Dua minggu sudah Ibu pulang dari rumah sakit, Alhamdulillah sudah banyak kemajuan yang dialami Ibu. Terimakasih atas doa dari teman-teman sekalian yang tiada henti selama ini.

Merawat di rumah tentunya jauh lebih mudah daripada di rumah sakit. Tidak perlu lagi tiap hari PP ke rumah sakit, maupun tidur di lantai rumah sakit yang dingin dengan auranya yang bikin ikutan sakit juga itu. Dulu tiap kali pulang kerja dan mendapati rumah dalam keadaan kosong karena semua lagi di rumah sakit rasanya nelangsa, rumah yang biasanya ramai jadi sepi senyap. Rumah kami seperti kehilangan aura dan kehangatannya.

Tapi kini, semenjak Ibu pulang rumah kami kembali hidup. Setiap hari Kakak-kakak yang sudah tinggal sendiri, paman bibi, sepupu dan keponakan selalu main ke rumah untuk menunggu Ibu secara bergiliran. Saya sendiri merasakan energi dan semangat lagi setiap kali berangkat kerja.

Untuk perawatan di rumah, dokter sudah memberikan obat selama sepuluh hari. Jumlah obat yang diminum ada empat jenis. Awal-awalnya sih Ibu merasa takut karena tiap hari harus meminum obat sebanyak itu, untungnya setelah saya jelaskan bahwa itu semua demi kesembuhannya, beliau mau mengerti dan tidak takut lagi.
Jika di rumah sakit untuk perawatan harian seperti menyeka Ibu di pagi hari lebih sering dilakukan oleh suster perawat, maka di rumah kami anak-anaknyalah yang melakukannya, Bibi saya juga ikutan membantu. Bagi saya pribadi untuk menyeka atau memandikan Ibu tidak masalah, Alhamdulilah seiring berjalannya waktu saya bisa melakukannya dengan baik, meski sendirian. Untuk pagi hari saya yang melakukannya karena kakak saya berangkat kerjanya sesudah shubuh, sedangkan sore harinya giliran dia atau anggota keluarga yang lain.

Yang sempat menjadi kendala adalah untuk urusan buang hajat, mengingat Ibu belum bisa melakukannya sendiri. Kalau di rumah sakit lebih mudah karena Ibu memakai kateter, maka di rumah kami harus mencari alat yang bisa digunakan dengan praktis tapi tetap bersih. Sudah rahasia umum ketika merawat orang sakit yang tidak bisa melakukan apa-apa, salah satu hal yang bisa menjadi masalah adalah keperluan buang hajat. Sebagai manusia normal pasti adalah rasa jijik jika harus bersentuhan dengan kotoran, namun karena yang dirawat ini adalah orang tua sendiri maka rasa jijik itu harus disingkirkan. Untunglah Ivon memberikan solusi cerdas untuk masalah buang hajat ini. Saya sendiri tidak kepikiran sampai di situ. Solusi yang diberikan itu adalah dengan membuatkan alat buang hajat sendiri yang terbuat dari kaleng cat bekas berukuran besar.


Cara membuatnya adalah, tutup kaleng dilubangi untuk tempat keluar-masuk kotoran. Untuk menetralisir bau yang kurang sedap maka di dalam kalengnya diberi air. Penggunaannya sangat mudah sekali, orang yang sakit tinggal disuruh menduduki kaleng tersebut, beres deh. Tidak perlu sampai susah dan kotor seperti menggunakan pispot.

Dan Alhamdulillah Ibu nyaman menggunakan alat buatan sendiri tersebut. Makasih ya Dek atas sarannya, dua jempol buat sampeyan.

Kemampuan berbicara Ibu sedikit demi sedikit mulai bertambah, beliau sudah bisa berbicara di atas lima kata meski kadang masih ada satu dua kata yang tidak kami mengerti. Ibu memang agak malas sih untuk berlatih berbicara, terutama jika saya ajak latihan melafalkan huruf-huruf vocal, katanya seperti anak TK saja. Ya sudah nggak apa-apa, semoga dengan seringnya diajak ngobrol Ibu bisa lancar kembali ngomongnya.

Lalu untuk tubuh yang terkena dampak stroke, yaitu tangan kanan, sempat membuat Ibu sedih karena tidak kunjung bisa digerakkan. Apalagi ternyata kaki kanan Ibu ikut-ikutan agak susah untuk dibuat melangkah. Saya tiap pagi dan pulang kerja biasanya selalu mengajak Ibu melatih tangannya tersebut. Alhamdulillah pelan tapi pasti Ibu sudah bisa menggerakkan tangannya meski masih suka nyasar. Bahkan sejak tiga hari yang lalu beliau sudah bisa meremas-remas bola karet dan mengepal meski belum maksimal. Kemarin saya memanggilkan tukang pijat urat untuk membantu proses pengobatan, Alhamdullilah ada hasilnya. Jari-jemari Ibu sudah tidak sakit dan kaku lagi jika dipakai untuk mengepal.

