umum di perpus saya jika ada beberapa mahasiswa dari luar negeri itu suka seenaknya jika berkunjung ke perpustakaan, termasuk dari Libya. Mulai dari yang tidak membawa KTM, main nyelenong masuk lewat pintu staff, membawa tas ke dalam perpus dan lain-lain. Salah satu temen kerja saya pernah dibuat kesal dengan tingkah mahasiswa Libya yang marah-marah ketika ditegur karena dia membawa tas ke dalam perpus. Whoooiiii emangnya ini perpus milik nenek moyang lo yang ada di Libya sana, kok seenaknya gitu.

Kembali ke flashdisk-nya si Bulib. Sepeninggal si Bulib saya lalu mencoba gugling cara membuka flash yang terproteksi. Nemuin beberapa cara namun setelah dicoba tetep aja nggak bisa. Saya juga menghubungi temen kerja yang kemarin melayani si Bulin namun nggak berada di warnet karena ada tugas dari rektorat. Setelah rembugan, disepakati kalau di flash-nya nggak bisa diperbaiki dan si Bulib tetep ngotot maka akan kami ganti flash-nya tapi separuh harga. Flash-nya si Bulib yang berkapasitas 8 Gb akan kami ganti dengan 4Gb.

Pagi tadi, si Bulib tahu-tahu udah datang aja gitu. Padahal saya belum fasih latihan penjelasan yang akan saya sampaikan ke dia

Dengan agak pletat-pletot saya kasih tahu yang sebenarnya, sempat sih saya tanyain apa dia bisa bahasa Indonesia, ternyata nggak bisa. Maksudnya biar saya lebih detail menjelaskannya. Di tengah-tengah penjelasan yang saya berikan, eh si Bulib memotong pembicaraan.

Dia menanyakan kenapa gantungan flashdisknya lepas. FYI, pembungkus flash-nya itu memang bukan dari plastic namun dari imitasi kulit gitu. Nah di pembungkusnya itu ada semacam gantungan buat pegangan.
Seingat saya gantungannya itu emang udah lepas dari kemarin, sialnya saya blang gimana ngomongin hal itu dalam bahasa inggris. Damn!

Belum sempat saya ngomong, si Bulib meminta flash-nya dan kemudian dengan ekpresi penuh kemarahan dia pergi begitu saja dari hadapan saya.

Saya pun tak kalah kesalnya diperlakukan kayak gitu, mau ngumpat-ngumpat orangnya udah nggak ada. Akhirnya saya ngomong sendiri kayak orang gila: β€œHalaah, ya wes kalau dia marah, malah beneran saya nggak perlu pusing-pusing nggantiin flash-nya..!”

Heraan deh, katanya tuh flashdisk beli di Libya tapi kok kualitasnya rendahan gitu.

Awas ya, jangan sampai tuh Bulib ke sini lagi, saya nggak bakal mau melayani, biarin deh dia nanti ngomong mpe berbusa dalam bahasa inggris sama temen saya atau anak PKL, nggak akan ada yang ngerti!


*ngetik ini sambil mbatin: jabang bayi lanang wedhok, jangan sampai anak saya kelak niru sifat si Bulib itu, kalau niru kulit putihnya si boleh he he he*

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

68 responses »

  1. ivoniezahra berkata:

    kok aq bcnya malah ngekek ya yank.tahu bulenya sekilas :))

  2. cawah berkata:

    hihihihhi…..ketika si Bule nesu” harusnya judule XD

  3. cawah berkata:

    kulit gak putih g masalah yg pentiung sifat dan hatinya bagus ^^b

  4. fickleboon berkata:

    nawhi said: *ngetik ini sambil mbatin: jabang bayi lanang wedhok, jangan sampai anak saya kelak niru sifat si Bulib itu, kalau niru kulit putihnya si boleh he he he*

    wuoh! udah hamdun?! *lospokus*

  5. nawhi berkata:

    fickleboon said: wuoh! udah hamdun?! *lospokus*

    beluum tahuu, ini cuma jaga-jaga aja Chan.

  6. ayanapunya berkata:

    udah ada tanda-tanda yaaa?

  7. rirhikyu berkata:

    amit2 jabang bayieh dah ada jabang bayinya di ivon?

  8. bundel berkata:

    Nak Ihwan, saya kasih tahu, barang dari Timur Tengah kualitasnya nggak seperti yang nak Ihwan bayangkan. Banyak yang jelek, makanya kalau di Eropa kita belanja ke toko-toko milik pengusaha Timur Tengah dapat barang harga murah. :-)BTW saya sepaham kalau dia marah malah ngentengi njenengan, nggak ada urusan lagi kan dengan dia?

