Alhamdulillah, bulan ini kehamilan Ndut sudah memasuki usia tiga bulan. Secara kasat mata udah mulai kelihatan kehamilannya, tidak seperti bulan sebelumnya.

Memasuki usia tiga bulan ini beneran terasa deh perjuangan kami, Ndut harus berjuang dengan rasa mual dan kondisi badan yang masih lemas setiap harinya. Sementara saya ‘berjuang’ memenuhi keinginan ngidam Ndut dan menggantikan hampir semua tugas Ndut sebagai istri selama ini.

Tiap wanita hamil memiliki keunikan tersendiri, ada yang kondisinya tetap fit dan bugar meski ketika menjalani trimester awal yang sangat penting tapi ada juga yang kondisinya letih dan lemas. Ndut masuk kategori yang kedua. Saya sendiri sebagai seorang suami berusaha mengerti dan memahami kondisi tersebut.

Awalnya sih sempat heran dan agak gimana gitu. Di pagi hari di saat saya bersiap-siap untuk kerja, Ndut masih terlelap. Jadinya saya masak sendiri seadanya untuk sarapan. Lalu pas pulang kerja, eh Ndut tiduran lagi. Tapi sepanjang hari dia nggak tiduran kok, siang hari dia masih bisa masak dan mencuci pakaian. Ya udahlah saya memaklumi.

Namun keadaan tidak menjadi lebih baik di minggu berikutnya, Ndut makin lemes aja. Dia udah nggak kuat untuk masak dan mencuci pakaian, bahkan kami sempat bertengkar kecil gara-gara Ndut nggak mau menggorengkan saya telur ketika saya pulang ke rumah saat sholat Jumat.
Awalnya sempat kecewa, masa gorengin telur aja nggak mau. Namun setelah tahu penyebabnya saya jadi merasa bersalah sendiri. Ndut akhirnya bilang kalau dia muntah-muntah kalau mencium bau-bau gorengan, apalagi telur. Eneg bangett. Di sinilah saya mengambil pelajaran bahwa komunikasi yang baik dibutuhkan agar tidak sampai terjadi kesalahpahaman.

Ndut sendiri kalau udah mentok gitu kadang merasa sedih dan bersalah dengan kondisinya itu. Dia sedih nggak bisa ngapa-ngapain dan merasa bersalah karena tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai istri. Di saat itulah saya berusaha membesarkan hati Ndut bahwa kondisi itu akan segera berakhir memasuki bulan keempat, begitulah informasi yang pernah kami dapatkan.

Dan dia nggak perlu sampai merasa bersalah karena saya bisa memaklumi dan mengerti. Mungkin terdengar seperti pencitraan ya, tapi sebagai suami memang kita mau nggak mau harus seperti itu.
Istri sudah mengandung benih cinta kita dengan kondisi yang payah dan penuh perjuangan, maka sudah sepatutnyalah kita sebagai suami memberikan perhatian dan kasih sayang yang lebih.

Untungnya sebelum berumah tangga saya sudah sering ‘main’ ke dapur sehingga sekarang saya tidak mengalami banyak kesulitan untuk menggantikan tugas Ndut memasak. Untuk memasak sayuran, saya terbantu dengan bumbu-bumbu instant yang tersedia di supermarket. Tinggal siapkan bahan-bahannya, lalu kalau udah siap langsung deh campur dengan bumbunya. Praktis banget. Untungnya saya diingatkan sama Bulek agar tidak keseringan memakai bumbu instant karena khawatir bahan pengawetnya akan berdampak negative pada Baby Enju. Saya dianjurkan untuk membeli bumbu racikan yang ada di warung kelontong atau penjual sayuran.

Jadilah tiap pagi, kegiatan saya adalah memasak makanan untuk kami berdua, mandi, buatin susu hamil untuk Ndut, sarapan, barulah saya berangkat kerja. Sedangkan masakan buat Ibu gantian sama kakak mempersiapkannya. Mungkin karena saya belum terbiasa dengan aktifitas sebanyak itu, hampir tiap hari saya agak telat tiba di kantor. Yaa, mau gimana lagi, sudah tanggung jawab saya sebagai suami. Meski dengan resiko uang insentif terpotong jika datang telat tapi nggak apa-apa deh, yang penting Ndut dan Baby Enju sudah tercukupi kebutuhannya di sebelum saya berangkat kerja.