Selain masalah fisik, yang juga harus kami jaga adalah masalah emosi Ibu. Ketika masih sehat Ibu memang orangnya agak kaku dan sedikit emosional, nah kami harus bisa menjaga perasaan Ibu agar jangan sampai sedih ataupun marah. Teman saya yang mempunyai ayah penderita stroke karena hipertensi pernah sharing bahwa merawat orang seperti itu memang harus extra sabar, setiap keinginannya kudu dituruti agar tidak sampai emosi. Kami sendiri untuk setiap keinginan Ibu yang tidak membahayakan kesehatannya akan kami penuhi, namun jika sebaliknya akan kami beri pengertian. Terkadang memang sikap dan keinginan Ibu suka berubah-ubah, layaknya anak kecil. Kalau sudah seperti itu saya hanya bisa memaklumi bahwa saya pas kecil dulu pasti juga seperti itu pada Ibu

Demikianlah sedikit cerita saya tentang proses kesembuhan Ibu, sekali lagi terimakasih atas doa teman-teman selama ini. Mohon maaf jika bagian yang membahas masalah buang hajat kurang berkenan. Nggak ada maksud jorok, saya hanya pengin memberi informasi, siapa tahu berguna.

About Mr. Moz

Berjiwa muda dan semangat dalam berkarya

Satu tanggapan »

  1. moestoain berkata:

    Alhamdulillah ikut senang membaca kabar beliau..

  2. nawhi berkata:

    moestoain said: Alhamdulillah ikut senang membaca kabar beliau..

    suwun yo Mus dungane.

  3. tintin1868 berkata:

    kasih bacaan wan.. biar ga kesepian.. kaya majalan bobo gitu, majalah anak2..

  4. nawhi berkata:

    tintin1868 said: kasih bacaan wan.. biar ga kesepian.. kaya majalan bobo gitu, majalah anak2..

    ah iya, kelupaan bahas soal radio. saya belikan Ibu radio Mbak untuk rungon-rungon kalo orang Jawa bilang.untuk bacaan Ibu milih baca-baca buku tahlilannya.

  5. rengganiez berkata:

    nawhi said: ah iya, kelupaan bahas soal radio. saya belikan Ibu radio Mbak untuk rungon-rungon kalo orang Jawa bilang.untuk bacaan Ibu milih baca-baca buku tahlilannya.

    soal radio ini juga ada pengalaman lucu…bapak ibuk minta dibeliin satu satu hahahaha….jadi kalo malam ibuk nyetel uyon2, bapak nyetel wayang, di kamar yang sama. Bayangkan :-)) semoga ibuk cepet pulihnya yah..

  6. itsmearni berkata:

    wah syukurlah ibu sudah membaiksetiap hari ada kemajuan 🙂

  7. nawhi berkata:

    rengganiez said: bapak ibuk minta dibeliin satu satu hahahaha….jadi kalo malam ibuk nyetel uyon2, bapak nyetel wayang, di kamar yang sama. Bayangkan :-))semoga ibuk cepet pulihnya yah..

    wahahaha pasti jadi ‘saingan’ ya Mbak? kalo Ibu suka apa aja sih, mau disetelin ludruk, ceramah atau mp3.aamiin, makasih ya Mbak.

  8. nawhi berkata:

    itsmearni said: wah syukurlah ibu sudah membaiksetiap hari ada kemajuan 🙂

    Iya Mbak, makasih ya itu juga berkat doa Mbak.

  9. fightforfreedom berkata:

    Alhamdulillah… yg sabar ya melayaninya, mungkin kini saatnya membalas kebaikannya.

  10. rengganiez berkata:

    nawhi said: wahahaha pasti jadi ‘saingan’ ya Mbak? kalo Ibu suka apa aja sih, mau disetelin ludruk, ceramah atau mp3.aamiin, makasih ya Mbak.

    nanti kalo salah satu sudah sare duluan, trus ngecilin volume radio saingan hehehe

  11. nawhi berkata:

    fightforfreedom said: yg sabar ya melayaninya, mungkin kini saatnya membalas kebaikannya.

    Iya Mas, doakan saya bisa sabar n maksimal merawat beliau.

