with camera

Bekerja di bagian pelayanan dimana setiap hari bertemu dengan banyak orang menuntut saya untuk tampil bersih, rapi dan menarik. Pelayanan yang prima berawal dari penampilan yang oke, ucap seorang pemateri di diklat pelayanan prima yang pernah saya ikuti. Salah satu aspek yang menunjang penampilan kita saat bekerja adalah pakaian.

Di tempat saya bekerja ada jadwal terkait pakaian yang harus dipakai setiap harinya. Untuk menunjang hal itu maka perpustakaan memberikan setiap staffnya pakaian seragam. Tujuan dari pemakaian seragam ini antara lain: menciptakan branding yang kuat di mata pengunjung, dengan seragam yang sama maka akan menciptakan rasa kebersamaan di antara para staff dan terakhir mengikis kesenjangan yang mungkin ada di antara para staff yang memiliki kesenjangan ekonomi.

Adapun jadwal pakaian yang harus dikenakan di perpus adalah sebagai berikut:

Jadwal Baju Kerja

Di hari Senin dan Selasa saya tidak perlu pusing sebab sudah ada seragam dari perpus. Nah yang kadang bikin pusing adalah di hari Rabu sampai Jumat. Hari ini mau pakai baju apa ya? Mau pakai baju batik yang mana? Trus celananya warna apa yang cocok?

Untuk baju bebas tentu saja tetap harus memakai kemeja, warna dan modelnya bebas asalkan sopan dan sesuai untuk bekerja. Karena saya penyuka warna biru maka kemeja-kemeja saya mayoritas berwarna biru, mulai dari biru muda, biru laut hingga biru tua. Saya merasa cocok aja pakai warna biru, jadi terlihat lebih segar dan ganteng pastinya hehehe. Untuk modelnya saya lebih suka yang berlengan pendek sebab lebih nyaman dan tidak bikin gerah. Saya bekerja melayani peminjaman dan pengembalian buku, jadi setiap hari tangan saya aktif bergerak. Rasanya nggak nyaman dan gerah aja jika memakai baju berlengan panjang. Kalau terpaksa memakai baju lengan panjang, kadang saya akan melipat lengannya hingga tiga perempat.

Motif yang aman bagi pria adalah garis-garis dan kotak-kotak. Koleksi kemeja saya kebanyakan kotak-kotak sih, kombinasi antara biru dan warna senada yang lebih muda atau warna-warna lainnya. Jauhi kemeja dengan tulisan atau gambar yang mencolok atau terlalu menarik perhatian, nanti malah dikira masa remaja kurang bahagia.

Untuk baju batik, koleksi saya lebih beragam warnanya. Tidak lagi didominasi warna biru agar penampilan tidak monoton. Saya paling suka yang berbahan katun sebab tidak bikin gerah. Saya kurang suka yang bahannya mengkilap seperti satin sebab kalau pas berkeringat pasti lengket di badan atau biasanya dilapisi dengan furing, jadi dobel deh gerahnya.

Sedangkan pilihan celananya beragam, tergantung mood saya pengin pakai celana jenis apa. Koleksi celana yang saya miliki hanya ada dua jenis yaitu celana bahan (kain) dan celan jeans. Dulu saya lebih suka menjahitkan celana bahan di penjahit karena bisa menyesuaikan dengan ukuran badan yang kurus ini. Saya nggak sreg beli di toko karena biasana modelnya jadul atau ukurannya tidak cocok misalnya ukuran pinggang pas tapi terlalu panjang.

Tapi sekarang sudah ada celana bahan dengan model slim fit yang modern dan menarik desainnya. Saya suka deh memakainya sebab ukurannya pas di badan dan kesannya tuh modis serta kekinian. Untuk celana jeans juga sama sih, suka yang modelnya slim fit terutama yang bahannya elastis sehingga tetap terasa nyaman dipakainya.

Adapun aksesoris pelengkap yang saya pakai biasanya sabuk. Terutama kalau pas ingin tampil rapi maksimal, baju dimasukkan di dalam celana. Jujur saya lebih suka baju dikeluarin saja sih sebab kalau habis dari belakang tidak repot-repot lagi memasukkan baju.

Trus pelengkap penampilan berikutnya adalah sepatu. Memakai sepatu itu pasti ya, hukumnya wajib sebab nggak mungkin bekerja memakai sandal meskipun itu sandal selop. Saya lebih suka sepatu yang tinggal dimasukkin atau memakai gesper atau perekat. Kurang suka yang bertali-temali sebab nggak praktis saat memakai dan melepasnya.

Semua out fit yang saya pakai tidak harus barang-barang bermerk. Tidak perlu mahal yang penting nyaman dipakai. Tapi emang sih harga berbanding lurus dengan kualitas. Seringkali melihat kemeja yang bagus, celana yang oke atau sepatu yang keren namun ketika melihat harganya harus menelan ludah.

Kemeja Zalora

Tapi kini ada kabar gembira buat saya atau Anda yang ingin tampil menarik di tempat kerja yaitu Pesta Diskon Harbolnas di Zalora. Seperti yang kita tahu Zalora terkenal dengan produk-produk fashionnya yang berkualitas tinggi. Nah di tanggal 12.12 nanti kita bisa dapetin aneka produk fashion seperti kemeja, celana dan sepatu berkualitas tinggi dengan diskon besar-besaran hingga 90 %. Silakan ceki-ceki baju, celana atau sepatu pilihanmu di sini. So, ingat baik-baik ya tanggalnya.

Iklan

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

3 responses »

  1. Emakmbolang berkata:

    Suami suka outfit yg pas, kedodiran dikit nggak may, pas kayak lepet juga nggak may. Enak dipakai katanya. Kerja pakai seragam ITU enak, nggak ribet cari pakaian

  2. adventurose berkata:

    Hihihi… Untung aku ama suamiku kerja pake wearpack ya.. Jadi gak terlalu pusing mikirin outfit. Jadi kalo mau dandan kece di luar kantor aja 😀
    #brb cek promo harbolnas

  3. rahmiaziza berkata:

    Kalo seragamnya bebas tiap hari malah bikin bingung ya mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s