Pengalaman yang menakjubkan terjadi ketika kami kontrol ke dokter kandungan kami, Dokter Reny. Jika di bulan sebelumnya kami belum bisa melihat wujud Baby Enju di dalam kandungan, maka di bulan ketiga ini kami sudah bisa melihatnya. Subhanallah, rasanya amazing ketika melihat di layar USG wujud Baby Enju yang berupa janin berukuran 2,1 cm itu.
Apalagi ketika Dokter Reny menunjukkan gambar berkedip-kedip di layar yang merupakan denyut jantungnya Baby Enju. Makin takjub lagi ketika ada bagian dari janin Enju yang bergerak-gerak aktif, mungkin cikal bakal organ tubuh tangan karena letaknya di bagian atas. Sayang hasil USG itu nggak bisa diprint karena alat USG-nya jadul. Next month, kami akan periksa di tempat praktek Dokter Reny di rumah sakit yang lain, yang hasil USG-nya bisa diprint.

Karena janin Enju sudah ada denyut jantungnya, itu artinya sudah ada ruh yang ditiupkan di dalam tubuhnya maka kami pun mulai mengajak Baby Enju berkomunikasi. Komunikasi yang intens kami lalukan biasanya ketika berangkat kerja, sehabis sholat dan ketika mau tidur.
Ketika berangkat kerja, selain pamitan sama Ndut saya juga pamitan sama Baby Enju. Kalau habis sholat sejak tahu Ndut hamil saya sudah rutin membacakan surat Al-Fatihah untuk mereka berdua agar sehat dan selamat sampai melahirkan nanti. Lalu ketika mau tidur biasanya saya dongeng atau nyanyikan lagu-lagu buat Enju. Dongengnya sih dongeng versi saya, nggak usah diceritain di sini ya, makin panjang ntar. Kalau lagunya biasanya lagu Nina Bobo atau kami puterin lagu dari hape, yang paling utama lagu Islaminya Maher Zain dan lagu cerianya Cleopatra Stratan.

Memasuki bulan Ramadhan, ada tambahan lagi, sehabis sholat Tarawih saya tadarus di depannya Ndut agar Baby Enju semenjak di dalam kandungan sudah terbiasa mendengar lantunan ayat-ayat suci Al-Quran, harapannya Enju kelak menjadi anak yang sholeh/sholehah dan senang membaca, terutama Al-Quran, aamiin.

Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

53 responses »

  1. faziazen berkata:

    Mas, kemarin aku buka empe nya kok ga bisa ya?

  2. faziazen berkata:

    iya, kalo hamil muda emang gitu..lemees..ngantuk melulu, apalagi malang lagi dingin-dingin nyaMba Ivone ngidam apa aja?btw usia baby Enju udah berapa minggu?

  3. justwik berkata:

    alhamdulillah…moga lancar sampai kelahiran nanti

  4. nawhi berkata:

    faziazen said: Mas, kemarin aku buka empe nya kok ga bisa ya?

    fine-fine aja kok MP-ku Zen, mungkin koneksinya aja yang jelek.

  5. faziazen berkata:

    nawhi said: fine-fine aja kok MP-ku Zen, mungkin koneksinya aja yang jelek.

    iya, kayaknya lagi ngacotulisannya “this multiply page does not exist”

  6. nawhi berkata:

    faziazen said: apalagi malang lagi dingin-dingin nyaMba Ivone ngidam apa aja?btw usia baby Enju udah berapa minggu?

    yupe, apalagi wanita hamil kalau menjelang sore suhu badan meningkat jadi makin terasa deh dinginnya.macem-macem, lupa cerita di blog *tepok jidat*ngidamnya nggak nyeleneh2 sih tapi pas lagi dicari makanannya itu susaah dapetnya. mungkin di situ seninya ngidam.mau 12 minggu.

  7. nawhi berkata:

    justwik said: moga lancar sampai kelahiran nanti

    Aaamiin a Robb, makasih Mbak.

  8. nawhi berkata:

    faziazen said: tulisannya “this multiply page does not exist”

    jangan kuatir, Insya Allah Ehone akan tetap eksis di MP he3

  9. nanazh berkata:

    semangat calon Bapak!!!! 🙂

  10. faziazen berkata:

    nawhi said: ngidamnya nggak nyeleneh2 sih tapi pas lagi dicari makanannya itu susaah dapetnya. mungkin di situ seninya ngidam.

    iya, kadang ngidamnya, jam 12 malam..kata temen yg udah melahirkan sih, sebenernya ngidam itu wajar, karena si baby kekurangan zat tertentu..