  12. siantiek berkata:

    Alhamdulillah 🙂

  13. nawhi berkata:

    siantiek said: Alhamdulillah 🙂

    Makasih ya Mbak doanya buat Ibu selama ini.

  14. siantiek berkata:

    nawhi said: Makasih ya Mbak doanya buat Ibu selama ini.

    sama2 Wan 🙂

  15. dianmardi berkata:

    Melu seneng, Wan… Alhamdulillah…

  16. rirhikyu berkata:

    syukurlah dah mulai membaikcepet pulih ya si ibu 🙂

  17. ayanapunya berkata:

    alhamdulillah..semoga ibunya semakin membaik yaaa 🙂

  18. bundel berkata:

    Hebat nak Ihwan! Terus tumbuhkan semangat kesembuhan ke ibumu ya, semoga baktimu dicatat di buku amalanmu di surga.

  19. jampang berkata:

    alhamdulillah…. banyak kemajuan. obat yang lebih ampuh adalah keluarga 🙂

  20. nawhi berkata:

    dianmardi said: Melu seneng, Wan… Alhamdulillah…

    Suwun Mbak dungone yo.

  21. nawhi berkata:

    rirhikyu said: syukurlah dah mulai membaikcepet pulih ya si ibu 🙂

    iya Alhamdulillah Feb.

  22. nawhi berkata:

    ayanapunya said: alhamdulillah..semoga ibunya semakin membaik yaaa 🙂

    aamiin, makasih Yan.

  23. niwanda berkata:

    Semoga kondisi ibu cepat membaik ya…. Kurang-lebih saya paham rasanya, karena papa pun kena beberapa tahun yang lalu.

  24. nawhi berkata:

    bundel said: Hebat nak Ihwan! Terus tumbuhkan semangat kesembuhan ke ibumu ya, semoga baktimu dicatat di buku amalanmu di surga.

    itu semua berkat kasih sayang Allah pada Ibu sehingga kesembuhannya cukup cepat.aamiin, makasih doanya Bun.

  25. nawhi berkata:

    jampang said: alhamdulillah…. banyak kemajuan. obat yang lebih ampuh adalah keluarga 🙂

    bener Mas, obat bathin biar tetep semangat.

  26. nawhi berkata:

    niwanda said: Semoga kondisi ibu cepat membaik ya…. Kurang-lebih saya paham rasanya, karena papa pun kena beberapa tahun yang lalu.

    aamiin, lalu sekarang Papanya sudah sehat seperti sedia kala Mbak?

  27. grasakgrusuk berkata:

    jangan lupa terus diterapi wan..

  28. nawhi berkata:

    grasakgrusuk said: jangan lupa terus diterapi wan..

    oh iya, belum fisioterapi, makasih udah ingetin.

  29. niwanda berkata:

    nawhi said: aamiin, lalu sekarang Papanya sudah sehat seperti sedia kala Mbak?

    Sudah 5 tahun, dan belum ada kemajuan berarti sih…. Mungkin memang stroke-nya sudah tergolong berat (separuh tubuh termasuk jadi sedikit kesulitan untuk bicara). Tapi semangat beliau besar dan tetap rajin nambah ilmu. Malah beliau yang paling rajin puasa senin-kamis di rumah.

  30. nawhi berkata:

    niwanda said: Sudah 5 tahun, dan belum ada kemajuan berarti sih…. Mungkin memang stroke-nya sudah tergolong berat (separuh tubuh termasuk jadi sedikit kesulitan untuk bicara). Tapi semangat beliau besar dan tetap rajin nambah ilmu. Malah beliau yang paling rajin puasa senin-kamis di rumah.

    ikut sedih dengernya Mbak, semoga Papa dan keluarga tetep sabar dan semangat ya.itu serangan stroke yang pertama atau kedua?

  31. ivoniezahra berkata:

    nawhi said: Selain masalah fisik, yang juga harus kami jaga adalah masalah emosi Ibu.

    mencuri start, coba aku tahu setelah jadi menantunya? bengkak tiap harilah mata cantikku ini mas 😛

  32. sicantikdysca berkata:

    ikutan senang dengar kemajuan ini.selamat yaa.

  33. nawhi berkata:

    ivoniezahra said: mencuri start, coba aku tahu setelah jadi menantunya? bengkak tiap harilah mata cantikku ini mas 😛

    sekarang kan udah tahu duluan, jadi semoga pean bisa memaklumi dan bisa lebih cepat beradaptasi.

  34. nawhi berkata:

    sicantikdysca said: ikutan senang dengar kemajuan ini.selamat yaa.

    Makasih Mbak.