  9. ivoniezahra berkata:

    @mbk ancha : belum, gmana hamdun? Tgl 22 akad tgl 23 sy dpt halangan haid πŸ™‚

  10. ivoniezahra berkata:

    @mbk feb: Belum πŸ˜€

  11. jampang berkata:

    jadi masalah selesai kan?*ikutan ngikik

  12. darnia berkata:

    nawhi said: *ngetik ini sambil mbatin: jabang bayi lanang wedhok, jangan sampai anak saya kelak niru sifat si Bulib itu, kalau niru kulit putihnya si boleh he he he*

    kalimat yang ini bener-bener mbikin fokusnya pada ke sini semua XD*moga-moga cepet yah* :)Mau bule mau enggak…kalo emang pada dasarnya sengak ya sengak orangnya.Kalo di sini seringan berantem sama Indiahe. Meski perusahaan/negaranya bonafit tapi SDM-nya ble’e ya jadinya sama aja…

  13. Walaah kok sebagian besar fokusnya ke hamil ya, tujuannya nulis itu buat jaga-jaga aja. Doain ya biar lekas dikasih momongan, aamiin.Buat Echan maksudnya hamdun itu hamil duluan, walaah jangan sampai deh.Seperti yang dibilang istri, sehari setelah akad dia malah mens. Puasa deh seminggu he3

  14. fickleboon berkata:

    mozaikpublishouse said: Buat Echan maksudnya hamdun itu hamil duluan, walaah jangan sampai deh.Seperti yang dibilang istri, sehari setelah akad dia malah mens. Puasa deh seminggu he3

    widih ampe khusus buat echan… hihihi… nggalah Wan, hamdun yah maksudnya hamil aja πŸ™‚ gak pake acara duluan :)didoain cepet yaaahhhh πŸ™‚

  15. arsitaarsita berkata:

    mozaikpublishouse said: Walaah kok sebagian besar fokusnya ke hamil ya, tujuannya nulis itu buat jaga-jaga aja. Doain ya biar lekas dikasih momongan, aamiin.Buat Echan maksudnya hamdun itu hamil duluan, walaah jangan sampai deh.Seperti yang dibilang istri, sehari setelah akad dia malah mens. Puasa deh seminggu he3

    Lumayan lah sehari #eh

  16. asasayang berkata:

    hahaha. .kalimat terakhir persis kayak ibuk mertua

  17. m4s0k3 berkata:

    ivoniezahra said: @mbk ancha : belum, gmana hamdun? Tgl 22 akad tgl 23 sy dpt halangan haid πŸ™‚

    mbak ancha?

  18. m4s0k3 berkata:

    tapi emang penutup tulisan ini kocak, wan. ambil baiknya, sepahnya mah buang aja. gitu kan? hahaha..

  19. bundel berkata:

    ivoniezahra said: @mbk ancha : belum, gmana hamdun? Tgl 22 akad tgl 23 sy dpt halangan haid πŸ™‚

    Sssssttttt…… dibisikin sini : Pengalaman mengatakan, itu justru pas masa subur, biasnya habis halangan gitu langsung hamdun.

  20. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: kok aq bcnya malah ngekek ya yank.tahu bulenya sekilas :))

    ini namanya menulis gaya komedi satir, Ndut, menertawakan sesuatu yang sebenarnya menyebalkan/menyedihkan.

  21. nawhi berkata:

    cawah said: hihihihhi…..ketika si Bule nesu” harusnya judule XD

    kayak novel KCB ajah πŸ˜€

  22. nawhi berkata:

    cawah said: kulit gak putih g masalah yg pentiung sifat dan hatinya bagus ^^b

    setujuu, tapi kalo dapet dua2nya lebih enak kan.

  23. utuhspeedy berkata:

    bule ndak selamanya pinter loane pernah bawa vendor dari NSN (Nokia Siemens Netwok) langsung dari Jerman, waktu kami makan di salah satu resto dia dengan santainya minum air kobokan (pan biasanya di taruh daun kemangi) lalu dia bilang ama kami “sup Indonesia rasanya tawar ya”*tepok jidat plus ketawa gulung^^

  24. nawhi berkata:

    ayanapunya said: udah ada tanda-tanda yaaa?

    errr ga tau ya he3cuman jaga-jaga Yan, daripada ntar aku ngatain-ngatain orang eh ternyata di peyut udah ada si dedek, ntar sifatnya jadi nurun tuh orang kan berabe.

  25. nawhi berkata:

    rirhikyu said: amit2 jabang bayieh dah ada jabang bayinya di ivon?

    belum, doain ya Feb.