  11. ivoniezahra berkata:

    Tapi maaf sarapannya selalu telat 😀

  12. faziazen berkata:

    ivoniezahra said: Tapi maaf sarapannya selalu telat 😀

    jam berapa?yang penting tiap hari tepat waktu, biar ga kena maag

  13. nawhi berkata:

    nanazh said: semangat calon Bapak!!!! 🙂

    Haruss itu, semoga melalui tulisan ini Anas juga bisa belajar biar kelak nggak kaget lagi menghadapi istrinya yang hamil.

  14. nawhi berkata:

    faziazen said: iya, kadang ngidamnya, jam 12 malam..kata temen yg udah melahirkan sih, sebenernya ngidam itu wajar, karena si baby kekurangan zat tertentu..

    untungnya Ndut ngidamnya ga malam2.yupe bener, aku juga pernah baca artikel yang isinya seperti itu.misal saat wanita hamil ngidam yang kecut-kecut (buah) itu pertanda babynya kekurangan vitamin c.

  15. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: Tapi maaf sarapannya selalu telat 😀

    nggak boleh sebenarnya, ga baik untuk ibu dan janinnya. *ngulangin nasihat di telepon*

  16. ayanapunya berkata:

    moga lancar sampai hari kelahiran ya buat ivone :)klo ibuku dulu pas hamil adik bungsu nggak tahan nyium bau mi instan

  17. faziazen berkata:

    nawhi said: untungnya Ndut ngidamnya ga malam2

    Alhamdulillah

  18. ivoniezahra berkata:

    Zen : jam 9. Ngidamku lbh condong ke makanan. Kyk sop buntut, bebek goreng, mpek-mpek, siomay, roti bkar, gado2. Pokoknya makanan yg g biasa q makan 😀

  19. faziazen berkata:

    nawhi said: jangan kuatir, Insya Allah Ehone akan tetap eksis di MP he3

    sipp 🙂

  20. faziazen berkata:

    ivoniezahra said: Zen : jam 9. Ngidamku lbh condong ke makanan. Kyk sop buntut, bebek goreng, mpek-mpek, siomay, roti bkar, gado2. Pokoknya makanan yg g biasa q makan 😀

    ahahaha biasanya makan apa Mbak?kalo aku malah ngidamnya aneh, pingin masakan luar jawa (mie aceh, ayam betutu khas bali, rendang, sambal matah)

  21. faziazen berkata:

    ivoniezahra said: jam 9.

    jadi biasa sarapan nasi ya 🙂

  22. ivoniezahra berkata:

    Ya masakan biasa di rumah. Kalu yg ngidam itu jrng makan :Dmakanan luar jawa yg pengen q maem tuh soto Banjar 😀

  23. ivoniezahra berkata:

    Kalau jam segt, iya Zen 🙂

  24. faziazen berkata:

    ivoniezahra said: soto Banjar 😀

    belom pernah makan 😀

  25. nawhi berkata:

    ayanapunya said: moga lancar sampai hari kelahiran ya buat ivone :)klo ibuku dulu pas hamil adik bungsu nggak tahan nyium bau mi instan

    aamiin, maksih Yana.temen ada yang ga tahan nyium bau nasi baru mateng.

  26. faziazen berkata:

    ntar kalo di atas minggu ke-16 biasanya udah gak lemes..gak mualselera makan juga meningkat

  27. nawhi berkata:

    wah-wah ini dua ibu hamil sedang ‘berkonspirasi’ tukeran info makanan ngidam xixixixi

  28. jampang berkata:

    semoga sehat-sehat selalu…

  29. faziazen berkata:

    nawhi said: wah-wah ini dua ibu hamil sedang ‘berkonspirasi’ tukeran info makanan ngidam xixixixi

    xixixixixixixixixixi 😀

  30. azitafebriani berkata:

    hai, salam kenal mbak ivone :)andai soto banjar bisa dibeku-in, saya kirim deh dari sini 🙂

  31. dieend18 berkata:

    hehehe.. Mas Anang kmrn jg gt, Wan. Apalg hamil kmrn aku banyak bedrestnya, jd otomatis semua krjaan rumah mas Anang yg ngerjain.. Moga Ivon dan baby Enju selalu sehat yaa

  32. ivoniezahra berkata:

    Mbk Azita : Salam kenal balik mbk. Iya, kalu dr tempt aslinya bisa dipastikan makyus rasanya. Apalg soto banjar Bang Ahmad tepi sungai itu, waw waw enaaak :DSy pny bhan bumbunya tp blum sanggup masak sendiri di dpur. Bau bumbu digoreng sj mualnya minta ampun 😀

  33. siantiek berkata:

    semoga sehat ya Ivone & Baby Enju eh bapak nya juga dooong .Duet dong ngaji & nyanyinya biar Baby enju makin seneng liat mak bapaknya kompak 😀

  34. debapirez berkata:

    nawhi said: Karena janin Enju sudah ada denyut jantungnya, itu artinya sudah ada ruh yang ditiupkan di dalam tubuhnya maka kami pun mulai mengajak Baby Enju berkomunikasi

    Bukannya pas bulan keempat ya?