  35. anchaanwar berkata:

    Alhamdulillah, senang mendengar progressnya :)Semoga tetap sabar ya wan.Btw, setau saya soal menjaga perasaan, setauku bukan hanya perasaan sedih dan marah yg hrs dijaga, tapi rasa senang juga hrs dikontrol, krn itu juga berefek pada jantung. Cmiiw

  36. ibuseno berkata:

    Seneng dengar crita Ibu sduah semakin sehat Wan, jadi inget Mang Choem alm yg kena stroke dulu, begitulah emosinya kadang naik turun.. Semoga ibu makin sehat wan

  37. museliem berkata:

    Semoga bisa lekas pulih ya wan…

  38. fendikristin berkata:

    Syukurlaahhh senang dapet kabar Ibu-nya Mas Ihwan sudah bisa pulang ke rumah :)tetep bersabar dan semangat ya Mas Ihwan…ide-nya Mas Ihwan keren juga tuh, jadi nga usa beli pispot yang ada kursi-nya *jempooll*

  39. nawhi berkata:

    anchaanwar said: Btw, setau saya soal menjaga perasaan, setauku bukan hanya perasaan sedih dan marah yg hrs dijaga, tapi rasa senang juga hrs dikontrol, krn itu juga berefek pada jantung. Cmiiw

    bener kok Cha, aku kelupaan nulisnya.emang semua jenis emosi kudu dijaga, senang-sedih, marah-gembira nggak boleh sampai berlebihan.ga bagi penderita stroke aja sih, bagi umum juga. kan katanya yang serba berlebihan itu ga baik.

  40. nawhi berkata:

    ibuseno said: jadi inget Mang Choem alm yg kena stroke dulu, begitulah emosinya kadang naik turun.. Semoga ibu makin sehat wan

    oh Mang Choem juga kena stroke ya Teh? semoga beliau tenang di sana ya.aamiin, makasih Teh.

  41. nawhi berkata:

    museliem said: Semoga bisa lekas pulih ya wan…

    aamiin, makasih Mus.

  42. nawhi berkata:

    fendikristin said: de-nya Mas Ihwan keren juga tuh, jadi nga usa beli pispot yang ada kursi-nya *jempooll*

    itu idenya Ivon Mbak, kebetulan neneknya juga kesulitan kuntuk urusan belakang, nah keluarganya memakai kaleng cat gitu.

  43. sahabatry berkata:

    Alhamdulillah Ibu semakin membaik :)ikut seneng dengernya …

  44. nawhi berkata:

    sahabatry said: Alhamdulillah Ibu semakin membaik :)ikut seneng dengernya …

    Makasih ya Ry atas doanya selama ini.

  45. sinthionk berkata:

    Ibu sakit opo mas?

  46. nawhi berkata:

    sinthionk said: Ibu sakit opo mas?

    stroke Sin, pas natal kemarin.

  47. niwanda berkata:

    nawhi said: ikut sedih dengernya Mbak, semoga Papa dan keluarga tetep sabar dan semangat ya.itu serangan stroke yang pertama atau kedua?

    Serangan kedua. Yang pertama waktu saya SMA, beliau bisa pulih sepenuhnya.

  48. thebimz berkata:

    ihwan, aku baru baca nih, ibu stroke ya? semoga cepat sembuh ya wan, aku doain.. amin.

  49. nawhi berkata:

    thebimz said: ihwan, aku baru baca nih, ibu stroke ya? semoga cepat sembuh ya wan, aku doain.. amin.

    iya Bim, amiin, makasih ya doanya bro.

  50. sahabatry berkata:

    nawhi said: Makasih ya Ry atas doanya selama ini.

    sama-sama 🙂

  51. ninelights berkata:

    Alhamdulillah udah ada banyak kemajuan.Semoga ibunya Mas Ihwan diberi kesembuhan total sama Gusti Allah, dan keluarga tetep semangat, sabar, dan iklas merawat beliau yah. Aamiin. 🙂

  52. sinthionk berkata:

    nawhi said: stroke Sin, pas natal kemarin.

    innalillahi, mugi-mugi dhang sehat mas ihwansing sabar yoo

  53. nawhi berkata:

    ninelights said: Alhamdulillah udah ada banyak kemajuan.Semoga ibunya Mas Ihwan diberi kesembuhan total sama Gusti Allah, dan keluarga tetep semangat, sabar, dan iklas merawat beliau yah. Aamiin. 🙂

    aamiin, makasih doanya ya Ran.

  54. nawhi berkata:

    sinthionk said: innalillahi, mugi-mugi dhang sehat mas ihwansing sabar yoo

    aamiin, suwun Sin.

Tinggalkan komentar