  26. nawhi berkata:

    bundel said: Nak Ihwan, saya kasih tahu, barang dari Timur Tengah kualitasnya nggak seperti yang nak Ihwan bayangkan. Banyak yang jelek, makanya kalau di Eropa kita belanja ke toko-toko milik pengusaha Timur Tengah dapat barang harga murah. :-)BTW saya sepaham kalau dia marah malah ngentengi njenengan, nggak ada urusan lagi kan dengan dia?

    oh begitu tho Bun, pantesan, makasih atas infonya.mungkin karena persepsi kita selama ini yang terlanjur keliru menganggap barang bikinan LN selalu lebih bagus dari barang bikinan DN.semoga dia ga ke sini lagi deh Bun.

  27. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: @mbk ancha

    dia namanya Echan Ndut he3

  28. nawhi berkata:

    jampang said: jadi masalah selesai kan?*ikutan ngikik

    sudaah, semoga ga balik lagi he3

  29. fickleboon berkata:

    nawhi said: dia namanya Echan Ndut he3

    salam kenal neng Ivone πŸ˜€ saya echan…*Daritadi gak ngeh*

  30. nawhi berkata:

    darnia said: kalimat yang ini bener-bener mbikin fokusnya pada ke sini semua XD*moga-moga cepet yah* :)Mau bule mau enggak…kalo emang pada dasarnya sengak ya sengak orangnya.Kalo di sini seringan berantem sama Indiahe. Meski perusahaan/negaranya bonafit tapi SDM-nya ble’e ya jadinya sama aja…

    iya neh, apa dihapus aja yak? tapi terlanjur kamu quote gitu :Dtapi rata-rata bule yang ke perpus itu gayanya songong, minta dilayani maksimal tapi mereka ga jaga attitude mereka ke pegawai.

  31. nawhi berkata:

    fickleboon said: didoain cepet yaaahhhh πŸ™‚

    aamiin, saling mendoakan ya Chan πŸ™‚

  32. nawhi berkata:

    arsitaarsita said: Lumayan lah sehari #eh

    eaaa dibahasss :))

  33. nawhi berkata:

    asasayang said: hahaha. .kalimat terakhir persis kayak ibuk mertua

    jogo-jogo Lin.

  34. nawhi berkata:

    m4s0k3 said: tapi emang penutup tulisan ini kocak, wan. ambil baiknya, sepahnya mah buang aja. gitu kan? hahaha..

    makasih Yas, yupe setujuuuh.*lempar sepahnya*

  35. nawhi berkata:

    bundel said: Sssssttttt…… dibisikin sini : Pengalaman mengatakan, itu justru pas masa subur, biasnya habis halangan gitu langsung hamdun.

    *mencuri-curi dengar*aamiin Bun.

  36. estiningtyas berkata:

    bule njaluk dikeplak iku

  37. nawhi berkata:

    utuhspeedy said: ane pernah bawa vendor dari NSN (Nokia Siemens Netwok) langsung dari Jerman, waktu kami makan di salah satu resto dia dengan santainya minum air kobokan (pan biasanya di taruh daun kemangi) lalu dia bilang ama kami “sup Indonesia rasanya tawar ya”

    *ngakak maksimal*trus kamu jawab apa Gan?

  38. nawhi berkata:

    estiningtyas said: bule njaluk dikeplak iku

    tolong keplakin Mbak πŸ˜€

  39. estiningtyas berkata:

    sing cerak kan koe mas..ayo wani ora ngeplak bule ne?

  40. ayanapunya berkata:

    ivoniezahra said: mbk ancha

    gimana kalau ancha baca ini, ya? πŸ˜€

  41. nawhi berkata:

    estiningtyas said: sing cerak kan koe mas..ayo wani ora ngeplak bule ne?

    enggak wes mbak, emoh golek masalah, golek rejeki ae gawe bojo he3

  42. nawhi berkata:

    ayanapunya said: gimana kalau ancha baca ini, ya? πŸ˜€

    kita tunggu sajaah πŸ˜€

  43. darnia berkata:

    fickleboon said: salam kenal neng Ivone πŸ˜€ saya echan…*Daritadi gak ngeh*

    kemaren ketuker sama Ichahari ini ketuker sama Anchakapan mau tukeran sama gw, Chan? πŸ˜€

  44. nawhi berkata:

    darnia said: kemaren ketuker sama Ichahari ini ketuker sama Anchakapan mau tukeran sama gw, Chan? πŸ˜€

    mungkin ini pertanda kalau mereka bertiga harus membentuk girl band :D*abaikan kalo ancha cowok*

  45. tintin1868 berkata:

    ngakak dulu.. ngakak lagi baca komen soal paragraf paling akhir paling kecil paling bawah.. :Dya kalu sama bulib gitu mendingan jangan debat deh.. percuma juga..