  35. trewelu berkata:

    Semoga baby enju sekeluarga sehat selalu… Oya, kayaknya detak jantung gak ada hubungannya ama ruh… Dulu sejak periksa 6-7 minggu janinnya juga udah keliatan berdenyut2..

  36. nawhi berkata:

    jampang said: semoga sehat-sehat selalu…

    aamiin, makasih mas.

  37. faziazen berkata:

    debapirez said: Bukannya pas bulan keempat ya?

    katanya sih roh ditiup di hari ke 120, tapia da yang bilang sebelum itu udah ada rohnya

  38. azitafebriani berkata:

    wawawawaw,,,,,,saya meskipun ada bahannya juga ga bisa masaknya..hehehesemoga segera berlalu ya segala mual-mualnya 🙂

  39. nawhi berkata:

    dieend18 said: hehehe.. Mas Anang kmrn jg gt, Wan. Apalg hamil kmrn aku banyak bedrestnya, jd otomatis semua krjaan rumah mas Anang yg ngerjain.. Moga Ivon dan baby Enju selalu sehat yaa

    rata-rata emang kayak gitu, saat istri hamil suami yang turun ke dapur n cucian he3aamiin, makasih Dee.

  40. nawhi berkata:

    moestoain said: Aaaaaamiiiiiiin

    suwun Pakleeekkk.

  41. nawhi berkata:

    siantiek said: semoga sehat ya Ivone & Baby Enju eh bapak nya juga dooong .Duet dong ngaji & nyanyinya biar Baby enju makin seneng liat mak bapaknya kompak 😀

    aamiin, makasih Tante Nabura.karaoke aja sekalian yak :))

  42. bundel berkata:

    Selamat menikmati peran jadi calon bapak dan ibu ya, berbahagialah selalu!

  43. nawhi berkata:

    debapirez said: Bukannya pas bulan keempat ya?

    barusan gugling, iya bener, makasih koreksinya Ded.

  44. nawhi berkata:

    trewelu said: Semoga baby enju sekeluarga sehat selalu… Oya, kayaknya detak jantung gak ada hubungannya ama ruh… Dulu sejak periksa 6-7 minggu janinnya juga udah keliatan berdenyut2..

    aamiin, makasih Mbak.Oh gitu ya, kirain dengan adanya denyut jantung itu berarti udah ada ruhnya, makasih koreksinya.

  45. nawhi berkata:

    bundel said: Selamat menikmati peran jadi calon bapak dan ibu ya, berbahagialah selalu!

    aamiin, makasih Bunda Julie.

  46. dianmardi berkata:

    Sehat selalu sampai lahiran yaaa… Amiin…

  47. lafatah berkata:

    Mas Ihwan dan Mbak Ivon semoga tetap sehat, begitu juga sang janin yaaa… Jadi bisa belajar nih kalau nanti jadi calon bapak 🙂

  48. nawhi berkata:

    dianmardi said: Sehat selalu sampai lahiran yaaa… Amiin…

    aamiin, makasih Mbak 🙂

  49. nawhi berkata:

    lafatah said: Mas Ihwan dan Mbak Ivon semoga tetap sehat, begitu juga sang janin yaaa… Jadi bisa belajar nih kalau nanti jadi calon bapak 🙂

    aamiin, makasih Tah.yupe, Alhamdulillah kalau Fatah bisa belajar dari tulisan curcol ini 😀

  50. tintin1868 berkata:

    masih ngakak kalu ada yang denger lagunya CS dengan koper merahnya itu..ini bapak siaga nih.. siap sedia dan mengerti gimana bumil.. semoga sehatsehat semua ya..

  51. nawhi berkata:

    tintin1868 said: masih ngakak kalu ada yang denger lagunya CS dengan koper merahnya itu..ini bapak siaga nih.. siap sedia dan mengerti gimana bumil.. semoga sehatsehat semua ya..

    tadi malam nyoba mengubah liriknya dengan nama Enju :Daamiin, makasih Mbak,.

  52. tintin1868 berkata:

    nawhi said: tadi malam nyoba mengubah liriknya dengan nama Enju :Daamiin, makasih Mbak,.

    ghita jadi enju? apa zunea jadi enju.. yang zunea juga enak tuh lagunya.. *kebayang deh kog pengen ngakak.. jabang bayinya perempuan nih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s