  46. nawhi berkata:

    tintin1868 said: ngakak dulu.. ngakak lagi baca komen soal paragraf paling akhir paling kecil paling bawah.. :Dya kalu sama bulib gitu mendingan jangan debat deh.. percuma juga..

    senangnya bisa bikin Mbak Tin ketawa.saya pribadi kalo ga merasa salah trus disalah2in gitu ga mau Mbak, makanya saya debat terus he3

  47. fickleboon berkata:

    darnia said: kemaren ketuker sama Ichahari ini ketuker sama Anchakapan mau tukeran sama gw, Chan? πŸ˜€

    icha ancha echan >> nama girlbandnya ACIYEEEEEEEEEEE… πŸ˜›

  48. gitacinta berkata:

    kekkeke… lah aq kebayang bulibny bekulit hitam, pernah ketemuny yng begitu… ^__^

  49. ibuseno berkata:

    ngomel2 pake bahasa kera ngalam aja wan, ngerti gak tuh si elub πŸ™‚

  50. debapirez berkata:

    Pk bahasa tarzan aja.trus smbl ngacungin golok haha…

  51. aghnellia berkata:

    eh emang orang libya putih yaah? libya itu bukannya di afrika kan yaa? *buka peta dora*bener tuh wan apa yang dibisikin buda julie..biasanya klo nikah pas mens itu langsung cepet hamil #pengalaman

  52. nawhi berkata:

    gitacinta said: kekkeke… lah aq kebayang bulibny bekulit hitam, pernah ketemuny yng begitu… ^__^

    bule libya yang kuliah di kampusku rata2 berkulit putih.

  53. nawhi berkata:

    ibuseno said: ngomel2 pake bahasa kera ngalam aja wan, ngerti gak tuh si elub πŸ™‚

    yo ga ngerti Teh, yang ada saya kayak orang gila.

  54. nawhi berkata:

    debapirez said: Pk bahasa tarzan aja.trus smbl ngacungin golok haha…

    wahahahaha sangar

  55. nawhi berkata:

    aghnellia said: eh emang orang libya putih yaah? libya itu bukannya di afrika kan yaa? *buka peta dora*bener tuh wan apa yang dibisikin buda julie..biasanya klo nikah pas mens itu langsung cepet hamil #pengalaman

    yang kuliah di sini putih2 Mbak.aamiin, moga disegerakan ma Allah.

  56. utuhspeedy berkata:

    nawhi said: *ngakak maksimal*trus kamu jawab apa Gan?

    cuma bisa bengong ajaludes tu air kobokan di santapnya

  57. bundel berkata:

    nawhi said: persepsi kita selama ini yang terlanjur keliru menganggap barang bikinan LN selalu lebih bagus dari barang bikinan DN.

    YA, kita selalu beranggapan begitu. Padahal mereka malah seringkali bilang barang-barang kita bagus mutunya. Contohnya, sepatu kita di luar negeri dijual di toko-toko besar dengan harga mahal lho, nggak di pertokoan Timur Tengah begitu.

  58. asasayang berkata:

    *nganggukin bisikannya bunda*soale masa subur wanita rata2 hari ke-11-18 mens hari pertama. . .#eaaa dibahas

  59. bundel berkata:

    asasayang said: *nganggukin bisikannya bunda*soale masa subur wanita rata2 hari ke-11-18 mens hari pertama. . .#eaaa dibahas

    Bener kuwi lho nduk, soale aku mbiyen ya bar halangan, terus dadi anakku sing mbarep sing mati kae lho.

  60. asasayang berkata:

    kalo aq maren dah lewat ‘masa itu’ bunda, jadi telat deh

  61. rhehanluvly berkata:

    Woh jadi dapet pengetahuan baru soal masa subur

  62. bundel berkata:

    rhehanluvly said: Woh jadi dapet pengetahuan baru soal masa subur

    Hehehehe…….. gratis lho gak sah mbayar wis tak tuturi pisan.

  63. nawhi berkata:

    *nyimak obrolan para wanita*

  64. thebimz berkata:

    private bahasa inggris dong wan, atau pake penterjemah tersumpah sana :))

  65. wikan berkata:

    keturunan ghadafy? πŸ™‚

  66. nawhi berkata:

    thebimz said: private bahasa inggris dong wan, atau pake penterjemah tersumpah sana :))

    kamu kan jago speak-speak inggris, kursus sama kamu aja gimana? πŸ˜€

  67. nawhi berkata:

    wikan said: keturunan ghadafy? πŸ™‚

    ngak sempat nanya Mas πŸ˜€

  68. thebimz berkata:

    nawhi said: kamu kan jago speak-speak inggris, kursus sama kamu aja gimana? πŸ˜€

    kamu gantian ajarin saya speak-speak jowo ya πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

